logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

"Mamajak" Rujakan mangga dan jambu air di saung sawah

Sampurasun... Rampes..

#Cerita pengalaman Mang Yono, siang kemarin cuaca di tempat saya panas banget, padahal katanya setiap hari mendung terus, mungkin kasihan ke sayah yang mau panenan padi heheheh... Nah disaat  panas-panas itu orang yang derep disawah saya pada minta dibawakan mangga muda dan Jambu air plus bumbu rujak colek, kalau bumbunya ngulek di sawah ding. Memang sih panas – panas begini paling enak kalau “mamajak” atau istilah orang Banten "metis" yang mempunyai arti "rujak" mangga muda ditambah jambu air favorit saya, jadi paskan "Mamajak" Rujakan mangga dan jambu air di saung sawah. Lokasi sawah Mang Yono memang tidak begitu jauh dari rumah saya, sekitar 200 Meter.

Nah, untuk “mamajak” rujak mangga muda yang satu ini, yang pas dengan sambelnya adalah mangga yang bener-bener masih muda, seger banget apalagi mangganya langsung metik di pohonnya, kalau jambu air ya jangan yang muda, nanti keset hehehe.... *ngeces*


"Mamajak" rujakan mangga dan jambu air di saung sawah
Rujak mangga muda plus jambu air pasti *ngeces*



Kebetulan pas hari minggu waktu panenan padi cuaca panas sekali, sambil istirahat di saung sawah, ya saya bawakan mangga muda dan jambu air untuk rujakan.


Untuk membuat sambal rujaknya gampng sekali itu menurut yang biasa bikin bumbu rujak kalau yang tidak bisa dan gak tahu sama sekali ya ini paling sulit heheh, bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambel rujak, ini untuk sambel rujak yang dicolek ya, bukan yang di campur gitu. Dicolek kalena sambalnya di colek dengan menggunakan irisan mangga muda atau jambu air. 

Ini untuk yang belum tahu saja, kalau yang sudah tahu, ya abaikan saja :

Lagi colak colek sambal Rujak tapi goloknya gak ikut di makan
Lagi colak colek sambal Rujak tapi goloknya gak ikut di makan


(!). cabe rawit sesuai selera, kalau saya sih kadang 7 kadang 10 ya standar lah hehehe.


(!!). Gula merah 1 secukupnya, kalau pengen manis ya dibanyakin, kalau pengen pedas ya sedikit saja.



(!!!). Terasi, boleh pake boleh juga tidak, tergantung selera.


(!V). Garam secukupnya.


Nah ulek deh semua bumbu yang di perlukan.
Rujak mangga muda jambu air

Untuk mangganya tinggal dikupas dan di iris deh...

Selamat mencoba ya.... 


Gelayutan di pohon mangga atau pohon jambu air  dulu... ehhehe









Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

57 komentar

Wah jadi pengen nyoba mamajak nya mang, apalagi resepnya udah tersedia tinggal di praktekkin, maksih mang besok siang saya mau mamajak hehe...

Eh dapet pertamax nih...

Balas

asyik ya Mang, panen atau derep sebenarnya juga menjadi ajang meningkatkan kerukunan dan kebersamaan antarwarga lho...apalagi rujakan kaya gitu...membuat suasana makin akrab

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

cuaca panas ngerujak, berarti kalo cuaca dingin? ^^

Balas

semuanya asem rasanya...aduh biyung bikin gigi saya saling bertabrakkan

Balas

aduhh.. mang yono ngabibita waee :D

Balas

Santap Rujak nya Mang Yono, ngebuttt terus apapun yang terjadi
Tetap saya datang silaturahmi di blog ini salam sukses bareng. :

Balas

heheh sekarang mendung mas... besok aja mendingan hehehe

Balas

iya, kan kalau ada apa - apa tetangga yang duluan tahu kalau saudara mah belum tentu jadi yuk menjaga kerukunan antar tetangga hehehe....

Balas

kok dihapus sih mbak... kenapa ya?

Balas

kalau cuaca dingin ya minum bandrek, bajigur... atau peluk kompor hehehe

Balas

hehe silahkan dicicipi jenx...

Balas

kadieu atuh kang... hehehe

Balas

heheh apanya yang ngebut kang... 80km/jam hehehe...

terimakasih kunjungannya kang

Balas

idih, bikin ngiler mang rujaknya, coba bagi kesini...
paling enak emang ngrujak disaung mang, sambil menikmati angin sawah yang sepoi-sepoi...

Balas

weh, mantap banget itu rujaknya mang,,*ngiler

Balas

iya kenapa..? tenang aja, saya nggak nggigit kok..

Balas

dan menikmati guyuran hujan angin

Balas

Mang Yono panen ga ngajak ajak saya yah.. Apalagi pake lotisan gitu, seger bener pastinya.
Di tempat aku yang di colekin ke sambal gituh namanya Lotis Mang, kalo rujak ituh buah diparut di campur sambal atau di tum tumbuk gitu yang dinamakan rujak bebek (be`be`k loh bukan itik).

Balas

ini baru seksi banget ihh.
mauuuu

Balas

kalau saya sih enak makan jambu air nya aja mang, mangga muda saya tidak suka, rujak pun saya tidak begitu suka.
kalau jambu air mang yono diijinkan untuk saya tebas atau saya derep, bolehlah saya panjat tuh jambu mang yono......hehehe..siapa tau ada tetangga mang yono lagi mandi bisa saya intip dari attas pohon dong mang....
ealaaaaaaaaah..konslet ya saya....
hehehehe

Balas

pakai sarung juga bisa jadi kemul

Balas

eeeh eh ingat table manner, mas agus....... jangan asal tebas lho... hahahaha

Balas

enak sekali buah mangga dan jambu air dimakan dengan sos (sambal).. kalau saya membuatnya gula dicampur dengan kicap dan cili (cabe)..

Balas

Udah ampir 2 tahun ga nyentuh yang namanya rujak :( pengen tapi ga bisa, ga boleh, karena punya maag akut...hiks

Balas

hahah iya mas El kesini aja, males naik pohon mangganya, pakai tangga eh gak kejangkau, pohonnya terlalu pendek hehee.

mas Budy... kebetulan cuacanya panas, sekarang juga panas katanya, meskipun di Jakarta hujan ehheeh

Balas

ngiler ya sob... nih tisu hehehe

Balas

iya mas panen dikit, oh namanya lotis ya, kalu ditempat saya Mamajak....

rujak bebek ( rujak yang ditumbuk pakai alu dan lumpang kan) lebih pas pakai jambu dan ubi plus ceremai bukan gunung ceremai yang ada mak lampirnya heheh

Balas

tapi sekarang di Jakarta hujan loh mas... gak cocok makan rujak heheh

Balas

wah ditebas malah nanti kelihatan sumur tetangga, pohon jambu air kan deket sumur tetangga... tau aja nih mas agus, pohon jambu saya deket sumur... Waktu sayah naik pohon jambu juga ada yang teriak, kirain apaan malah orang mau mandi ... jadi malu sayah...

kasihan ya mas kalau ditebas hehehe

Balas

iya Mizz, cocok tuh makan rujak pas cuaca panas... kalau saya bumbu gula, kecap, cili, itu buat sambal Tahu...

Balas

ooh dah lama ya mbak Ay, sama seperti mertua yang perempuan punya maag, dan gak pernah makan yang asem - asem, makanya buah mangganya abis sama menantunya... hehehe

Balas

nyam nyam nyam, jadi ngilu mang gigi saya begitu ngeliat tu mangga he....................m

Balas

hehehe silahkan dicicipi mas hehehe ... tapi sekarang cuacanya mendung dan hujan heheeh

Balas

nyam-nyam-nyam-nyam sayang musim hujan.

Balas

hahah... kalau waktu hari minggu pas banget cuacanya sob

Balas

yang makjleb banget suasana dan tempatnya ngarujak na tah mang....ci mamang emang bapak jempolan banget deh ih...;o)

Balas

karung juga bisa jadi kemul..

Balas

cocoknya makan bakso.

Balas

sangat jempol banget...

Balas

mantap sekali ya Mang panas-panas makan rujak.
habis makan rujak langsung keringetan tuh...

Balas

Wah asyik banget master bisa makan rujak bareng-bareng di sawah. Tapi kalau rujak terlalu pedas saya malah kurang suka hehehe ;D

Balas

boleh juga dibuat sambal tauhu.. hehe..

Balas

hasil panennya bagus ya mang?

Balas

bikin nelan ludah mang :))

Balas

ilmu baru buat hari ini :D


Andrekocak Blog

Balas

Alhamdulillah... lumayan mas cukup buat makan sehari - hari dan sisanya di jual, walau tempat lain belum panen

Balas

tapi belum juara ya hehe

Balas

padahal malemnya dah mendung, bukan malem ding pas saya sarapan dini hari eheheh...

Balas

iya bikin mata jadi melek hehehe... sayah juga tidak begitu suka makan rujak pedas, kalau setengah pedas baru suka

Balas

hehehe silahkan dicicipi mangga mudanya, sayang kalau gak habis ehehhe

Balas

oke deh sob, semoga bermanfaat

Balas

Mang, eta rujak saporsina sabaraha? hehehe... *muhun weh da icalan rujak :D

Balas

wios lah ka teh Hana mah geratis eheheh... tapi jambu airna ngala nyalira heheeh

Balas

supaya buahnya banyak .. harus dirawat gimana mas?
dederamdan.student.ipb.ac.id

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger