logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Penanaman Jambu Air

Sampurasun .... Rampes ... 

Setelah sebelumnya mamang menulis tentang Cara menanam pohon buah naga yuk kita lanjutkan dengan Cara menanam Jambu Air.

 

Jambu air dapat ditanam dengan biji atau pun di cangkok

 
Cara Penanaman Jambu Air
 Dari Biji
 
# Biji berasal dari varietas unggul, berumur lebih dari 5 tahun
# Biji berasal dari buah masak pohon, yg besarnya normal & mulus. Biji dikeringanginkan selama 1-3 hari di tempat teduh.

 Bibit Okulasi atau cara sambung


Cara menyambung tanaman boleh anda lihat di Cara Menyambung dan sistim stek satu mata Model sambungan yg terbaik adalah sambungan celah. Batang bawah berasal dari bibit hasil perbanyakan dgn biji, sedangkan pucuk berasal dari pohon induk unggul. Setelah disambung bibit dipelihara dipolybag selama 2-3 bulan sebelum ditanam langsung.

 Bibit Cangkok

Cabang yg akan dicangkok berada pada tanaman yg unggul & produktif. Cabang yg dipilih tidak teralu tua/muda, berwarna hijau keabu-abuan/kecoklat-coklatan dgn diameter sedikitnya 1.5 cm. Setelah 2-2.5 bulan (sudah berakar), bibit segera dipotong & ditanam dipolibag dgn media campuran : pupuk kandang dan tanah. Bibit dipelihara di polybag selama 1 bulan sebelum ditanam.

Cara mencangkok boleh anda lihat di Memperbanyak tanaman dengan cara mencangkok

Untuk cara penanamannya

Bibit jambu air ditanam ke dalam lubang tanam berukuran 60 x 60 x 60 cm. waktu penanaman sebaiknya dilaksanakan persis pada awal musim hujan & pada sore hari. Pemupukan jambu air dapat diberikan sebelum berbuah dan sesudah berbuah, sebaiknya setelah dilakukan penyiangan, dengan Pupuk kandang atau urea dan sejenisnya.


Tanaman jambu air dapat berbuah setelah berumur 1-2 tahun, berbunga sebanyak 2 kali dlm setahun  biasanya pada bulan Juli & September biasanya satu bulan berikutnya sudah masak. Ciri-ciri buah yg dapat dipanen dinilai dari tingkat kematangan berdasarkan warna kulit buah, yaitu hijau muda, hijau tua, hijau sedikit merah hijau-merah & merah hijau. Kalau Jambu air mamang sudah masaknya Merah tua.

Terimakasih anda sudah membaca tulisan mamang tentang Cara Penanaman Jambu Air semoga bermanfaat

Blog ini tidak sedang Ikut Kontes.... meskipun Gambar ilustrasinya Putri cuantik hehehe
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

Wah mang Yono ternyata ahli juga di bidang tanam menanam... kapan-kapan nyoba ah mau nanam jambu air

Balas

makasih tips nya mang..
kok harus milih-milih bulan juli atau september mang berbunganya? kenapa nggak januari aja gitu?? wkwk

Balas

saya suka jambu air mang, apalgi dicolek pake sambel hmmm

Balas

Dulu pernah punya pohon jambu air, tp sekarang udah di tebang. sering mengganggu talang air di teras rumah :D

Balas

sambil belajar sob,... ahli sih belum... silahkan di coba

Balas

udah dari sononya begitu, bang heheheh...

Balas

dipetis ya kang, tapi awas jangan buru - buru nanti keselek dan batuk - batuk biasanya hehehhehe

Balas

iya mbak, kalau sudah tinggi mending di tebang saja atau di potong cabangnya, kalau jambu air mamang masih pendek tingginya aja sekitar 2 Meter, ada di belakang rumah lagi.

Balas

kalau cara menanam jambu sambil deket cewek tadi gimana mang caranya ?kasih tau dong resepnya

Balas

kalau itu sih..... mau tau apa mau tau banget, kasih tau ndak yau heheheheh

Balas

inget pas hamil dl ngidam buah ini ;D

Balas

kalo di rumahku jambu aernya warnanya putih mang... enggak tau jenis apa. pokoknya manis, terus bijinya itu kecil banget ... dagingnya tebel.. nyam nyam nyam ...

Balas

makasih mang tips nya .. mudah juga yah ternyataaa

Balas

wah mang...jadi ngaruy yeuh hoyong metis :D

Balas

Padahal belum musim ya mbak Uswah, tapi akhirnya dapetkan hehehe

Balas

ohhh siip jambu air putih pas tuh buat ngerujak heheheh

Balas

iya sob.... mudah dan mengasyikan ehheheh

Balas

heheheh kantun ngadamel sambelna atuh kang, ngaruy ningali photo putrina meureun whwhwhwh

Balas

selamat Sore Sob,,,waah kalau masalah tanam menanam Mangyono memang ahlinya yaa,,,salam kenal yaa Sob,,ini kunjungan perdana saya...

Balas

wah berarti mang yono punya jambu air nih.
mau dunk klo udah berbuah mang ?
hehhe ..
klo nunggu aku yang nanem berbuahnya lama .
wkkwkw

Balas

selamat sore sobat.. ahli sih belum sob, cuma kan karena lingkungan tempat mamang Petani jadi sedikit tau saja heheheh... terimakasih kunjungan perdananya sob

Balas

ada mbak nanti 2 bulan lagi berbuah hehehe.. pohonnya cuma 2 meter jadi ndak perlu manjat pohon.. betul juga ya mbak iin heheheh

Balas

waduh...
kalo ditemanin eneng eneng yang itu mah, jadi pengen nanem jambu yang laen...

*sambit panci

Balas

hahahah awas mas ada panci terbang heheheh

Balas

mantap Mang,,postinganya,,,kalau saya suka mencangkok,karena lebih cepat berbuah,,,,

Balas

sayang banget tuh di tebang,,,Wah harusnya Talang airnya yang dipindah mbak Indah,,,

Balas

terimakasih supportnya kang... iya kang ini juga mamang jambu airnya hasil mencangkok

Balas

- Silahkan berkomentar dengan baik dan membaca postingannya terlebih dulu.
- Yang berkomentar dengan URL blog, mohon untuk memberikan URL yang benar

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger