logo blog
logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bandrek Minuman Khas Sunda

Bandrek Minuman Khas Sunda 

Sampurasun.... Rampess... Masih berkaitan dengan minuman khas sunda, setelah kemarin mamang menulis tentang  Bajigur minuman khas sunda  kali ini adalah minuman “ Bandrek ” minuman ini  cocok dihidangkan pada saat-saat yang dingin, seperti di kala hujan, malam hari ataupun sambil  paling asik bakar jagung . Bandrek bahan dasarnya yang paling penting adalah jahe dan gula merah



Tapi di daerah-daerah tertentu di Indonesia, ada yang menambahkan rempah - rempah tersendiri agar hangatnya lebih terasa dan jreng hehehe, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung jangan telur ayam kota kwkwkw dan  Susu bisa ditambahkan juga, tergantung dari selera sobat. Banyak orang percaya khasiat bandrek untuk menyembuhkan penyakit ringan, seperti sakit tenggorokan dan flu atu pun bisa untuk yang lagi jomlo hohohoho (ngawur ah si Amang).



Bandrek Minuman Khas Sunda
        
"Bandrek berkhasiat karena minuman ini bisa menghangatkan badan, mencegah masuk angin, melancarkan peredaran darah dan menjaga stamina tubuh." 
  
.Ini Mamang kasih resepnya, catat yah.


Bahan Bandrek  yang harus disediakan atau harus dibeli, minta ketetangga juga tidak apa - apa tapi ingat nanti kalau sudah mateng kasih tetangganya eheheh :

Bahan - Bahan
  • 1 Liter  air
  • 200 gram gula merah atau gula aren, diiris halus
  • 100 gram jahe dibakar dulu terus memarkan
  • 5 cm kayumanis
  • 2 lembar daun pandan
  • 5 butir buah cengkeh
  • 1/2 sendok teh garam 
Cara Membuat Bandreknya kurang lebih seperti ini : 


-  Rebus 1 Liter air, 2 lembar daun pandan, gula merah atau gula aren, jahe yang sudah dimemarkan, 5 cm kayumanis, 5 butir cengkeh dan ½ sendok garam sampai mendidih dan beraroma. 

- Saring. Sajikan selagi hangat, ini untuk 3 porsi.

Terimakasih anda sudah membaca tentang  Bandrek minuman khas sunda semoga bermanfaat dan bisa dipraktekan ditempat anda hehehe

Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

53 komentar

Pertamax dulu sebelum lanjut

Balas

saya lagi sakit tenggorokan kayanya mau flu ni..pesen bandreknya mang..tambah pake coklat ya...pesen juga durian dan bajigurnya..hahah bisa mabok aku makan kaya gini bareng2 haa

Balas

kalau di blog ini pertamaxnya gampang hehheheh..

siap bu guru, alamatnya dimana? hahahah borongan hihihi

kalau sakit tenggorokan gampang Mbak, pake biji kedondong terus di ikat , ditelen, ditarik ulur hehehehe * ngawur lagi *

Balas

kulit duren yang kecil ditelan juga boleh

Balas

kalau pake ayam kampun bisa menambah greng ya mang?katanya sih begitu

Balas

mas Agus, nah itu lebih mantap dan cepat reaksinya hehehehe

Balas

iya betul sekali mas... dijamin 3 hari 3 malam, anti lelet heheheh *iklan*

Balas

klw yg namanya bandrek saya pernah sekali minum. kebetulan saya ada temen yg punya saudara di bandung.
ternyata enak, anget di badan setelah minum bandrek

Balas

iya mbak, minuman ini mempunyai khasiat lebih bila dibandingkan dengan bajigur.... yang instan tinggal seduh berbentuk serbuk juga sudah banyak di jual.. tapi lebih asik lagi bikinan sendiri...

Balas

kalau bajigur sudah sering minum, bandrek ini belum

Balas

harus dicoba ini gan... bandrek ini banyak khasiatnya

Balas

waduh enak banget nih , kmren bajigur skrng bandreekk , kirimin lah mamang biar anget nya kerasa sampe sini :D

Balas

iya mas ... mantap.... biar greeng hehehe.... siap nanti mang kirim

Balas

mang, ini di surabaya juga ada lhoo...

Balas

Mantap mang bisa sekalian jualan tuh haha...

Balas

Wah Belajar tentang sunda di blognya mangyono nih

Balas

kalau di malang yang ada wedang jahe sob untuk menghangatkan badan

Balas

hahaha,3 hari 3 malam bisa2 masuk icu mang

Balas

dimana mbak uswah?

Balas

Oh ada, tapi namanya mungkin lain ya mbak

Balas

Iya mantap surantap, selamat mencoba

Balas

Iya silahkan mas.. Tanpa biaya hehe

Balas

Wedang jahe sama bandrek sama sob. Cuman lain tambahan rempah2 saja.

Balas

plus ada telor ayam kampung itu yg bikin melek 3 hari

Balas

Haha betul tuh kata mas agus.. Hehe

Balas

kunjungan malam sambil menikmatti wedang bandrek dimari kang

Balas

di surabaya yg bkin bapakku hahaaa... aku sering bkin minuman ini sm bapak d rmh, bedanya ga pake garam bang.. tp pas tak tny ini minuman apa pak namanya, jwbnya ga tau pokonya bkin.. taunya dr sini nmanya bandrek, bandrek kalo d sby artinya ngerapel lho mang..

Balas

terimakasih kunjungannya.... silahkan mantep dingin - dingin begini minum wedang bandrek...

Balas

mbak ... ooooalah ternyata hehehe.... mungkin namanya wedang jahe sama sih, di Jakarta juga namanya sekuteng cuma bedanya campuran tambahannya saja..... ooooh bandrek di surabaya ngerapel.. kemarin posting bajigur katanya di jogja jadi umpatan halus asal kata bajingan hehehe memang Indonesia berbeda2 tapi satu tujuan hehe

Balas

namanya wedang pokak kalau gak salah mang

Balas

Hmm..kayaknya malam dingin2 gini wuenak yah bandrek..hhe

salam hangat kang :)

Balas

pas...nih kalo ada yang ngantar aja....enakkk banget mang :)

Balas

cepat .... cepat ... cepat greeeng hahahha

Balas

0oooh lain daerah lain ya mas namanya..

Balas

hahaha bisa juga begitu mas hehee

Balas

iya betul sob.... pass mantap.. terimakasih kunjungannya
Salam bandrek heheheh

Balas

mas budi siiip nanti saya kirim hehehehe.... lebih mantap bikin sendiri mas, biar sesuai selera, pakai telur ayam kampung biar greeng hehehehe

Balas

ntar dicoba ah,, baca resepnya jadi kepengen buat, hehehe.

Balas

silahkan mbak, minuman ini disamping enak berkhasiat pula untuk mengobati flu, mencegah masuk angin.

Balas

kalau disini namanya wedang jahe mang, bandrek tuh, adanya pas malam2 jam2 10an keatas, enak tuh apalgi udara dingin sambil minum wedang, plus rokok ngobrol2 sampe pagi bareng teman2 di lesehan. sedap

Balas

lain daerah lain nama, tapi satu tujuan yaitu minuman hangat hehe... iya betul mas dimas, mantap tuh kalau diminum rame2 bareng teman2... sedap ... mantap

Balas

mampir malam gan sambil medang dimari :D

Balas

boleh minta gak pak Minuman Bandrex nya xixiii... :)

Balas

terimakasih gan sudah mampir dimari.....

Balas

boleh pak , ambil kemari, cocok buat malam - malam yang dingin hihihihi

Balas

mantap mang resepnya, belom pernah nyoba nih

Balas

Mantap mang bisa sekalian jualan tuh haha...

Balas

Yang pasti bisa menyembuhkan rasa dahaga Mang. hehe

Balas

silahkan dicoba sob

Balas

sip... buat tambah - tambah hehe

Balas

iya betul juga mas

Balas

di Brebes namanya Wedang Jahe... cuma jarang yg pake cengkeh. cara ngraciknya sama.

Mangstappppp...

Balas

*TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KESINI ... SILAHKAN BERKOMENTAR ...


Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger