logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tata Cara Naik Bus Trasjakarta Untuk Yang Pertama Kali

Sampurasun... Rampes... 


Hay.. hay.. hay... Ketemu lagi dengan mamang, kali ini mamang mau nulis tentang Tata Cara Naik Bus Trasjakarta Untuk Yang Pertama Kali atau Busway tentunya kalau main ke Jakarta hehehe... 

 

Atau orang Jakarta yang belum pernah naik ini untuk yang belum pernah naik saja, atau bagi yang sudah pernah atau sering ya sudah sebagai pengingat supaya tidak lupa, setelah sebelumnya mamang nulis tenteng Tata Cara Naik Pesawat Terbang Pertama Kali... Okayyy




Tata Cara Naik Bus Trasjakarta Untuk Yang Pertama Kali
Tata Cara Naik Bus Trasjakarta Untuk Yang Pertama Kali

Pertama anda membeli tiket di loket
 
Di pintu masuk halte busway atau Trasjakarta, selalu ada loket untuk membeli tiket dijamin ndak ada calo tiket disini aman hehehe.


Belilah seharga Rp. 3.500, untuk satu orang atau seharga 2000 khusus jam 5 - 7 pagi
Tiket tersebut dapat berupa: Kartu untuk koridor 1-3 maupun Lembaran untuk koridor yang lainnya, tapi sekarang ada juga Voucher langganan atau kartu prabayar dan ada tulisan “ Hari Gini Pake Uang Tunai ”..
 

Masukkan tiket ke mesin tiket khusus untuk koridor tertentu  atau serahkan kepada petugas pemeriksa tiket.
Tata Cara Naik Bus Trasjakarta

Menunggu bus
Perhatikan rute - rute atau koridor yang harus Anda tempuh untuk mencapai tujuan Anda sesuai alamat. Tunggulah bus di tempat yang sesuai dengan tujuan anda jangan menunggu bus ke kota eh nunggunya dipintu yang kearah Blok M. 

Karena untuk beberapa halte, terdiri dari beberapa jurusan, misalnya  di Halte Harmoni terdiri dari 7 jurusan dan sesuai petunjuk yang ada atau bisa juga tanya petugas jangan tanya calon penumpang kebanyakan ndak ngerti apa pura - pura ndak ngerti alias sombong, cuek bebek

Menunggulah dengan tertib dan tidak berisik dan tidak nyanyi - nyanyi apa lagi sambil ngupil ehheheeh, jangan mendorong - dorong orang didepan anda ketika bus datang atau jangan main serobot naik dengan langkah tenang dan baca doa usahakan langkah kaki kanan dulu, kalau dua - duanya nanti dikira pampir atau sejenisnya heheheh

Naik Bus Transjakarta

Pastikan anda masuk di arah yang benar bila ndak tau, tanya satpam/penjaga di loket. Jangan sampe mau ke Blok M malah nyasar ke Pulogadung hehehe.

Pastikan juga waktu anda masuk ke bus liat bawah jangan sampe kepleset karena antara Halte dan bus lumayan ada celah agak menganga hehehe, gak lucu kan kalo sobat kepleset hehehe. 

Dahulukanlah penumpang yang turun, barulah Anda masuki bus.

Jangan sembarang masuk bus, karena di beberapa halte, dalam 1 pintu, ada beberapa bus yang berhenti perhatikan sesuai dengan jurusan Anda nanti malah naik Bus yang salah jurusan... kalau anda tidak tahu Bus anda, biasa tanya kepetugas atau ada pemandu kalau kebetulan ada hehehe

Di dalam bus Transjakarta
 
Area Khusus Wanita
Begitu Anda masuk bus, jangan menumpuk di pintu, masuklah lebih ke dalam bus. Jika Anda berdiri, berdirilah menghadap jendela jangan hadap hadapan nanti bahaya hehehe, peganglah Handgrip yang ada. Jika berdiri sambil membawa tas punggung, tarulah tas Anda di bagian depan, agar penumpang lain bisa tetap bisa berdiri di belakang Anda. Jagalah kebersihan, jangan makan di dalam bus, jangan membuang sampah sembarangan. Jika Anda mendapat duduk, dahulukanlah mereka yang memerlukan dan kalau kamu liat ibu-ibu atau cewek cantik, coba tawarin tempat duduk kamu ke dia. Kalo cewek cantik, kamu bisa ajak dia ngobrol trus kenalan deh selanjutnya terserah anda heheheh 

Meskipun sekarang sudah dipisah antara Perempuan dibagian depan dari pintu dan laki – laki di bagian belakang dari pintu tapi masih ndak cukup la wong kursinya sekitar 26 kursi, tapi sobat jangan bawa kursi dari rumah ya... hehehe.... 

Sopir Transjakarta Cakep yaa...
 Di Bus Jangan norak Jangan gara-gara AC di busway dingin *tapi sekarang banyak yg udah ga dingin ding...heheheh*

 Jangan nanya ke sesama penumpang busway: "Cara matiin AC gimana ya?".. dan jangan dijawab kalo ada yang nanya kaya gitu..!

Jangan duduk sila atau ngangkat kaki seperti di warteg ehhehe

Anda  jangan pernah berharap dan berfikir bakalan ada pedagang masuk jualan koran, rokok, minuman dingin atau para pengamen masuk dengan lagu nostalgia dan membaca puisi gak jelas. Dan jangan malah Anda yang coba jadi pengamennya! Karena di Trans Jakarta pedagang dan pengamen dilarang masuk.

Di Bus Transjakarta
Kalo busway berhenti mendadak dan ada orang jatoh kepeleset, jangan diketawain selucu apapun jatohnya. Kecuali kalo satu bus ketawa semua kamu boleh ikut ketawa tapi dikit.

          Hati - hati jika Sobat bersender di pintu kiri, karena di beberapa halte pintu kirilahyang digunakan atau sebaliknya jangan bersender di pintu kanan. Biasanya tiap mau berhenti di halteu ada pemberitahuan sebentar lagi Bus akan berheti di halteu ini.
 


Turun dari bus Transjakarta 


Sebisa mungkin Anda sudah bersiap di pintu bus sebelum Anda turun jangan nyantai - nyantai nunggu bis berenti dulu ehhehe.
 
Untuk bus gandeng terutama ketika turun di halte besar turun dari pintu tengah. 

Langkahkan kakikanan dulu ke halte sambil lihat kebawah. 

Keluar melalui palang pintu atau pintu halte, jangan lompat kebawah, mentang - mentang pendek 

* Padahal mamang pernah loh saking buru - burunya karena kesiangan heheeh*

Untuk yang Transit
Di Transjakarta , ada yang namanya istillah 'transit', maksudnya ada mengganti bus sesuai dengan rute yang akan ditempuh. melakukan transit tidak dipungut biaya tambahan asal jangan keluar dari palang pintu keluar halte.


Rute Transjakarta atau Busway terdiri dari:
 

Rute reguler atau nama istilahnya Koridor seperti

Blok M - Kota dinamakan koridor 1. 
Pulogadung-Harmoni  dinamakan koridor 2
Kalideres - Harmoni dinamakan koridor 3 dan seterusnya bisa di KLIK DISINI

Beberapa rute langsung dengan nama istilahnya express, yaitu menggabungkan beberapa  koridor- koridor seperti:
PGC-Harmoni,
Pulogadung-Kalideres dan seterusnya
Kalau ingin jelas tentang koridornya boleh Cari di Google ... hehehe
 

Catatan: Apabila sobat naik Transjakarta dan salah naik jangan panik, nanti kalau ketemu halte turun saja dan boleh balik lagi tanpa dikenakan biaya tambahan, asalkan jangan keluar dari palang pintu keluar halte, atau pun sobat pengen jalan – jalan naik bus Transjakarta seharian pun boleh saja tanpa biaya tambahan, asal jangan keluar palang pintu halte busway... okayy

Terimakasih anda sudah membaca tentang Tata cara naik busTransjakarta untuk yang pertama kali semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

51 komentar

wah sampe selwngkap itu ya mang ... di malang gak ada bus way sih ... kayaknya hanya di jakarta saja ya ... aku nunggu mono railnya dulu aja bang .... hehehe

Balas

cocok nih buat saya yg blm pernah naik bus trasjakarta. tulisan yg warna biru asli bikin saya ngakak mang

Balas

Aku belum pernah ke jakarta lagi mang, jadi belum kenal deket Transjakarta, jadi tipsnya mang Yono pasti bermanfaat nih... makasih mang udah share :)

Balas

kbetulan saya pengguna setia angkutan darat yg satu ini mang...

kalo sy terkadabg cuma geleng2 kepala sama kondekturnya...
padahal kan mubajir di area wanita bangku masih byk yg kosong...tapi utk penumpang pria tdk boleh duduk di sana...

yg ndak abis pikir...kalo pas di area cowo..penumpang wanita boleh duduk di sana :)
----
so jd curhat nih :)

Balas

nanti kalau main ke Jakarta hehehe.... iya monorail dan kereta bawah tanah ya

Balas

iya mbak indah, mungkin kapan - kapan berguna hehehe.... itu pengalaman yang sering ditemui di bus way... berarti norak ya heheheh...

Balas

mudah - mudahan bermanfaat ya sob... *Pramugarinya cakep - cakep loh termasuk pilotnya banyak perempuan*.

Balas

hahahah.. betul sekali mas budi begitu, mamang pernah tuh duduk di area Wanita langsung di samperin pramugarinya hehehe malu deh mamang itu dulu pertama diberlakukan eheheh. malahan sekarang sudah ada halte yang dipisah antara perempuan dan laki - laki, terus kalau waria bagaimana ya mas heheheeh

Balas

hhhaha ngakak baca tulisan ini mangg..lucu2..aku belum pernah naik bus trans jakarta mang..waktu di jogja juga ada bus transjogja tapi juga belum pernah naik..biasa mabokan hehehe

Balas

ngakaknya karena bahasanya acak -acakan ya mbak hehehe.... nanti siapa tahu ke Jakarta mbak.... kalau mabokan pakai ini saja mbak ngemut pentol korek api, kalau ndak pakai bako di udelnya terus tutup pakai koyo, istri mamang biasanya begitu tapi kalau ndak mempan ya tinggal sedia kantong kresek aja yang banyak heheeh

Balas

ini artikel lomba blog ya? kalo bukan, cocok nih didaftarin :D aku gak pernah naik . soale aku di semarang heheheh
aku suka bgt liat roti yg cantik2 gini. meski aku gak begitu doyan sam krimnya hehehehe....

oia sobat, aku boleh minta dukungannya gak? buat berikan artkl di lomba blog ku? :) http://cerita-cerita-agnespedrosa.blogspot.com/2013/04/body-lotion-marina-uv-white-extra-spf15.html mksh ya? maaf bukannya mau nyepam..

Balas

ehehe..mantep banget mang artikelnya..saya sendiri belum pernah naik Transjakarta mang hhehe...

Balas

Wahh., mang aku mau naik busway ah.,
naksir sama supirnya mang.,
hehehe

Balas

Ndak ikutan lomba kok, kok roti sih, mana rotinya mana hehe. Siip nanti mamang dukung ya. Ndak apa2 kok di spam juga hehe

Balas

Semoga bermanfaat ya mas. Sewaktu2 mungkin di perlukan hehe

Balas

Silahkan selain supirnya pramugarinya juga cakep hehe

Balas

waduh kalo gitu berarti kasian para waria ya mas, gak boleh duduk sana sini. mungkin lain waktu ada yang protes tuh mas, kenapa kok gak di adain area waria :) hehehe..
khusus waria duduk di bemper depan :D hahahay

Balas

lengkap mang cara2 nyaa, ane naik busway masih bisa di itung jari , hihi , maklum ga pernah kmna2 dsni mas :S

Balas

wah beneran mang ngemut pentol korek???? wahhh mending mabok aja ahh kalau harus bhunuh diri ngemut pentol korek hahaha

Balas

aku juga bingung kok sampai ada roti disini heheehhe

Balas

hehehe betul kasuhan hehe.... hahaha kasihan tuh di bemper, nanti keseruduk bajaj hehe

Balas

iya bener mbak, jangan dimakan atuh, coba aja tanya - tanya pasti bener kok

Balas

berarti belum lebih sepuluh kali ya hehe... tapi bener kan tata caranya, cocok hehe

Balas

mbak Amri, mungkin mbak planet mau ngasih hadiah roti ke mamang kalau lomba blog tentang marina menang hehehe

Balas

Lengkap info busway ne Mang. Aku pernah naik dulu sekali sat baru ada satu jalur blok M Kota, sekarang bisa muter muter seharian cukup
Sekalo bayar ya?
Pingin nyobain tapi pasti kaliren atawa kelaparan ini perut gara gara ga ada yang jualan di Busway..

Balas

heheh ok lah mang jangan lupa rotinya buatku juga kalau sudah diterima hehe

Balas

hehehe...baru denger ini mang..heheh tapi insyaAllah nggak dicoba*hehehe*takut digkira orang kurang makan hohooh

Balas

ok deh... cari alternatip lain saja ya....

Balas

siip .... roti buaya ya khas betawi heheehe

Balas

wah baej transjakarta segitu banyak caranya mang,,,haha...gokil :D
Saya naik transmetro pekanbaru aja belum pernah, apalagi naik trans jakarta..wkwkw

Balas

mang yono nih kayaknya memang bakat ngelawak :D

Balas

iya sekarang sudah bertambah sampai 12 koridor lebih, cuma bayar 3.500 muter muter seharian ehheeh
harus bawa bekal yang banyak, kalau minuman kemasan ada tuh di tiap halte

Balas

hehhehe mungkin nanti sewaktu - waktu berguna mas , kalau main ke Jakarta ehheheh

Balas

wah jadi gak bisa beli tahu nih

Balas

kapan yah saya bisa naik busway,sudah lama ga ke Jakarta,,,

Balas

bener tuh Mang yono ngabodor wae euyy kakak

Balas

mas Fian maksud mamang ngasih tau sesuai pengalaman istri mamang memengsih kaya guyonan tapi boleh dicoba mas heheheh

Balas

kang dede, biar ndak kelihatan bahasa mamang kan bukan bahasa indonesia baku, kalau sambil guyonan kan ndak kelihatan eheheheh....

Balas

mas agus beli tahunya di luar halte... kalau yang jualan minuman kemasan ada didalam halte, tapi ndak ada yang nungguin... yang itu loh lemari didalamnya banyak minuman cukup masukin uang kita sesuai harga yang tertera ( uang pas ndak bisa ngembaliin uang lebih) langsung keluar deh air kemasannya ( ndak tau namanya mas ehheheh)

Balas

ya kang dede kapan kapan atuh... bentar lagi jakarta punya monorel dan kereta bawah tanah kalu jadi heheheeh

Balas

oh iya deh mang, kalau didalam bus gitu berebut tempat duduk pastinya ya, tidak ada nomor tempat duduknya soalnya, lagian tempat duduknya kan menyamping kayak diangkot,

Balas

ya mas berebut kuri seperti pejabat hehheeh, tapi yang diutamakan perempuan mas, banyak sih yang pura - pura tiduran padahal di depannya ibu- ibu, kan kasihan ya

Balas

Hehe udah lama gak mau naik transjakarta, habis pelayanan jelek dan diskriminasi gender yang merugikan laki-laki (saya cowok). Hehe kalau pemberian tempat duduk, kalau cewek cantik, saya mau, kalau cewe jelek gak mau, kan ada budaya antri (saya dateng duluan kok) dan emansipasi, apalagi klo cewek abg satu geng yg sambil berdiri aja masih bs asyik ngerumpi atau BBM an, yang harus kalau ibu hamil, lansia, bayi, balita dan orang cacat, itu sih semua juga tau.

Balas

Karena nyasar ke sini lagi, komen lagi ah yang diutamakan perempuan hamil bukan perempuan centil :) dan yang gendong bayi bukan gendong blackberry heheh, jadi koreksi kalau yg diutamakan adalah ibu hamil, lansia, gendong bayi dan orang difabel. terima kasih. lagian udah ada area khusus wanita, wanita muda harus siap berdiri karena siapa lagi yg bs berdiri di ruang khusus wanita.

Balas

makanya aneh kalau cewek muda masih nuntut dikasih duduk selain bertentangan dengan emansipasi, nanti ruang khusus wanita mubazir dong (terutama saat jam penuh) krn cewek2 mudanya gak ada yg mau berdiri, so utamakan duduk perempuan hamil bukan perempuan centil hehehe, geng cewek muda sih nonton super junior juga kuat berdiri 6 jam.

Balas

nah betul begitu, mantabb dah heheh...

ya sekarang sudah ada ruangan khusus wanita, meskipun wanita tetep masih ada di ruang lki - laki dan boleh, tapi kalau laki - laki gabung ke rung wanita kok ndak boleh ya eheheh....

Balas

berarti yang kuat berdiri geng cewek muda ya eheheh

Balas
avatar
Anonymous

wah infonya bermanfaat buat yg udik begini..
meski agak2 bingung juga bacanya :D
btw kalo dari stasiun pasar senen ke thamrin naek bus way jurusan apa ya ? trs haltenya jauh ga dari stasiun ?
thx pencerahannya om mamang...

Balas

heheheh iya mas, mending pura - pura tidur aja ya hehehe... nanti diserobot ibu - ibu padahal udah ada tulisan khusus perempuan heheheh

Balas

Dari statsiun pasar Senen deket sob, tinggal jalan sebentar ke perempatan Senen sekitar 100 Meter, deket gedung Bioskop, nanti naik jurusan Pulogadung - Harmoni / Pulogadung - Kalideres transit di halte Monas atau halte Harmoni gak usah bayar lagi asal jangan keluar dari halte, langsung Naik jurusan Kota - Blok M nanti turun di halte Thamrin


Mulai tanggal 1 Agustus katanya tiap halteu bus Transjakarta pakai kartu Elektrik Tiket.

Balas
avatar
Anonymous

terimakasih om mamang...

Balas

- Silahkan berkomentar dengan baik ya.
- Yang berkomentar dengan URL blog, mohon untuk memberikan URL yang benar

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger