logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman daun berjari ini namanya Philodendron / Pohon Cinta

Tanaman daun berjari ini namanya Philodendron / Pohon Cinta 

Sampurasun … Rampes. Masih tentang Bunga di sekitar rumah saya nih, setelah kemarin - kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema, Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau, sekarang mau coba menulis tentang tanaman sejenis talas .. hehehe. Awal nanam tanaman ini saya tidak tahu namanya, eh setelah tumbuh dan besar banyak orang yang bilang nama dari Tanaman daun berjari ini namanya Philodendron / Pohon Cinta  dan untuk meyakinkan rasa penasaran, saya mencoba mencari di Google dan ternyata ini tumbuhan namanya Philodendron tumbuhan yang berasal dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies salah satunya jenis yang saya tanam ini daunnya lebar dan seperti jari – jari, mungkin sobat – sobat pernah melihatnya tanaman ini di perkantoran, hotel – hotel atau di Mall. 

Tanaman daun berjari Philodendron / Pohon Cinta Ini anakannya di kasih teman sekantor di daerah Jakarta pada waktu 5 tahun yang lalu, waktu saya tanam sih tidak segede dan setinggi ini, tingginya kira – kira 15 Centimeter, saya langsung mengambil dari idukannya.

Tanaman daun berjari ini namanya Philodendron / Pohon Cinta
Tanaman daun berjari ini namanya Philodendron / Pohon Cinta

Menurut keterangan yang saya baca tanaman ini namanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philo ("cinta") dan dendron ("pohon"), Philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau taman.


Tanaman daun berjari Philodendron / Pohon Cinta adalah tumbuhan yang banyak dijumpai di hutan tropis seperti di Indonesia. Biasanya tumbuh di tempat-tempat yang lembap di daerah selangkangan … # Semprul eheheh, yang betul biasa tumbuh  di rawa, tepi sungai.
Tanaman Philodendron / Pohon Cinta
Tanaman Philodendron / Pohon Cinta  - Mang Yono
Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa dilakukan oleh peng-hobby tanaman hias dalam memperbanyak philodendron / pohon cinta secara vegetative dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu :

Cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan dalam memperbanyak philodendron adalah dengan Menunggu Indukan bertunas dan memisahkan anakan, tetapi sayangnya tidak semua jenis philodendron tumbuh merumpun. Ada beberapa jenis philodendron yang tumbuh tunggal sehingga tidak memiliki anakan yang bisa dipisahkan. Maka di lakukan lah cara Stek batang atas, Stek batang bawah.


Apabila anda menemukan philodendron anda tumbuh anakan dan anda ingin memisahkannya, maka anda perlu menunggu sampai anakan itu memiliki setidaknya 4 helai daun, dan perakaran sudah cukup.


Cara memisahkannya adalah dengan memotong bagian pangkal batang anakan, upayakan agar akar-akar yang masih muda jangan sampai putus. Kemudian oleskan fungisida pada luka bekas potongan. Tanam anakan philodendron yang baru dipasahkan tadi di media baru, dan letakkan di tempat yang teduh.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

30 komentar

Pertamax di amankan dulu Mang :)

Balas

Daerah selangkangan termasuk propinsi mana ya Mang,,,
Hebat mang yono nyari pohon cinta sampe ke situ, pasti daerahnya masih semak belukar :D

Balas

simak dengan seksama Mang Yono artikelnya
sudah kelas atas dan lebih ke Ir Pertanian budidaya tanaman
Nih Mang salut deh saya sama Mang Yono salam sejahtera :-bd

Balas

banyak juga koleksi tanamannya mang :)

Balas

silahkan pertamaxnya mas... mumpung masih ada hehee

propinsi cilogak kabupaten cilegok mas hehehe

Balas

silahkan di comot kang... maklum kan orang kampung, kebetulan saudara ada yang lulusat dari pertanian, jadi baca - baca bukunnya sikit hehehe

Balas

masih banyak kang nanti deh saya tulis, termasuk rumputnya juga ehhehe

Balas

kang, jualan bunga juga yaa? banyak bangett soalnya :D

Balas

Kok gak dijelaskan cara stek batang atas dan stek batang bawah ?, jadi penasaran ...

Balas

jangan nulis tentang rumput, khan lebih hijau rumput tetangga .. hehehehe

Balas

Mang Yono jualan macem-macam mbak .., klepon, nasi liwet, dll

Balas

asyiik saya juga punya. cuma kayaknya nggak tahan sinar ya Mang

Balas

dulu di rumah ibu ada mang, kena banjir mati semua, tinggal yang warna daunnya ungu itu lho mang, namanya di sinti sente

Balas

jaman bunga ini buming tahun 2004 an, sempet berburu sampe ke jawa tengah, sekalian berburu gelombang cinta, sekarang mah philodendron hasil buruan itu terbengkalai dihalaman belakang tuh....

Balas

waduh, lama nggak kemari udh keren aja, nih mamang.

btw, ngomong2 soal nama philodendron kok jd keinget Rafi ahmad yak?

Balas

yg keren tuh yg mmbuat smp bs booming kyk gitu ya, kang.

Balas

padahal pohonya kaya gitu doang, apa mungkin saya emang kurang suka :D

Balas

ih.. lucu daunnya..
saya s3ring liat ni tanamannya,tapi baru tahu namanya setelah baca artikel punya mamang ini..
nantilah kalau sudah punya rumah sebdiri saya mau nanam ini,hehehe

Balas

namanya juga blog gado gado mas Dwi, hehehe... blog serba ada.. mau nulis tentang SEO dan Kode - kodean malah saya kurang ngerti kalau maksain nanti malah menyesatkan pembaca ...heheeh

Balas

mungkin lebih baik tannya ke pakarnnya mas ehheeheh

Balas

iya mas kalau terlalu tumbuhnnya kerdil dan susah gemuk heheeh... tapi saya nanamnya malah di tempat panas hehehehe

Balas

oooh malah saya gak punnya mas kalau di rumah boss sih ada jenis Santa Ungu itu ya, satu grup sama ini mas hehehe

Balas

iya kang giliran dah punnya malah hargannya anjlok hehehe... seperti bos saya sampai ke Thailan nyari bunga... sekalian jalan - jalan hehehe

Balas

yang itu saya otak atik pada error mas,ehhehe.


rupannya ada fansnya Rafi ahmad heheehe

Balas

iya kang memang pohonnya gak menarik gak enak di oseng - oseng lagi heheeh

Balas

iya mbak di depan mall suka ada atau di depan pintu gerbang tol hehehe

Balas

asyik ternyata ada juga ya tanaman cinta. Bisa love-lovean ya master hehehe :D

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

mang maaf mohon di bantu mengenai http://pohon-dendrum.blogspot.com/

Balas

artikelnya bagus dan sangat bermanfaat bagi kami, saya dari kebun bibit mau menawarkan tanaman Philodendron dengan daun yang indah, bila anda minat bisa kunjungi web / link kami http://kebunbibit.id/tanaman-indoor/

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger