logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mulai Mengenalkan Makan Nasi Pada Bayi

Assalamu 'alaikum... Sampurasun... Rampes.. 


Tips, Cara Mulai Mengenalkan Makan Nasi Pada Bayi, meskipun mamang  adalah Seorang Ayah tapi tidak ada salahnya kan berbagi pengalaman atau mungkin sobat punya pengalaman yang lain, bisa  di sampaikan pada kolom komentar. 

 

Saya memiliki seorang anak berusia 16 bulan. Yang ingin saya tuliskan disini adalah bagaimana cara melatih agar Anak  dapat belajar makan nasi, ini harus loh... Tidak mau khan Anak anda tidak doyan nasi?.




Mulai Mengenalkan Makan Nasi Pada Bayi
Cecep Alam < > Gigin Gumilar
Mamang mau sedikit berbagi tahap-tahapnya agar Anak mau makan nasi.

Membiasakan makan yang baik dan sehat adalah salah satu proses penting untuk perkembangan bayi. Apa dan kapan Ibu / Ayah memperkenalkan makanan pada  Anak merupakan hal yang penting. Memperkenalkan makanan yang baru memang membutuhkan waktu, kesabaran dan ketelatenan.... Betul Tidak?.

Proses mengenalkan makanan kepada bayi  harus bertahap. 
Tawarkan pelan-pelan satu sendok nasi tim atau nasi lunak ketika anak anda tidak terlalu lapar atau masih kenyang. Karena bila terlalu lapar akan marah atau menangis dan bila terlalu kenyang akan menolak. Lihat reaksi wajahnya, ajak Anak anda berkomunikasi ketika memperkenalkan makanan padanya.

 Makan bersama, Anak akan meniru orang tua atau anak lain yang makan , ajak Anak anda makan bersama keluarga, pastikan Anak duduk aman dan nyaman, beri kesempatan Anak untuk memilih makanannya dan makan sendiri atau dengan tangannya tanpa sendok


Ketika makan bersama, siapkan piring dan sendok kecil untuk anak anda, dan beri ia kesempatan untuk menyuap sendiri makanannya. 
Cecep Alam = Gigin Gumilar


Jika Anak  masih tidak tertarik, ibu tetap tenang dan bisa mencoba
Cara Mulai Mengenalkan Makan Nasi Pada Bayi  dilain waktu hingga Anak anda terbiasa.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

40 komentar

Umurnya sama mang kaya anak saya...anak saya juga sudah makan nasi, tapi yang lembek...makasih mang tipsnya

Balas

Usia segitu anak-anak biasanya masih "pemakan segala". Harus ekstra pengawasan...

Balas

hayyu sudah mulai makan nasi mang, sudah penuh makan nasi, tidak pakai bubur lagi, ibu e memang sukses mengajarinya

Balas

Athar 14 bulan juga sudah makan full nasi mang,alhamdulillaah selera makannya tinggi,tapi kadang ada saatnya juga mogok makan. gigin giginya udah penuh mang?

Balas

mang yono memang berwajah bayi deh

Balas

bagus ajari anak makan sejak kecil (bayi)..

Balas

Kl ayah'e wes mangan sate bhkan sak wedus'e...

#kaboorr....

Balas

iya mas, dimulai dengan nasi tim/nasi lembek, supaya terbiasa dengan nasi, kalau gak begitu nanti seperti tetangga saya sampai gede gak doyan nasi, malah ngeliatnya juga takut eheheh

Balas

betul sekali mas, dan suka meniru apa yang dilakukan orang disekitarnya

Balas

kalau Gigin masih gonta ganti antara bubur dan nasi lembek mas, kalau makan ngumpul keluarga malah seneng nimbrung makan.

mas Pri hehehe... terinspirasi lagunya mas agus hehehe

Balas

iya mbak anak saya juga suka mogok makan nasi ya diseling pakai bubur akhirnya.... gigin giginya baru empat, diatas 2 dibawah dua hehehe

Balas

dan penyayang bayi mas hehehe

Balas

betul, kalau tidak diajari makan nasi nanti tidak suka nasi.

Balas

Wah,, bahagianya istri mang yono nih.. punya suami yang perhatian dan pinter ngurusi anak.. suka melek malam2 ga buat bikinin anak susu ??? :)

Balas

bahaya kalo anak gk bisa makan nasi, susah ngasih makannya :D

Balas

wah sip nih mang tipsnya, mkasih mang dan happy blogging

Balas

hehe... kalau buat susu malam - malam langsung dari sumbernya saja, jadi ndak usah bikin susu pakai ASI hehehe

Balas

iya kang, tetangga ada yang gak suka nasi sekarang dah umur 16 tahun ABG, tetep saja gak suka nasi, makannya pakai mie instan dan kelapa kalau mau makan nasi harus di buat nasi goreng dulu kalau ndak dibuat lontong, kalau ngeliat langsung bentuk nasi utuh malah takut .. heeh

Balas

iya sob... semoga bermanfaat ya... happy blogging juga...

Balas

Assalamualaikum, singgah dan follow di sini. Jemput ke blog saya pula ya. Terima kasih. Salam dari Malaysia.

Balas

Waalaikumussalam, terimakasih sudah berkenan singgah dan follow...

oke, langsung berkunjung ....

Balas

mantap kang, bisa jadi bahan referensi kanggo keluarga ane, haturnuhun ah

Balas

Jadi ingat masa usia balita anak saya kang, kita harus telaten dan harus memperkenalkan setiap rasa, dari rasa aneka buah, daging, ati, dan ayam. Dan bayak variannya. Wakutu itu saya belinya sedikit-sedikit, dan buatnya pun tidak terlalu banyak, secukup saja. Hal ini agar anak dapat mengenal rasa dan menyekuai semua rasa nantinya.

Salam,

Balas

ternyata mang yono baiknya nggak ketulungan ya. perhatian banget sama putra-putranya...:)ada yang putri nggak mang :D

Balas

Lha iya atuh Kang. Jangan sampai anak-anak kita pindah ke makanan pokok selain nasi.
Artikel sederhana tapi makna dan manfaatnya sungguh sangat sangat berguna.

Balas

kalau dikasih roti gimana mang, biar kayak orang bule gitu hehe...

Balas

mangga kang, mudah - mudahan tiasa manfaat nya...

Balas

iya mas, kalau punya anak kecil harus telaten dan sabar, apapun usahanya tetap dilakukan dengan telaten... supaya anak terlatih dan terbiasa tentunya

Balas

memang harus begitu kang... berani membuat berani menjaga hehehe.

putra semua kang gak ada putrinya, padahal mau sih punya anak putri hehehe.. mau buat lagi, pabriknya sudah ogah heheheh

Balas

iya mas, berhubung makanan pokoknya nasi jadi harus terbiasa makan nasi hehehe.... cuma tulisan kebiasaan sehari - hari aja mas .. hehehe

Balas

nantinya takut repot mas, yang ada terus dirumah cuma nasi, dan saya sebagai petani menanam padi, nanti harus menanam Gandum dong hehehe

Balas

sewaktu anak CiM berusia 6 bulan, kami dah start bagi makan nasi kanji. macam bubur tapi lain sikit, ditanak sangat lama, ia lebih lembut

Balas

Untuk mengenalkan makan nasi kepada sikecil, hendaknya perlu bertahap dan pada waktu yang tepat ya mang. :)

Balas

awal perkenalan makanan pada adib aja susah sekali mang, tapi saya tidak pernah menyerah juga tidak memaksa anak untuk menghabiskan makan, hehee,,

Balas

bisa jadi pembelajaran untuk para calon orang tua ni mang

Balas

itu buburnya dari tepung berasya Cin.. apa nasi tim ... tapi bagus tuh dari 6 bulan saja sudah dikenalkan dengan makan nasi kanji

Balas

iya bertahap dengan sabar dan telaten, apa bila si kecil masih enggan makan nasi tuh nasinya bisa di makan kita hehehe

Balas

ya mbak orang tua dilarang untuk menyerah demi si kecil, supaya terbiasa dengan cara bertahap

Balas

iya mas semoga berguna bagi para orang tua demi sang buah hatinya

Balas

memang harus dibiasakan mang, ada tetangga saya malah sejak kecill sampai SMA makannya mie instan saja melihat nasi saja rasanya eneg serasa mau muntah

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger