logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Istilah – istilah dalam menanam padi di sawah atau nyawah di kabupaten Subang.

Istilah – istilah dalam menanam padi di sawah atau nyawah di kabupaten Subang.

Sampurasun .... Rampes. Ini adalah istilah – istilah dalam pertanian di wewengkon Subang, Jawa Barat, Indonesia. Istilah dalam bertani mungkin bisa berbeda nama atau cara di tiap – tiap daerah, ya sudah Blog mang Yono mau sedikit berbagi tentang Istilah – istilah dalam menanam padi di sawah atau nyawah di kabupaten subang, ini asal tahu saja ya, mungkin orang kota bahkan tidak pernah mengenal istilah – istilah ini, seperti:


Ngadurukan : Membakar Jerami / pohon padi yang kering atau rumput ini bagus sekali karena hasil pembakarannya dapa mennyuburkan tanaman padi nantinnya.


Nampingan :   membersihkan pematang sawah dengan menggunakan cangkul, pematang sawah tersebut di kikis atau sedikit di papras.
Istilah – istilah dalam menanam padi di sawah atau nyawah di kabupaten subang.
Nampingan Pematang Sawah

Mopok :  Menambahkan tanah / lumpur ke pematang sawah, ini biasannya setelah Nampingan.
Setelah nampingan dilakukan mopok pematang sawah
Mopok Pematang sawah

Ngawuluku / Ngalektor : Ngolah tanah sawah dengan menggunakan Wuluku yang ditarik menggunakan sapi atau kerbau, tapi sekarang sudah bannyak menggunakan tenaga mesin yaitu berubah menjadi ngalektor, yaitu mengolah tanah sawah dengan traktor.
Ngalektor sawah yang mau di tanami padi
Ngalektor sawah yang mau ditanami padi

Ngalepa : Meratakan tanah dengan menggunakan papan yang di beri gagang atau menggunakan cangkul, biasannya di lakukan setelah ngawuluku atau ngalektor
Tebar : Yaitu menyemai padi atau bibit padi pada waktu bibit padi bertunas / berkecambah dan di semaikan di tempat penyemaian bibit .

Naplak : Memberi garis untuk jiplakan atau batas / jarak tanam , biasannya menggunakan papan dengan panjang 1,5 – 2 Meter yang di beri gagang dan ditarik lurus.
Naplak membuat garis agar tanaman padi lurus
Naplak membuat garis di lakukan agar tanaman padi lurus

Babut  : Mencabut benih di pawinian atau tempat semai bibit padi, yang selanjutnya di ikat  dengan tali biasannya sebesar 10 cm atau 303 batang bibit, kalau sobat tidak percaya silahkan ukur dan hitung sendiri benihnya ya?. hehehe.
Babut mencabut benih padi di pawinian
Babut mencabut benih padi di pawinian


Tandur : merupakan istilah dalam pertanian masyarakat Subang yaitu singkatan dari bahasa sunda “Tanam Mundur”(Tandur). Tandur adalah suatu cara dalam menanam padi di sawah dengan lahan basah atau sawah irigasi. Tapi sekarang sudah berganti nama atau cara menanam padi di tempat saya yaitu dengan cara Tanju silahkan baca di postingan Kebiasaan Menanam Padi " Tandur " Berubah Jadi " Tanju " Model baru menanam padi di Pagaden Barat, menanam padi dengan cara maju, ini cara merupakan sistim menanam padi yang cepat bila dibandingkan dengan tandur.
Tanju istilah menanam padi sambil maju
"Tanju" Istilah menanam padi sambil maju " lebih cepat dari Tandur

Ngarambet  : merupakan kegiatan menyiangi area pesawahan dari rumput-rumput yang mengganggu tanaman padi. Kegiatan ini sendiri biasanya dilakukan dengan menggunakan tangan dan alat bantu yang diberi nama Gugurul
Dinamakan Gugurul dikarenakan bagian bawah dari alat ini di tancap kan paku – paku dengan jumblah bannyak dari bagian atas tembus kebagian bawah yang selanjutnya di bengkokan berbentuk duri-duri yang menyerupai hewan landak. Fungsi dari Paku - paku pada alat tersebut adalah untuk menghilangkan gulma/rumpur pada tanah disekitar tanaman padi. Sedangkan lebar dari Gugurul ini disesuaikan dengan jarak tanam antara tanaman padi yang satu dengan lainnya.

Ngagemuk / Ngorea : Memberi pupuk pada tanaman padi

Nyemprot : Membasmi hama tanaman padi dengan cara di semprot menggunakan alat semprotan.

Tunggu : Menjaga tanaman padi / tanaman lainnya supaya jangan ada yang mengganggu.

Panen : Mengambil tanaman yang sudah waktunnya di ambil.

Mungkin istilah – istilah di atas masih bannyak yang belum saya tulis disini, kalau di tulis semua nanti tulisannya panjang banget, bisa – bisa pembaca atau pengunjung Cuma baca judulnya saja, langsung koment “ Artikelnya bagus gan, ditunggu kunjungan baliknya “ .... # Semprul... heheheh.



Petani bukanlah mereka yang harus dihina pekerjaannya tetapi haruslah diberikan apresiasi yang lebih atas jasanya dalam memenuhi kebutuhan orang banyak, Apa jadinya bila didunia ini tidak ada petani?... Hayooo.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

30 komentar

selamat pgi mang...
kayaknya asik juga ya mang belajar bahasa subang...

Balas

Hampir sama mang ama di daerah saya!

Balas

Saya sebenarnya gak ngerti istilah pertanian cuma kadang denger-denger saja, ada yang hampir sama misalnya ngawuluku, kalau di tempat saya ngluku, trus tandur itu sama. Istilah lain kayaknya beda ... lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, kalau peribahasa Jawanya desa mawa cara, negara mawa tata

Balas

Wah Gagal Pertamax. Beberapa istilah di atas sering saya dengar. KEbetulan istri saya dari keluarga Petani dari daerah Kulon Progo, Jogajakarta. Beberapa istilah di atas emang sering digunakan dan sangat di kenal dalam ladang atau menanam Padi di Sawah

Balas

Aduh mang saya jadi ingin kasawah
Kesawah memandang hamparan padi
Hari ini terasa sangat indah
Setelah kesini bersilahturahmi

:)

Balas

baru tau saya kalo ada istila seperti ini di kalangan para petani .
hehe ,
padahal dulu ortu sy juga sempat berpropesi sebagai petani .

Balas

ish sampe kepikiran si mamang ng'postingin istilah istilah nanam padi deh ih....yakin ini artikel original satu satunya sedunia....keren mang

Balas

original pisang mang, saya bangga jadi orang subang. Subang Gotong ROyong SUbang maju :D

Balas

Nampingan = Tamping
Babut = Ndaut
Ngarambet = matun

nah itulah kang yang sedikit berbeda bahasanya dengan bahasa jawa di daeerah saya mang... namun tetap mirip hehehehe

Balas

wah banyak juga yah mang istilah dalam menanam padi, kalau mau jadi petani harus tahu istilah-istilah ini yah mang.
melihat gambar padinya menarik sekali yah mang hijau seger bikin mata jadi fresh :)

Balas

ayo dicatat dan dihapalkan.. sebentar lagi keluar lho saat ujian kenaikan tingkat

Balas

ternyata banyak banget ya master istilah-istilah dalam pertanian padi. Jadi tahu nich saya. Terimakasih banyak master atas pencerahannya :)

Balas

Ini sama persis yang saya lihat di desa saya Pak
Ternyata bekas abu padi yang di bakar itu sebagai pupuk ya, baru tau coy

Balas

Tidak muah menjadikan padi ya mang...kalau nanam padi maju keinjak dong mang...orang saya pernah nanam padi mundur saja langsung pada tidur semua kok mungkin kecapekan x ya

Balas

saya bercita-cita jadi petani, dan aakan mempelajarinya mang hehe

Balas

Sepertinya sangat asyik ya mang menjadi seorang petani, setiap hari selalu bergelut dengan tanaman hijau dan udara yang sangat segar

Balas

Utk menghasilkan beras aja butuh proses yg panjang. Trus ada bnyak istilah pada setiap tahap yg dilalui. Hebat dah para petani kita yg mau trs bersabar utk mendapatkan hasil yg bagus :)

Balas

Selamat pagi bang...

belajar bahasa subang asik bang, ini termasuk bahasa wewengkon, tiap wewengkon/daerah mungkin berbeda - beda, tapi satu tujuan hehehe

Balas

apalagi tujuannya pasti sama ya heheh

Balas

siip ya mas, kalau dapet belalang dan ikan banyak pas deh di makan bersama keluarga di saung ladang hehehhe.

Balas

tapi tetep Kang Asep pertamax dari Pontianak khan.

Iya kang kalau kegiatan diatas dihilangkan mungkin padinnya gak panen, la mau panen padi gimana la orang kegiatan Tandurnnya gak dilaksanakan heheheh

Balas

Mbak Pantun Cinta memang juara banget dah soal pantun... jempol..


Balas

Iya sob jangan cuma koruptor saja yang punnya istilah Tikus Berdasi, heheheh.

dulu saya cita - cita pengen menjadi Arsitek, eh sekarang meskipun dah tercapai walau cuma kerja orat - oret menghabiskan kertas, malah sekarang cita - cita pengen jadi PETANI hehehe

Balas

Tanpa pengawet dan pemanis buatan tentunya hehehe..

Balas

Wah mirip banget mas, tapi walau berbeda - beda tetep tujuannya sama khan?

Balas

Di daerah saya ada istilah macul (nyangkul) sama ngarit (panen) soalnya panenya pake arit he,,, trus ada lagi kalo pas mau panen banyak yang Janggol (nunggu padi dipanen ramai-ramai)

Balas

wah aku baru tahu.... soal istilah ini. di daerah saya nggak ada perkebunan padi soalnya

Balas

hehe, pantesan kalo tetangga saya ngomong soal ini, saya nggak paham. lha wong kamusnya yang bikin Mamang Yono.
ehh..

Balas

Lebih sip lagi, kalau saya diundang makannya ... hehehehe

Balas

di malangbong Ngawuluku / Ngalektor itu nyambut mang make munding nu montok N bahenol :D

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger