logo blog
logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bandrek Minuman Khas Sunda

Bandrek Minuman Khas Sunda 

Sampurasun.... Rampess... Masih berkaitan dengan minuman khas sunda, setelah kemarin mamang menulis tentang  Bajigur minuman khas sunda  kali ini adalah minuman “ Bandrek ” minuman ini  cocok dihidangkan pada saat-saat yang dingin, seperti di kala hujan, malam hari ataupun sambil  paling asik bakar jagung . Bandrek bahan dasarnya yang paling penting adalah jahe dan gula merah



Tapi di daerah-daerah tertentu di Indonesia, ada yang menambahkan rempah - rempah tersendiri agar hangatnya lebih terasa dan jreng hehehe, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung jangan telur ayam kota kwkwkw dan  Susu bisa ditambahkan juga, tergantung dari selera sobat. Banyak orang percaya khasiat bandrek untuk menyembuhkan penyakit ringan, seperti sakit tenggorokan dan flu atu pun bisa untuk yang lagi jomlo hohohoho (ngawur ah si Amang).



Bandrek Minuman Khas Sunda
        
"Bandrek berkhasiat karena minuman ini bisa menghangatkan badan, mencegah masuk angin, melancarkan peredaran darah dan menjaga stamina tubuh." 
  
.Ini Mamang kasih resepnya, catat yah.


Bahan Bandrek  yang harus disediakan atau harus dibeli, minta ketetangga juga tidak apa - apa tapi ingat nanti kalau sudah mateng kasih tetangganya eheheh :

Bahan - Bahan
  • 1 Liter  air
  • 200 gram gula merah atau gula aren, diiris halus
  • 100 gram jahe dibakar dulu terus memarkan
  • 5 cm kayumanis
  • 2 lembar daun pandan
  • 5 butir buah cengkeh
  • 1/2 sendok teh garam 
Cara Membuat Bandreknya kurang lebih seperti ini : 


-  Rebus 1 Liter air, 2 lembar daun pandan, gula merah atau gula aren, jahe yang sudah dimemarkan, 5 cm kayumanis, 5 butir cengkeh dan ½ sendok garam sampai mendidih dan beraroma. 

- Saring. Sajikan selagi hangat, ini untuk 3 porsi.

Terimakasih anda sudah membaca tentang  Bandrek minuman khas sunda semoga bermanfaat dan bisa dipraktekan ditempat anda hehehe

Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

53 komentar

saya lagi sakit tenggorokan kayanya mau flu ni..pesen bandreknya mang..tambah pake coklat ya...pesen juga durian dan bajigurnya..hahah bisa mabok aku makan kaya gini bareng2 haa

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

kalau di blog ini pertamaxnya gampang hehheheh..

siap bu guru, alamatnya dimana? hahahah borongan hihihi

kalau sakit tenggorokan gampang Mbak, pake biji kedondong terus di ikat , ditelen, ditarik ulur hehehehe * ngawur lagi *

Silahkan dibalas Dong

kulit duren yang kecil ditelan juga boleh

Silahkan dibalas Dong

kalau pake ayam kampun bisa menambah greng ya mang?katanya sih begitu

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

mas Agus, nah itu lebih mantap dan cepat reaksinya hehehehe

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

iya betul sekali mas... dijamin 3 hari 3 malam, anti lelet heheheh *iklan*

Silahkan dibalas Dong

klw yg namanya bandrek saya pernah sekali minum. kebetulan saya ada temen yg punya saudara di bandung.
ternyata enak, anget di badan setelah minum bandrek

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

iya mbak, minuman ini mempunyai khasiat lebih bila dibandingkan dengan bajigur.... yang instan tinggal seduh berbentuk serbuk juga sudah banyak di jual.. tapi lebih asik lagi bikinan sendiri...

Silahkan dibalas Dong

kalau bajigur sudah sering minum, bandrek ini belum

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

harus dicoba ini gan... bandrek ini banyak khasiatnya

Silahkan dibalas Dong

waduh enak banget nih , kmren bajigur skrng bandreekk , kirimin lah mamang biar anget nya kerasa sampe sini :D

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

iya mas ... mantap.... biar greeng hehehe.... siap nanti mang kirim

Silahkan dibalas Dong

mang, ini di surabaya juga ada lhoo...

Silahkan dibalas Dong

Mantap mang bisa sekalian jualan tuh haha...

Silahkan dibalas Dong

Wah Belajar tentang sunda di blognya mangyono nih

Silahkan dibalas Dong

kalau di malang yang ada wedang jahe sob untuk menghangatkan badan

Silahkan dibalas Dong

hahaha,3 hari 3 malam bisa2 masuk icu mang

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

Oh ada, tapi namanya mungkin lain ya mbak

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

Iya mantap surantap, selamat mencoba

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

Iya silahkan mas.. Tanpa biaya hehe

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

Wedang jahe sama bandrek sama sob. Cuman lain tambahan rempah2 saja.

Silahkan dibalas Dong

plus ada telor ayam kampung itu yg bikin melek 3 hari

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

Haha betul tuh kata mas agus.. Hehe

Silahkan dibalas Dong

kunjungan malam sambil menikmatti wedang bandrek dimari kang

Silahkan dibalas Dong

di surabaya yg bkin bapakku hahaaa... aku sering bkin minuman ini sm bapak d rmh, bedanya ga pake garam bang.. tp pas tak tny ini minuman apa pak namanya, jwbnya ga tau pokonya bkin.. taunya dr sini nmanya bandrek, bandrek kalo d sby artinya ngerapel lho mang..

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

terimakasih kunjungannya.... silahkan mantep dingin - dingin begini minum wedang bandrek...

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

mbak ... ooooalah ternyata hehehe.... mungkin namanya wedang jahe sama sih, di Jakarta juga namanya sekuteng cuma bedanya campuran tambahannya saja..... ooooh bandrek di surabaya ngerapel.. kemarin posting bajigur katanya di jogja jadi umpatan halus asal kata bajingan hehehe memang Indonesia berbeda2 tapi satu tujuan hehe

Silahkan dibalas Dong

namanya wedang pokak kalau gak salah mang

Silahkan dibalas Dong

Hmm..kayaknya malam dingin2 gini wuenak yah bandrek..hhe

salam hangat kang :)

Silahkan dibalas Dong

pas...nih kalo ada yang ngantar aja....enakkk banget mang :)

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

cepat .... cepat ... cepat greeeng hahahha

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

0oooh lain daerah lain ya mas namanya..

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

hahaha bisa juga begitu mas hehee

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

iya betul sob.... pass mantap.. terimakasih kunjungannya
Salam bandrek heheheh

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

mas budi siiip nanti saya kirim hehehehe.... lebih mantap bikin sendiri mas, biar sesuai selera, pakai telur ayam kampung biar greeng hehehehe

Silahkan dibalas Dong

ntar dicoba ah,, baca resepnya jadi kepengen buat, hehehe.

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

silahkan mbak, minuman ini disamping enak berkhasiat pula untuk mengobati flu, mencegah masuk angin.

Silahkan dibalas Dong

kalau disini namanya wedang jahe mang, bandrek tuh, adanya pas malam2 jam2 10an keatas, enak tuh apalgi udara dingin sambil minum wedang, plus rokok ngobrol2 sampe pagi bareng teman2 di lesehan. sedap

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

lain daerah lain nama, tapi satu tujuan yaitu minuman hangat hehe... iya betul mas dimas, mantap tuh kalau diminum rame2 bareng teman2... sedap ... mantap

Silahkan dibalas Dong

mampir malam gan sambil medang dimari :D

Silahkan dibalas Dong

boleh minta gak pak Minuman Bandrex nya xixiii... :)

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

terimakasih gan sudah mampir dimari.....

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

boleh pak , ambil kemari, cocok buat malam - malam yang dingin hihihihi

Silahkan dibalas Dong

mantap mang resepnya, belom pernah nyoba nih

Silahkan dibalas Dong

Mantap mang bisa sekalian jualan tuh haha...

Silahkan dibalas Dong

Yang pasti bisa menyembuhkan rasa dahaga Mang. hehe

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

silahkan dicoba sob

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

sip... buat tambah - tambah hehe

Silahkan dibalas Dong
avatar
Yono Karyono Admin Blog Mang Yono

iya betul juga mas

Silahkan dibalas Dong

di Brebes namanya Wedang Jahe... cuma jarang yg pake cengkeh. cara ngraciknya sama.

Mangstappppp...

Silahkan dibalas Dong

Rampess.....
Silahkan berkomentar ....
Dilarang menautkan link aktif maupun memasang link mati, spam atau Komentar diluar artikel ...

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger