logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat

Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat

Sampurasun.... Rampes... Setelah kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Cara mengetahui ciri dari jamur liar yang beracun atau tidak  . Nah dalam tulisan kali ini mau sedikit berbagi tentang Berburu Jamur Barat atau jamur suung bulan

Jamur su’ung Bulan atau biasa disebut juga dengan Jamur barat karena jamur liar ini muncul pada musim penghujan ketika angin barat berhembus. Maklum, jamur ini memang digemari. Jadi banyak yang berburu jamur Su’ung ini misalnya tetangga saya yang suka berburu jamur di kebun – kebun sampai dapet 1 ember yang ukuran diameter 30 centimeter sampai penuh jamur.


Nama lain dari jamur ini banyak yang bilang juga dengan nama Supa Barat, Jamur Bulan, Su’ung Bulan, atau Supa Bulan. Jamur ini memang hidup di musim penghujan terutama ketika berhembus angin barat. Jamur barat sering tumbuh di tegalan, kebun, atau di sekitar taman Rumah , terutama di tanah yang kandungan organic dan humus tanahnya sangat baik.



Ciri-ciri jamur barat ialah berwarna putih kekuning-kuningan atau kecoklatan dengan batang putih bersih. Biar lebih jelas, bisa dilihat digambar hasil jepretan saya


Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat

Jamur ini memang belum dibudidayakan. Bukan tidak mau, tapi kalau salah bibit jamurnya bisa – bisa menjadi jamur beracun katanya. Jadi harus menemukan cara budidaya yang tepat


Jadi sekarang ini di tempat atau daerah saya kalau mau menikmati olahan jamur Barat harus menunggu angin barat datang seperti sekarang ini dari semalem hujan turun gak henti dan hembusan angin barat.

Ternyata eh ternyata yang terkandung dalam Jamur katanya kaya banyak vitamin dan mineral.

Makan supa su;ung bulan


Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat dalam pengolahannya  dapat dicampur dan dimasak dengan campuran makanan lainnya serta dapat memberikan "Rasa gurih", pada makanan yang dicampur dengan jamur  terasa lebih enak.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

Kalau saya belum pernah Kang sampai berburu jamur. Berarti perlu ketelitian juga ya Kang dalam menannam bibit jamur ini agar tidak beracun.

Salam,

Balas

Kalo dirumah namanya jamur apa ya kang saya lupa, tapi saya juga pernah makan jamur itu kang enak banget apalagi ditumis hempt (sampe ngiler deh)

Balas

Kalau di kampung saya yang dibudidayakan yang dari pembusukan merang nggak tau nama jamurnya sebab nggak pernah makan

Balas

Dlu sy sring cari jamur barat kalau lagi waktunya ..memang enak skli klo di masak..

Balas

berhubung manuk manuk di tempat saya dikandangin mang, yah.. supa su'ungnya sekarang jarang dijumpai mang :D

Balas

Saya terkadang menjumpainya tumbuh sendiri di pekarangan rumah, biasanya saya tunggu biar gedhe, lalu saya ambil dan saya masak tumis, saya suka sekali dengan jamur ini. rasanya kayak daging cumi. kenyal2, he he..

Balas

Belum pernah makan jamur mas soalnya jarang ditempat saya ada makanan berbahan jamur tapi katanya tanaman jamur yang khusus olahan makanan sangat tinggi gizinya

Balas

Bentuknya kayak bunga ya mang ..., saya hobi makan jamur tapi karena sudah mateng gak pernah tahu bentuk asli jamurnya kayak apa ..

Balas

wah.. baru tau ni, kalau salah dalam membudidayakan malah bsa membahayakan yg makan.. gak taunya kandungan gizinya tinggi mang..

Balas

wahh manteb pisan suungmah mang

Balas

Gak suka nyari .. tp makannya suka

Balas

selain rasanya gurih juga terkandung manfaat yg bagus buat kesehatan ya mang :)

Balas

sama mas..
toss dong ya :)

Balas

haha...ketauan mas isnaeni suami superr sibuk nih :)

Balas

saya biasanya hanya di kukus pake daun pisang mas hehehe enak tuh kayaknya :D

Balas

Di belakan rumah saya di Delanggu Klaten Lagi numbuh banyak sekarang,....

Balas

Kapungkur mah, waktos sim kuring budak keneh, sering pisan mendakan suung bulan teh di pipir rorompok, di sisi kebon, dina galengan, atanapi dina ruyuk. Di sagedengeun eta sok rajeun oge mendakan suung kidang, suung tikukur, suung pare, sareng suung rampak. Kiwari mah sesah pisan mendak eta suung teh, duka kunaon tah margina. Manawi Mang Yono tiasa masihan pamendakna? Hatur nuhun Mang...

Balas

kade kang bisi patukeur sareng supa mabok huhehehhe kamari di buruan imah abi seueur aya 3 gelenteng

Balas

Kalo saya ditumis,kuanya saja yang saya makan sama nasi sudah mantap,klo jamurnya,sayang kalo dimakan,soalnya nyarinya susah,gk juga dijual dipasar butuh waktu 1 tahun.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger