--> Skip to main content

Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat

Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat

Sampurasun.... Rampes... Setelah kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Cara mengetahui ciri dari jamur liar yang beracun atau tidak  . Nah dalam tulisan kali ini mau sedikit berbagi tentang Berburu Jamur Barat atau jamur suung bulan

Jamur su’ung Bulan atau biasa disebut juga dengan Jamur barat karena jamur liar ini muncul pada musim penghujan ketika angin barat berhembus. Maklum, jamur ini memang digemari. Jadi banyak yang berburu jamur Su’ung ini misalnya tetangga saya yang suka berburu jamur di kebun – kebun sampai dapet 1 ember yang ukuran diameter 30 centimeter sampai penuh jamur.


Nama lain dari jamur ini banyak yang bilang juga dengan nama Supa Barat, Jamur Bulan, Su’ung Bulan, atau Supa Bulan. Jamur ini memang hidup di musim penghujan terutama ketika berhembus angin barat. Jamur barat sering tumbuh di tegalan, kebun, atau di sekitar taman Rumah , terutama di tanah yang kandungan organic dan humus tanahnya sangat baik.



Ciri-ciri jamur barat ialah berwarna putih kekuning-kuningan atau kecoklatan dengan batang putih bersih. Biar lebih jelas, bisa dilihat digambar hasil jepretan saya


Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat

Jamur ini memang belum dibudidayakan. Bukan tidak mau, tapi kalau salah bibit jamurnya bisa – bisa menjadi jamur beracun katanya. Jadi harus menemukan cara budidaya yang tepat


Jadi sekarang ini di tempat atau daerah saya kalau mau menikmati olahan jamur Barat harus menunggu angin barat datang seperti sekarang ini dari semalem hujan turun gak henti dan hembusan angin barat.

Ternyata eh ternyata yang terkandung dalam Jamur katanya kaya banyak vitamin dan mineral.

Makan supa su;ung bulan


Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat dalam pengolahannya  dapat dicampur dan dimasak dengan campuran makanan lainnya serta dapat memberikan "Rasa gurih", pada makanan yang dicampur dengan jamur  terasa lebih enak.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments