logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Pembibitan Mawar Dari Biji Dengan Media Arang Sekam Padi

Cara Pembibitan Mawar Dari Biji Dengan Media Arang Sekam Padi

Assalamu 'alaikum... Sampurasun... Rampes..  sambil iseng - iseng mamang pernah mencoba Cara Pembibitan Mawar Dari Biji Dengan Media Arang Sekam Padi, kalau gak salah seperti ini deh.

Pilih buah mawar dari tanaman induk yang bagus terus petik buah mawar yang sudah matang (masak) di pohon.

Cara Pembibitan Mawar Dari Biji Dengan Media Arang Sekam Padi


Biasanya kan media tanam menggunakan tanah berhumus tambah pasir dengan perbandingan 1:1 tapi kali ini mamang mau menggunakan media semai dengan penggunaan arang sekam ( sekam  padi yang dibakar) sudah banyak di indonesia karena bahan baku ampas padi yang mudah di dapatkan arang sekam mampu memberikan hasil terbaik untuk pembibitan bermacam pohon. Bisa juga menggunakan sabut kelapa, atau pun spon
Setelah bunga Mawar mulai layu maka timbul biji dari bawah bunga

(i). Melakukan After Ripening : Waktu yang diperlukan pada perlakuan After Ripening berkisar antara 2 - 6 bulan ( sampai kulit biji membusuk).

Cara melakukan After Ripening

(!) Masukkan media tadi ke dalam bak persemaian atau wadah untuk tempat semai. 

(!!) Siram media semai dengan air bersih hingga cukup basah (lembab).

(!!!) Tanamkan buah mawar satu persatu kedalam media semai sedalam 1 cm.

(!V) Biarkan buah mawar hingga kulit luarnya membusuk pada kondisi media
yang lembab. 

(ii). Cara Penyemaian Benih mawar

Angkat biji-biji mawar yang telah dilakukan pada media semai After Ripening yang telah membusuk

Pilih biji yang sehat dengan melakukan  pengetesan sederhana yaitu memasukan ke dalam air dalam wadah, dari tes ini bisa kelihatan yang baik akan tenggelam, yang mengapung dibuang saja.
Melakukan pencucian biji mawar dengan air bersih terus angin – anginkan / tiriskan biji-biji mawar terpilih ditempat teduh dan siapkan juga media semai bisa menggunakan media di atas 

Semaikan biji mawar secara merata dengan jarak 5 cm biasanya Biji akan berkecambah pada umur satu bulan setelah semai.

Untuk penyiraman di media semai dilakukan 1 hari sekali dan apabila bibit mawar sudah cukup umur bisa dipindahkan / penyapihan kedalam polybag atau pot dengan menggunakan media arang sekam / sekam padi. 


Untuk kekurangan dalam penulisan Cara Pembibitan Mawar Dari Biji Dengan Media Arang Sekam Padi,  mamang mohon ma'af dan tidak bermaksud agul ku payung butut ( menggurui ) 

# Kalau biji mawar sedikit, boleh untuk tidak melakukan After Ripening langsung pada tahap penyemaian.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

33 komentar

kalo pas disemai, suka dieker-eker ayam dan diisengin tikus, mang.

Balas

Boleh juga ni kang caranya, kebetulan keluarga saya suka dengan tanaman hias, Langsung di comot ya kang.

Salam

Balas

Nah tu sama...aku nanem sereh aja abis dimakan tikus..

Balas

Rumah kadang kosong lama, tanaman yg banyak butuh perhatian suka mati kalo ga disiram...jd kbykan tanaman di rumah yg tahan air semua...

Balas

Menarik pisan mang, bisa dicoba dipraktekin nie tentunya postingan mamang bermanfaat banget buat yg suka dengan mawar dan pengen mencoba mempraktekannya.

Balas

Waduh, kl masalah berkebun kyk gini saya gak telaten, mang...

Balas

saya nanam cabe, malah saya eker-eker sendiri, gimana coba ?

Balas

bolehlah mang saya tiru langkahnya, eh tapi mawar masak ada bijinya sih mang ? kayak salak aja pakai biiji segala.
biji salaknya mang yono kan ada dua ya ?
hehehehehehehehehe

Balas

kalo saya punya lahan buat nanam, bolehlah caranya dipraktekan mang hehe :)

Balas

dulu pernah mau nyoba,tapi ya gitu banyak yg bilang dieker-eker tikus,jadinya batal deh..

Balas

hahah berarti bukan ayam bukan tikus yang suka eker - eker... tuh mas agus heheeh

Balas

silah kan mas langsung comot ya... semoga berhasil....Waalaikumsalam

Balas

saya juga tanaman suka ditinggal seminggu sekali... ups tapi yang nyiram istri dirumah ding eheheh... nah bagus tuh tanaman yang tahan terhadap air, seperti adenium, kaktus, anggrek ....

Dan lebih praktis lagi bunga kertas dan bunga pelastik ... heheheh

Balas

silahkan kang... saya juga ini masih coba - coba, tapi lumayan berhasil mungkin lebih lengkap dan sempurna bisa di cari di google, itu juga kalau ada yang posting pakai media ini ding ... kalau ndak ada pasti ketemu lagi dengan blog mang yono ... hehehe

Balas

mang yono ternyata tipe cowok romantis ya, suka nanem mawar segala :D

Balas

buah mawar itu apa sih mang?
kok baru denger,yg aku tau bunga mawar

Balas

sekarang jaman canggih mas, tinggal ketik sms langsung jadi... # sms ke tetangga minta tolong berkebun ... hehehe

Balas

ada mas coba aja teliti, setelah bunga tuh didalam kelopak bunga ada bijinya, tapi itu yang jadi biji, kebanyakan tumbuh bunga eh ada yang metik bunganya....

nah kalau biji itu nggak boleh disemei mas... nanti ada yang nyariin loh eheheh

Balas

ya kang, lahan buat nyemeynya gak perlu luas, cukup pakai baskom atau panci butut juga bisa, tapi hati - hati terhadap pemulung apalagi berbahan almunium heheh

Balas

hehe pakai perangkap tikus aja mbak hehehe

Balas

buat ngisi waktu senggang aja kang, daripada pulang kampung tiap minggu bengong, ya nanam - nanam bunga, sekalian kerjasama sama Guru.. suruh muridnya kesekolah bawa bunga... kan ada murid yang beli bunga ke sayah, lumayan kan kang.... hehehe

Balas

heheh buah mawar ya biji dari bunga mawar.. setelah berbunga tuh mawar keluar bijinya.... nah bijinya bisa ditanam , selain penanaman pakai stek atau okulasi

Balas

Saya sering menjumpai tanaman bunga mawar yang di budidayakan di daerah pegunungan. Apa bunga mawar ini cocoknya ditanam di daerah yang dingin ya master?

Balas

Saya mau Belajar nanem nih Mang.? tapi gak ada bibit
nya,? boleh minta bibit Mawar nya, soalnya saya gak bisa nyemai nya

Balas

umur berbunga sampai berbuah brapa lama dan berbuah sampai panen umur brapa?

Balas

saya punya mawar tapi nyari bijinya itu yg sbelah mana sih mang ? tak cari2 kok blm ktemu

Balas

saya bingung mang mecari biji mawar itu soalnya sudah saya cari ga ketemu temu tolong dibantu ya soalnya saya penasaran banget.maksih

Balas

mang bijinya mawar itu yang kecil warna hitam itu ya soalnya sudah saya cari cuma itu bijinya yang saya temukan tlong d jawab ya maksih

Balas

Ditanam dimana saja bisa mbak Master... dihatiku juga bisa hehehee

Balas

Waduh saya kurang perhatikan mas, tau - tau dah berbuah aja...

Balas

Memang susah mas, kadang bunga mawar setelah berbunga itu layu bijinya gak tumbuh ...

Balas

Biji mawar biasanya tumbuh di bunga mawar, tapi kebanyakan bunga mawar gak sampai tumbuh biji langsung layu

Balas

Bijinya ya kalau masih basah warnanya merah bentuknya agak lonjong biasanya tumbuh di bawah bunga tapi satu tangkai dengan bunga ... mungkin bijinya itu udah kering ya ...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger