logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema.

Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema.

Sampurasun … Rampes. Siapa yang tak kenal aglaonema? Tanaman hias daun yang dalam bahasa Latin mempunyai arti benang bersinar, kalau benang merah itu punya OVJ apalagi benang yang kusut itu mah punya pedangdut heheheh, Aglaonema memang telah lama jadi perbincangan. Terlebih ketika Greg Hambali menciptakan hibrida berurat daun merah-kuning yang dinamakan pride of sumatera pada tahun 1985. Ketika itu, harga aglaonema pride of sumatera mencapai Rp 300 ribu per daun!.


Berbeda dengan tanaman hias daun pada umumnya yang berwarna hijau, aglaonema justru diincar karena warnanya yang bervariasi. Selain merah, atau putih, juga kuning dan oranye. 


Selain itu, konon masyarakat mempercayai tanaman ini sebagai pembawa keberuntungan. Di Indonesia tanaman ini dikenal juga dengan nama sri rejeki. Di Malaysia namanya good luck. Sedang di Filipina, disebut le suerte. Ketiganya, sama sama berarti keberuntungan.

Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema.

Ya sudah daripada bingung dan terbengong – bengong dengan harga yang tak terbeli, mendingan kita memperbanyak jenis yang ada saja kalau yang saya punya adalah yang seperti pada postingan kemarin yaitu jenis Bunga Donna Carmen / Aglaonema, sukur – syukur kalau ada yang punya aglaonema yang super wah, Bunga Donna Carmen / Aglaonema bisa di perbanyak dengan cara ini Biji, Menunggu tunas anakan atau dengan cara mencangkok batang Indukan Donna Carmen / Aglaonema.



Nah untuk Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema jika bunga Donna Carmen / aglonema tak kunjung bertunas atau males menunggu anakan yang terlalu lama? Apalagi kalau menunggu Bunga Donna Carmen / Aglaonema sampai keluar buah, Cobalah dengan cara ini, yaitu dengan cara mencangkok sendiri. Caranya cukup sederhana sekali.

1. Pilih batang Bunga Donna Carmen / Aglaonema yang cukup panjang.

2. Siapkan botol plastik bekas atau memakai gelas pelastik air mineral. Untuk yang memakai botol pelastik potong leher botol, lalu buat sayatan dari atas sampai bawah. Bagian dasar botol diberi lubang, kira-kira sebesar batang Donna Carmen / Aglaonema.

3. Pasang botol tersebut pada batang Donna Carmen / Aglaonema. Terus isi botol yang sudah dipasang tersebut dengan media tanamnya berupa Arang sekam padi dan humus dengan perbandingan 1:1. Ikatlah erat-erat botol yang sudah diisi medeia tersebut.

4. Siram dengan rutin tiap hari. Usahakan jangan sampai media dalam botol menjadi kering.

5. Tunggu sebulan atau dua bulan kemudian, akan muncul tunas-tunas. Tunggu hingga keluar akar pada tunas – tunas tersebut.

6. Setelah umur 3 bulan lebih atau kurang dikit, bukalah botol, lalu bersihkan media Arang sekam padi dan humus yang menempel pada anakan Donna Carmen / Aglaonema.

7. Ambil pisau yang tajam dan bersih kalau perlu di cuci dulu siapa tahu pisaunya bekas memotong terasi, cabe atau bawang… hehehe. Lalu pisahkan anakan Donna Carmen / Aglaonema dari induknya dengan hati - hati jangan sampai akarnya pada rontok, dan langsung tanam deh anakan bunga 
Donna Carmen / Aglaonema pada media yang telah disiapkan, gampang kan?.

Aglaonema Thailand "Siam Aurora"
Aglaonema Thailand Namanya Siam Aurora

Ini Tanaman Aglaonema dari Thailand bernama "Siam Aurora" dengan warna daun hijau dan memiliki warna merah di tepi daun, ini bukan punya saya, tapi ini punya boss saya yang di beli langsung dari Thailand, kalau saya cuma kadang ikut merawatnnya saja, kalau yang asli punnya saya lihat di Bunga Donna Carmen / Aglaonema punya saya ... hehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

23 komentar

makasih kang tipsnya ;) tapi saya gak punya bunga itu :(

Balas

asyik juga ya master kalau bunga donna nya bisa diperbanyak getu. Kalau nama bunga nya di ganti donni bisa nggak master? hehehe :D

Balas

Ternyata bunga yang model seperti ini namanya bunga donna ya Mang, baru tahu saya. Dan cara memperbanyak bunga donna ini ternyata mudah ya bila kita mengikuti aturan yang benar seperti di atas.

Salam,

Balas

Wuih mantap Mang artikel Bunga donna carmennya berlanjut
Seasen two nih dengan pengembangan ini pastinya
Bisa memperbanyak tumbuhnya bunga donna carmen :-bd

Balas

jadi semacam dicangkok gitu ya mang. aglaonema ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh, jadi untuk memperbanyaknya pun lumayan gampang :)

Balas

aglonema dulu emang mahal, tapi sekarang kok jadi murah, entah kenapa, mungkin ada mafianya ya, seperti tebu, hahahahahaha, sedikit curhat

Balas

Wah masih tentang neng Donna nih mang...
Makasih banyak ah ilmunya..

Balas

Ya begitulah yang berwarna banyak diincar

Balas

Tapi saya nggak ada bunganya mang

Balas

Saya pernah denger katanya kalau Aglaonema sebagian itu dari kultur jaringan ya mang ... apa bener itu mang, sekali-kali posting teknik kultur jaringan ya mang ...?

Balas

mamang memang ahli botani deh

Balas

siapa tau tetangga punnya bunga ini Mas heheeh

Balas

kalau nama bisa diganti mbak master kalau jenis kelamin gak bisa hehehe

Balas

iya mas namanya neng Donna hehehe... kalau memperbannyak asal potes saja pasti gak jadi mas, kalau sesuai aturan dan langkahnya kemungkinan gagal sedikit heheeh

Balas

iya kang nanti ada lanjutannya lagi.. donna carmen di colong tukang besi tua ehehehe

Balas

betul kang seperti dicangkok, kalau dicangkok kan dibungkus semua gak bisa muncul tunasnya, kalau ini kan bagian atas botol atau gelas ada untuk keluar tunas.

Balas

iya sob dulu hargannya melangit sekarang juga masih tetap mahal sih kalau jenis yang bagus seperti gambar paling bawah.. asli dari Thailand ehheeh

Balas

iya mas, dah terlanjur di jadwalkan ehheeh

Balas

blang - blang memang keren heheeh

Balas

nanti deh mbak jenk saya kasih bungannya, tapi tranferdulu ya eheheh

Balas

wah saya gak ngerti begituan mas, mungkin kalau nyari bannyak di Google ehheeh

Balas

lagi belajar mas, dikampung ngurusin bunga di tempat kerjaan ngurus bunga juga eheheh

Balas

Mang,gimana caranya kalau kita ingin menghasilkan motif daun yg lain dr jenis aglaonema yg udah ada,makasih..

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger