logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Membajak sawah dengan menggunakan Bajak

Sampurasun ... Rampes...# Pertanian. Di Tempat saya di Kampung Gardu desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia  sedang musim tanam padi, para petani sibuk Membajak sawah dengan menggunakan Bajak tradisional “luku” atau  Modern dengantraktor, istilah bajak bukan seperti bajak di kapal – kapal laut, atau pesawat yang pelakunya bermata satu atau dengan menutup matanya sebelah dengan menggunakan cangkang jengkol... hehehe. Tapi disini  Bajak atau luku adalah alat yang biasa digunakan petani untuk mengolah tanah mereka sebelum di tanami dengan cara membalik tanah atau menganduk – aduk tanah .
Membajak sawah dengan menggunakan Bajak tradisional “luku"

Berdasarkan falsafah jawa, alat yang bernama bajak - membajak ini pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga. 


Dan pada waktu itu petani sangatlah senang karena bisa mendapatkan teknologi baru untuk mengolah tanah mereka. Tapi sekarang petani sudah beralih menggunakan teknologi yang lebih modern yaitu traktor.

Membajaksawah dengan menggunakan Bajak tradisional “luku” atau  Modern dengan traktor hal ini di maksudkan agar kesuburan tanah sawah tetap terjaga walaupun sudah di tanami tanaman beberapa kali. Bentuk bajak sendiri biasanya berupa kayu berbentuk segitiga dengan disambungkan ke hewan-hewan untuk menarik bajak tersebut. Hewan yang dipakai untuk membajak sendiri biasanya yaitu hewan-hewan yang jinak tapi kuat. 

Membajak sawah dengan menggunakan Bajak tradisional “luku” atau  Modern dengan traktor


Seperti halnya sapi dan kerbau, bahkan pada waktu saya masih kecil ada juga yang membajak sawah dengan bajaknya ditarik oleh 2 orang, tapi sekarang sudah langka bahkan saya jarang melihatnya yang membajak menggunakan sapi atau kerbau, karena di kampung saya sudah tidak ada lagi yang piara sapi atau kerbau... 

Orang – orang sekarang sudah tidak tertarik lagi ternak sapi dan kerbau katanya lebih menguntungkan piara Babi atau Tuyul... # Semprul hehehe.

Dan ini vidio membajak sawah yang saya ambil vidionya hari Minggu 15 Desember 2013, yang kangen pada sawah atau belum pernah melihat orang membajak sawah, boleh tonton vidio ini, sengaja saya pasang vidionya dengan Responsiv , nah kalau untuk memasang vidio youtube biar responsip bisa sobat terapkan cara memasang vidio youtube responsiv dan seo

Yuk kita tonton vidio Youtubenya boleh ke alamat ini :



Atau bisa menonton langsung.
 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

31 komentar

kalo saya lebih suka bajak sawa pake mesin, karna bisa lebih efisien, dulu didesa saya juga ada bajak pake orang bukan pake sapi

Balas

kalo dikampung aku kang masih tradisional, kata mereka sih hasilnya lebih waw tapi agak memakan waktu :)

Balas

Selamat sore Mang Yono. wah keren Mang artikelnya tentang pertanian
Yang sekarang akan mulai turun musim tanam yah Mang salam sukses :)

Balas

Disini mah kalau bajak sawah sudah pakai mesin Mang, tapi kabupaten sebelah di pinrang dan sidrap misalnya masih pakai sapi :)

Dan tentunya jika menggunakan sapi petani jadi lebih bisa meminimalisir pengeluaran :)

Balas

Disini masih ada juga Mang yang menggunakan cara tradisional, seperti di kabupaten pinrang dan sidrap...karena menggunakan cara tradisional ternyata mampu meminimalisir pengeluaran hehehe :) soalnya kalau pakai mesin berarti harus bayar sewa :)

Balas

sekarang musiman ya mang ada yang suka bajak pakai sapi ada juga yang duka pake traktor semua pasti ada kelebihan masing2

Balas

Saya bagian membajak comment pagenya saja Mang, lebih asyik. Sayang di daerah saya tanaman padi kemarin hari kebanjiran, ludes. hehe

Balas

dulu juga tempat saya bajak sawah dengan luku mang, tapi sekarang tinggal manggil tukang traktor buat bajak, masalahnya yang melihara sapi juga sekarang jarang sih...

Balas

saya jadi kangenn kampung halaman mang... di kampung saya demak, tempat sunan kalijaga masih ada yang pake kerbau ada juga yang sudah pakai mesin juga...

Balas

iya sih mang,kasian juga ya sapi atau kerbaunya kalau anak cucu ketrunan mereka semua hidupnya cuma kerja bajak sawah terus. mereka kan juga perlu refreshing ya..hehehe

Balas

di desa saya, masih ada mang yg make cara tradisional dngn bntuan kerbau.. cuman beberap sih mang... artikelnya mmbuat saya ingt dngn desa saya mang :"

Balas

aroma bau lumpurnya itu loch mang yang sering bikin kangen ng'luku sawah teh....pokoknya ng'luku sawah makjleblah nikmatnya

Balas

Sekarang Jaman Modern Luku sudah tak terlihat
lagi di sawah melainkan Robot Mesin Traktor yang
Kerjanya cepat dan hasilnya lebih bagus. tapi saya
Kangen juga dengan suasana Jaman Dahulu Lho

Balas

saya lebih suka pakai cara kuno yaitu menggunaka luku dan kerbau,,,kalau sekarang pakai mesin dampaknya belut-belut mati,cacing yang bisa menggemburkan tanah mati akibat tumphan oli dan bensin,,,kalau bicara efisiensi waktu ,memang iyah sih,tapi harus dipikirkan juga dampaknya,,,

Balas

betul mbak Etika,saya setuju banget pokoke,,,

Balas

kalau pakai mesin aroma solar yang ada kang Lembu heuheuheu

Balas

iya mas sekarang dah jarang memakai yang tradisional luku...

kangen pengen naik lembu ya kang

Balas

iya kan kotorannya juga bagus buat pupuk

Balas

selamat pagi kang maaf baru bisa nongol disini ehhehe...

iya nih dah mulai sibuk nanam - nanam padi

Balas

iya betul juga saya juga setuju

Balas

betul juga mbak, tapi ditempat saya sudah jarang yang piara/ ternak sapi dan lembu

Balas

iya mbak Jenx masing - masing ada kekurangan dan kelebihannya... berbeda tapi satu tujuan hehe

Balas

hehehe silahkan mas, duh jadi gak panen ya mas

Balas

betul juga mas sekarang susah cari yang punya luku dan lembunya kalau dulu saya juga punya, tapi ya itu tadi ternak/pemeliharaannya lebih repot

Balas

kalau begitu pulang dulu mas hehehe...

wah masih ada ya mas yang pakai kerbau.

Balas

mainan lumpur ya mas heheeh

Balas

iya mbak sekali - kali dimanjakan ajak jalan - jalan ke mall hehehe

Balas

jadi mengenang ke desa ya mas, biargak lupa deh sama desa kelahiranya hehehe

Balas

hehehe kalau ng'luku lebih alami ya kang eheheh

Balas

saya setuju dengan kang dede, betul sekali kang dulu mau minum juga gampang tinggal nungging di sawah pakai sedotan dari pohon padi, sekarang waaah takut hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger