--> Skip to main content

Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama.

Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama.

Sampurasun ...... Rampes....  Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama. Pada saat-saat tertentu timbul keinginan kita untuk mengecat ulang atau merubah warna cat dinding rumah dengan pengecatan sendiri, tapi kadangkala kita terbentur biaya dengan mahalnya cat dinding rumah yang berkualitas dan bagus, untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Kalau kita membeli Cat dinding / cat tembok yang harganya murah seringkali kita dihadapkan oleh kualitas yang rendah, dimana hasilnya kurang kuat dan kurang tahan lama, mudah mengelupas, mudah menggelembung, meninggalkan saat lengan atau pakaian kita pada waktu menyenggolnya atau bersandar pada dinding rumah dan apabila kotor pada dinding kita bersihkan catnya malah catnya yang hilang dan rontok.

Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama.
Nak berikut ini Blog Mang Yono akan sedikit berbagi tentang Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama, cara saya ini hampir menyamai Cat dinding yang berkualitas yang harganya mahal, setelah sebelumnya saya pernah menulis tentang Cara Pelitur kayu atau perabotan Rumah supaya mengkilap dan kinclong.

Cara saya ini menggunakan tekhnik oplosan cat dindingnya, boleh sambil goyang oplosan... heheheh.

 Yuk kita simak langkah langkah mengoplos  cat dinding atau cat tembok:
(1). Beli cat dinding / cat tembok yang harganya murah kalau urusan warna dan merek itu terserah sobat dan jumlahnya juga terserah sobat, tentunya sesuai kebutuhan sobat juga, tapi saya misalkan disini saya menggunakan cat tembok 1galon  atau sekitar 5kg.
(2). Lem kayu sebanyak 2kg ini untuk dicampur  untuk 1galon cat.
(3). Ember atau galon kosong untuk mencampur cat.
(4). Alat pengaduk ini terserah sobat mau memakai alat apa, asal jangan menggunakan tangan langsung saja ya, nanti susah dibersihkan tangannya hehehe.

Untuk langkah pengerjaan mencampur atau membuat oplosannya sebagai berikut:

(1). Cairkan lem kayu dengan air dan aduk sampai lem encer.
(2). Tuangkan kedalam Cat dinding yang sudah dituangkan ke ember atau galon kosong  secara sedikit demi sedikit  sambil diaduk secara merata.
(3). Nah sekarang cat dinding siap digunakan.

Nah, untuk tahap pengecatannya sekalian disimak ya?. Yuk, langsung :
Siapkan bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan untuk pengecatan tembok rumah sobat.
(1). Cat dinding hasil Oplosan / campuran tadi.
(2). Kertas koran dan lakban untuk penutup bagian yang tidak mau terkena cat.
(3). Spons dan detergent pembersih.
(4). Kuas cat ukuran 3 “ dan Roller bar.
(5). Ember atau galon cat untuk tempat cat tembok.

(6). Alat pengaduk ini terserah anda mau menggunakan apa.

Cara - cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama.


Langkah untuk pengecatan temboknya sebagai berikut:
(1). Langkah pertama, bersihkan tembok terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan. Membersihkan  kotoran, debu, minyak, atau noda di dinding sehingga hasil maksimal bisa Anda dapatkan, karena kalau tidak dibersihkan nanti malah terkelupas cat lamanya atau hasilnya tidak maksimal. Untuk membersihkan dinding, bisa menggunakan spons yang sedikit dibasahkan campuran air dan deterjen. Kalau ada noda yang agak sulit , Anda bisa menggunakan sikat dengan bulu agak kasar.

(2). Lindungi permukaan bingkai jendela , Pintu dan bagian bawah dinding dekat lantai dengan menggunakan kertas koran bekas dengan ditempel memakai lakban.. Ini gunanya adalah ketika pengecatan selesai Anda bisa dengan mudah mengelupaskan kertas koran atau lakban yang ditempel, tanpa meninggalkan noda cat di mana-mana.

(3). Sruuuput kopi dulu ... atau es teh manis ... biar seger ... Hehehe

(4). Ampelas dan gunakan cat dasar. Melakukan pengampelasan sebelum pengecatan bisa saja Anda lakukan, hal ini berguna untuk menghilangkan warna yang telah dicat sebelumnya, dan untuk mendapatkan hasil warna dinding yang rata.  Begitu pula dengan pengecatan warna dasar biasanya yang digunakan cat dasar putih, memang kebanyakan orang menganggap pengecatan warna dasar tidak perlu dilakukan lantaran dari segi biaya dan kemubaziran. Tetapi warna dasar bisa sangat membantu warna untuk mengaplikasikan cat, sehingga hasil finishing bisa terlihat maksimal apalagi dengan cat yang murah tapi dengan kualitas yang bagus .

(5). Cat di bagian yang sulit. Mulai terlebih dahulu bagian yang sulit dijangkau dengan alat roller bar, seperti sudut antara dinding dan lantai, dekat bingkai jendela, dekat kusen, dan lengkungan lainnya. Dengan begitu, hasil cat akan terlihat lebih rapih, dan tidak ada cemoreng cat di bagian yang tidak diinginkan.

(6). Mulailah pengecatan dari sudut tembok yaitu sobat mulai dari atas sampai dengan bawah dinding.

(7). Lepaskan lakban dan kertas koran yang melindungi dinding dekat bingkai jendela atau kusen, kemudian  lakukan pengecatan dengan menggunakan kuas ukuran sekita tujuh senti. Cat perlahan dan hati-hati supaya tidak mencoreng kayu bingkai.

Untuk Pengecatan yang berkualitas anda bisa mempercayakan kepada Ahlinya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
1 Comments