logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apakah ini Jambu air Citra atau jambu air Apel?

Sampurasun... Rampes.... 

Jambu Air mamang ini berbuah lagi padahal dua bulan sebelumnya baru selesai berbuah, jambu air mamang ini ada yang bilang namanya jambu air Citra ada juga yang bilang jambu air Apel . Ia memiliki warna buah merah tua dan bentuknya seperti lonceng kecil. Entah dari mana asal jambu air ini.   Ia didominasi jenis yang tak berbiji dan mulai berbuah setelah 2 tahun masa penanaman mungkin bisa berbeda – beda ding.... sampai saat ini sayah belum tau nama asli jambu air Apakah ini Jambu air Citra atau jambu air Apel?..... hehehe.



Pohon jambu sayah ini gak begitu tinggi sekitar 2,5 Meter, karena setiap selesai berbuah dilakukan pemanggkasan dahan dan cabang yang  meninggi, bibitnya dari Jakarta dan hasil mencangkok sayah sendiri dari Rumah sebelah kantor tempat sayah bekerja.



Jambu Air mang

Kalau berminat dengan budidaya jambu air boleh dlihat Cara menanam jambu air, waktu penanaman pohon jambu ini dilakukan dua kali pindah tempat, kok bisa mang, awalnya sayah tanam pohon jambu ini di depan rumah, berhubung banyak kambing tetangga yang lewat dan memakan daunnya, sayah pindahkan pohon jambu ini ke samping rumah waktu dipindahkan pohonnya sudah tinggi 1 meter, padahal waktu bawa dari Jakarta pohonnya cuma  sejengkal cuma batang dan akar doang / tanpa daun, tetangga sih pada ketawa melihat bibit jambu air yang sayah bawa, dan pada bilang.

“ hahaha.. ndak mungkin tumbuh tuh cangkokannya mang masa cumu se jengkal, kayak bikin patok perbatasan tanah aja”. 

Setahun kemudian eh itu pohon jambu udah kelihatan bentuknya seperti pohon jambu beneran, gak seperti patok perbatasan lahan dan... hehehe. 

Berhubung di samping rumah  mau di pakai tungku masak pas hajatan kehitannan anak sayah, jadi pohon jambunya dipindah lagi ke belakang rumah untungnya tuh pohon jambu gak marah dan putus asa untuk hidup hehehe.


Setelah 2 tahun lebih dikit pohon jambu sayah ini mulai berbuah dengan bentuk dan warna buah yang sedikit berbeda dengan buah jambu tetangga.

Bila masih muda warnanya agak hijau kemerahan bila mencoba memakannya terasa sepet, bila sudah tua warnanya merah tua dan rasanya seperti apel.

Jambu air ini menurut orang – orang tidak cocok dibuat rujak, tapi menurut sayah ya cocok – cocok aja, gak ada masalah, daripada gak ada untuk rujakan... kalau yang belum tau cara membuat bumbu rujak boleh baca tentang sambal rujak coel jambu air ..... heheeh.

Kalau sayah paling suka rujak entah itu rujak jambu air, jambu monyet yang gak ada monyetnya, jambu biji, belimbing, cereme, mangga muda, asem, ubi dan masih banyak lagi, pokonya yang bisa di buat rujak ajah sayah pasti suka, apalagi pas istri sayah ngidam, tuh rujakan hampir tiap hari, meskipun cuaca mendung itu rujakan dan makan rujak harus tetap di lakukan, tapi yang ngerujak dan makan rujaknya cuma sayah doang, istri sayah yang ngidamnya cuma melihat sayah makan rujak doang... Keren kan?... eheheh.

daripada yang baca dan berkunjung kesinih bingung juga Ini jambu air Citra atau jambu air Apel dan sedikit ngeces, ya sudah sayah lemparin sajah jambunya.... !!..



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

50 komentar

jambunya menggiurkan.. saya ngeliatnya sampai ngiler... tess.. tess.. tess..

Balas

horeeeeeee saya komen yg pertama.. jadi harusnya dapat hadiah jambu donk

Balas

pohon jambunya lagi berbuah banyak yg mang, panen nich. kalau ditempat saya itu jambu air mang., kalau panen saya dikirimi ya mang....hehhee

Balas

lempar jambunya Mang, ke Cak Budy.
#pletak!

Balas

lempar lagiii
#pletak lagi

Balas

apapun namanya, yang penting kapan kita diundang pesta jambu coba?

Balas

kalo keberatan kirim jambunya, diganti duit juga nggak pa-pa. ntar disini saya belikan jambu.

Balas

se7.. yuk kita rame-rame nunggu undangan.

Balas

sudah musim jambu air ya Mang? di rumah saya ko' belum musim ya Mang..

*nanem aja nggak mau musim..wkwkwk

Balas

@Mang: mending duitnya kirim ke saya, nt saya belikan jambu trus kirim ke mas budy...

Balas

gimana nich malah pada diembat sendiri, hayooo dibagi...

Balas

aku ikuuutttttttt jangan ditinggal ya....hehheee

Balas

Jambunya bikin ngiler kang, apalagi yang sudah merah tuh, kayanya manis dan seger...
Dulu di pekarangan rumah saya juga ada jambu air kaya gitu mang, sekarang sudah almarhum...

Balas

waaahhhh jadi ngebyaangin di bikin rujak itu jambunya enak banged mang,
qirim atuh jambunya kesini . hihihi

Balas

hahaha kirim duitnya pindah pindah tangan, pas sampai mas budy tinggal separo, hehehe.

Balas

seger banget buah jambu airnya,,,jarang juga sekarang buah ini diketemukan,,,padahal cocok buat rujakan,,,heee

Balas

sayah lempar lagi 3 kilo ...# pletak... pletak... pletak

Balas

sayah lempar lagi jambunya 3 karung... # Pletak... Pletak.... Pletak

Balas

mau bikin undangan bingung... kesiapa coba bikin surat undangannya eheheh

Balas

iya Bli, ini musimnya di rumah saya aja, tetangga saya juga pas ndak musim... # semprul...ehehehe

Balas

bibitnya ndak ada mas, mau di cangkok pohonnya belum cukup umur...

Balas

iya kang seger pisan... memang sih kalau ada pohon jambu air tuh anak anak pada gelantungan di pohon, jadi mendingan gak punya pohon jambu air kalau bisa pasang perangkap biar anak - anak ogah deket pohon jambu air eheheh

Balas

tadinya sih mau sayah kirim ke teh Iin, tapi gimana yah sayahnya lagi di Jakarta sedangkan jambunya di Subang, kalau begitu kasih alamatnya aja biar jambunya suruh jalan sendiri ehehehe

Balas

iya sob.. paling cocok jambu air buat rujakan ... ger seger...

Balas

wah meni seksi gitu jambu airnya mang hehe...halah janten ngaruy :D

Balas

silahkan di coelkeun kanu sambel kang hehehe

Balas

gak coba jadi tukang jambu mang? hehe. ^^

Balas

Wah merah merekah Mang jambunya mau dong
enak buat rujak, pokoknya segala rujak pasti enak

Balas

Kalau Mas dan Sobat semua tidak ada yang nerima Jambunya
Biar saja gaka apa-apa Yang nerima Jambunya Mang Yono? hhh

Balas

Buah jambu baik untuk kesehatan mata, dan menjaga kesuburan pria.....

Balas

ikut lah kalo mau rujakan jambu

Balas

yg saya tau,itu bukan citra apalagi apel....itu jambu mang,suer itu jambu namanya :D

Balas

Idizn di petik Manyono
mao bikin rujak mas
hehehe

Balas

Wah masuk musim penghujan panen jambu air nih Mang, harus cepat-cepat di panen, agar tidak banyak ulatnya Mang. Sayang nanti tidak jadi ngerujak .

Salam,

Balas

kalau sayah gak ahli jualan sob, suka gak tegaan, kalau pembelinya cantik sayah biasanya nolak untuk dibayar heheheh

Balas

apalagi cuaca panas begini, kayaknya lebih cocok kang rujakan jambu air

Balas

wah begitu ya kang.. terimakasih kang dah kasih tau... ternyata ada khasiatnya juga ya buah jambu air

Balas

hehehe betul sekali mas, ini jambu air heheheeh... seratus deh...

Balas

silahkan mas... semoga berhasil hehehe

Balas

iya mas, tapi biasanya kalau jambu air yang enak gak bisa bertahan lama, langsung diserbu anak dan tetangga... hehehe

Balas

tolong dikirim ya mang ke rumah saya,, *ngidam juga*

Balas

Datang lagi Penasaran mau Majak, Rujak jambu air enak
Kaya nya Malam-malam Ngarujak yah Mang?

Balas

sip deh, nanti sayah kirim jambunya, geratis....

kalau ngidam rujak katanya anaknya cewek hehehe

Balas

enak kang mau malam mau siang tergantung selera heheh

Balas

serius bikin ngiler, mang... saya juga minta dilempar ah, tapi lima kilo, "dilempar" pake tiki ke Garut..hihihihi... :D

Balas

wah pohon jambunya unik tuh....!!!!

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger