logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara membuat arang sekam padi

Cara membuat arang sekam padi

Assalamu 'alaikum... Sampurasun... Rampes.. Setelah kemarin mamang nulis tentang Cara persemaian  biji mawar dengan media arang sekam padi, nah sekarang mamang mau berbagi Cara membuat arang sekam padi .

Media  untuk tanaman hidroponik bermacam-macam. yang dapat digunakan,  dapat dari arang sekam, pasir, zeolit, rockwoll, gambut, spon, dan serbuk sabut kelapa atau daun pakis. Persyaratan terpenting untuk media hidroponik harus ringan.  Tiap media mempunyai bobot yang berbeda.  Oleh karena itu, dalam memilih media sebaiknya dicari yang paling ringan dan yang mempunyai porositas baik, salah satunya yang dibuat dari arang sekam.

Cara membuat arang sekam padi


 
Pembuatan arang sekam padi dengan metode ayakan adalah metode yang paling mudah dan sederhana gak ribet – ribet amat kalau dibakar langsung kemungkinan besar sekam tidak terbakar merat.


Peralatan yang dibutuhkan pun sederhana hanya ayakan pasir berbahan kawat dengan lubang-lubang sedikit lebih kecil dari sekam padi dan sekop bergagang panjang untuk mengaduk sekam. 

Untuk membantu proses pembuatan disiapkan juga kertas koran, pembakaran dengan metode ayakan ini dapat menggunakan kayu atau pun bahan bakar padat lainnya. Sebagai bahan baku utama. Dan tidak dianjurkan untuk memakai bahan bakar minyak tanah atau BBM lainnya.


(!).  Ayakan disiapkan di tempat terbuka dan dekat dengan sumber air jangan didalam rumah ya... hehehe. 

(!!). Kemudian diletakkan kertas koran di atasnya sampai tidak ada celah. Kertas koran berfungsi sebagai alas agar sekam tidak jatuh sebelum terbakar api dibawahnya dan mencegah pembakaran yang tidak merata.

(!!!). Sekam yang sudah dikeringkan dengan dijemur matahari kemudian dituang di atas kertas koran. Banyaknya sekam yang dituangkan pada tiap proses disesuaikan dengan kapasitas dan kekuatan ayakan. Bila penuangan melebihi kapasitas, pembakaran akan cenderung tidak merata.

(!V). Bahan bakar diletakkan di bawah ayakan ( n0n BBM ), kemudian dibakar dengan sedikit kertas untuk memicu api dengan lebih cepat.

(V). Setelah api membakar kertas koran yang digunakan sebagai alas sekam, maka giliran sekam yang akan terbakar sedikit demi sedikit. Untuk meratakan pembakaran sekam pada seluruh sisi ayakan maka sekam perlu diaduk-aduk dengan bantuan sekop. Pengadukan dibarengi dengan memukul-mukul sekam pada ayakan agar sekam yang kering jatuh ke bawah ayakan.

(V!) . Sekam yang telah terbakar akan turun dari ayakan sebagai arang sekam.

(V!!). Setelah semua arang sekam jatuh ke bawah ayakan kemudian diratakan kembali panasnya dengan menggunakan sekop. Setelah pembakaran merata, seluruh arang sekam dapat didinginkan dengan disiram air sambil tetap diaduk untuk menghentikan proses pemanasan.

(V!!!).  Arang sekam yang telah didinginkan dapat langsung dipakai atau dijemur terlebih dahulu untuk kemudian disimpan atau dikemas untuk dijual .... Gampang kan?.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

40 komentar

Aduh, mamang ini rajin pisan...

Balas

harus padat ya mang bahan bakarnya,,kenapa ga boleh pakai BBM mang?

Balas

dulu sekam ini gratis lho mang, sekarang kok harus harus bayar kalau mau minta :D

Balas

kedah ka heleran heula berarti mang :D

Balas

gampaaang.... (ngejawab pertanyaan di bait terakhir)

Balas

Kalau di rumah mah sekamnya dijadiin parab entog saya mah.

Balas

wah mamang benar-benar rajin dan motekar hehe...
WS mah belum pernah ni bikin arang sekam mang

Balas

Ayakannya ga kebakar ya mang..

Balas

arang sekam emang awet mang..?
aku taunya dipake keramas kalo jaman dulu...

Balas

Mantap si Mamang mah, di rumah banyak phon kembang ya Mang ? he,,he,,he,,,,

Salam,

Balas

bisa buat keramas tu pak.. hehe

Balas

sekam padi itu apa sih mang.. seumur umur saya baru denger kata kata sekam padi... hehehehe

Balas

sekam pagi yang untuk nyuci piring kan mas???? biasnaya langusng beli aja

Balas

wah mamang memang banyak pengalamannya nih bisa tahu banyak termasuk cara membuat arang sekam padi juga, sip mang lanjutkan hehe...

Balas

biar ndak bengong mas hehe

Balas

iya kalau pakai minyak nanti apinya terlalu besar...

Balas

sekarang banyak dibutuhkan untuk ternak ayam potong, ya untuk alas kandangnya... biar anget katanya... nanti malahan mau di pakai untuk pembangkit listrik

Balas

sumuhun kang asal daek ngarungan hehehe

Balas

tuh kan gampang... siip

Balas

itu sekam ( hu'ut lembut) yang halus kang kalau ini sekam kasar

Balas

dari pada bengong dan beli ketempat lain kang, mending bikin sendiri

Balas

nggak mas, kan ayakan kawat

Balas

kalau yang buat keramas itu dah jadi abu gosok kang

Balas

iya mas daripada beli mendingan bikin sendiri, kebetulan orang rumah seneng nanam kembang

Balas

kalau keramas yang sudah jadi abu gosok mas

Balas

sekam padi ya kulit padi sebelum jadi beras..... iya mas maklum sekam padi kan ndak ada di kotaadanya di tempat penggilingan padi

Balas

itu udah jadi abu gosok mas... kalau proses pembuatan arang sekam warnanya masih hitam, dan proses pembakarannya sebentar

Balas

namanya orang kampung mas, dan kebetulan deket penggilingan padi ya sekalian buat daripada beli kan lumayan bisa menyalurkan hobi nanam bunga heheh

Balas

Kunjungan pagi yang indah, di blog Mang Yono, yang sangat
Mempesona yang lekat dengan Masyrakat sekitar, bagus artikelnya
Mang ijin nyimak...

Balas

O,ya ijin follow blog Mang Yono
Demi lancarnya tali silaturahmi antar blog
foll back yah Mang? terima kasih

Balas

Oiya ding mang, paling nanti cepet rusak aja kali yah, soalnya sering dibakar

Balas

Kalo saya ga ngalamin mang kramas pake abu gosok gitu, paling kalo mentok pake sabun cuci hehe...

Balas

silahkan sob...maklum orang kampung kerjaannya segala dipegang hehehe

Balas

silahkan sob... terimakasih follownya, ..langsung ke TKP

Balas

Ternyata lumayan sulit juga ya master untuk membuat arang sekam padi, saya malah baru tahu nich. Thanks master atas ilmunya ya ^^

Balas

Emang dicampur-campur, tergantung stok sih. Yg masih kasar ge dijadiin parab.

Balas

iya mbak master, gampang - gampang susah sih, tapi kalau sudah terbiasa gampang juga ding... heheheeh

Balas

Oke Hatur nuhun pisan yah Mamang Yono..?
atas kerja sama nya. semoga Mang Yono tambah sukses deh

Balas

Sangat bermanfaat...

Balas

maaf Mang.. ukuran berapa ayakannya, terima kasih

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger