logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Khasiat dan manfaat dari tanaman Hanjuang

Khasiat dan manfaat dari tanaman Hanjuang

Sampurasun .... Rampess... Tanaman ini kalau menurut saya bentuknya kurang menarik  tapi tetap saya tanam di pekarangan rumah saya karena banyak Khasiat dan manfaat dari tanaman Hanjuang .Tanaman hanjuang memiliki bentuk tegak, jarang bercabang, dengan kisaran tinggi 3 sampai 5 meter. Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar atau perbatasan pekarangan / tanah, tanaman pelindung tanaman penopang buah naga saya, pembatas blok pada sawah dan  ladang. 

Daunnya berbentuk lanset lebar memiliki variasi warna merah tua, merah kecoklatan atau cuma hijau saja. Tanaman ini mempunyai bunga yang berbentuk malai dengan ukuran panjang sekitar 30 cm, berwarna hijau keunguan atau kuning muda. Adapun bentuk buah hanjuang menyerupai bola dan berwarna merah. Selain daun hanjuang dapat dipakai sebagai pembungkus makanan daunnya menurut hasil penelitian memiliki kemampuan antibakterial silahkan cari di Mbah Google ya.... Hehehe.
Berhubung yang komentar pada penasaran tentang tanaman Hanjuang ini nih potonya hehehe

Pembudidayaan tanaman hanjuang dapat dilakukan dengan cukup mudah yaitu menggunakan cara stek batang. Cara stek digunakan dengan memakai batang tanaman yang keras sepanjang 5-10 cm. Tanaman hanjuang mudah untuk dipelihara.
Beberapa bagian tanaman hanjuang yang dapat digunakan untuk pengobatan  adalah bunga, akar dan daun.

Khasiat dan manfaat dari tanaman Hanjuang  katanya bisa untuk mengobati.

(!). Mengobati TBC Paru Dengan Batuk Berdarah
Daun kering 15-30 gram, atau bunga kering 9-15 gram atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum.


(!!). Menstruasi Yang Banyak, Air Kemih Berdarah dan Wasir Berdarah
Cara meramunya sama dengan No. (!)


(!!!). Mengobati Nyeri Lambung dan Mengobati Nyeri Ulu Hati
Cara meramunya sama dengan No. (!)

(!V). Mengobati Air Kemih Berdarah dan Mengobati Tidak Menstruasi
Daun segar 60-100 gram atau akar 30-60 gram direbus dan diminum

(V). Mengobati Radang Gusi
Kulit pohon hanjuang dikikis, diberi garam sedikit dan dioleskan pada tempat yang sakit.

PERHATIAN : Wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi tanaman obat ini karena merupakan ancaman keguguran.

Demikian manfaat dan khasiat lain tanaman hanjuang yang saya ambil atau saya baca di Google atau buku herbal atau kata para tetangga yang suka minta daun hanjuang ke saya.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

19 komentar

tapi di tempat saya sayangnya tidak ada pohon ini bang

Balas

yang kayak apa yang mang tanaman hanjung itu

Balas

Kayaknya aku belum pernah menjumpai, Mang...seperti apa ya?

Balas

Saya penasaran dengan tanaman yang namanya Hanjuang karena diatas tidak ada gambarnya,

Balas

saya belum pernah menjumpai tanaman ini kang :)

Balas

beruntung sekali saya alhamdulilla sehat, jadi tak perlu makan hanjuang :)

Balas

tanaman ini nama sundanya hanjuan ya mang , kalau nama indonesianya apa mang ?

Balas

baru tahu pohon beginian
mksh mang atas infonya

Balas

Kok gak ada poto-nya mang, saya masih belum tahu seperti apa tanaman hanjuang ..

Balas

Mang Yono mungkin bisa lebih lengkap lagi kalo ditambah foto mang, soalnya saya g tau pohonnya yang seperti apa mang.

Balas

hanjuang ya Mang? kayak nama pabrik aja ya

Balas

keren mas, makasih udah share artikelnya! sukses selalu! ..

Balas

tolong gambarnya diperjelas, mang

Balas

Ini yang biasanya suka ada ada di kuburan2 yah mang? >.< aya khasiatna oge ningnyaa ^^

Balas

Tapi kalau makan nasi tetep khan mas ...?

Balas

hehehe mungkin belum melihat pohonnya ya mas, saya lambat uplod potonya eheheh

Balas

itu tuh seperti poto di atas Mbak jenx hehehe

Balas

Kalau seperti gambar sering menjumpai tapi gak tau namanya

Balas

Dilihat dari banyaknya manfaat dan khasiat bunga/pohon Hanjuang ini, bisa saya katakan, ini mirip bunga Bank Danamon di Daan Mogot (dekat tempat tinggal saya), yang ada logonya "WU", dan yang ada mbak cantik yang suka tanya-tanya sama Mang Yono. betul nggak Mang Yono?. Bunga/pohon yang selalu dapat membuat Mang Yono gembira dan sehat wal'afiat. hehehe... :-) :-)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger