logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menanam, pembibitan atau semai mengkudu / Pace supaya cepat tumbuh

Cara menanam, pembibitan atau semai mengkudu / Pace supaya cepat tumbuh

Sampurasun ...... Rampes... Dengan banyaknya khasiat buah mengkudu, banyak orang yang mulai menanam mengkudu di kebun – kebun, bahkan ada yang sengaja membuat kebun di sawah yang tadah hujan. Dalam postingan kali ini Blog Mang Yono mau sedikit berbagi tentang Cara menanam atau semai mengkudu / Pace supaya cepat tumbuh.

Ingin tahu bagaimana cara menanamnya? Ini dia langkah-langkah menanam buah mengkudu, kalau menurut saya cara ini sudah betul, tapi tidak tahu menurut Sobat apakah cara ini sudah betul apa belum bahkan salah patal ... heheheh.

Cara menanam atau semai mengkudu / Pace supaya cepat tumbuh
Pohon dan buah Mengkudu / Pace

(1). Ambil biji buah mengkudu yang mau di jadikan bibit.
http://mangyono.blogspot.com
(2). Potong sedikit ujung biji mengkudu dengan gunting, hal ini  untuk mempercepat pertumbuhannya setelah disemaikan. Jika tidak melakukan hal pemotongan ujung biji maka pohon atau tunas baru akan tumbuh setelah kemudian ... hehehe. .
http://mangyono.blogspot.com
(3). Siapkan media untuk penyemaian mengkudu, untuk media bisa menggunakan Arang sekam padi, tanah yang subur kira – kira 3/4 bagian dari tinggi wadah penyemaian. Lalu masukkan benih mengkudu dengan memberi jarak beberapa centimeter antara biji satu ke biji lainnya..
http://mangyono.blogspot.com
(4). Sirami benih di penyemaian mengkudu dengan menggunakan semprotan air setiap hari. 
http://mangyono.blogspot.com
(5). Setelah benih tumbuh itu baru pindahlah pada pot tersendiri, namun jangan berikan tanaman ini cahaya matahari yang penuhdulu sebelum usianya mencapai 1-2 bulan.
http://mangyono.blogspot.com
(6). Pindahkan tumbuhan ini pada daerah yang permanen, setelah tingginya sudah mencapai sekitar 10 cm dengan batang kayunya yang telah terbentuk. Berikan pupuk secara teratur. 
http://mangyono.blogspot.com
Buah mengkudu akan berbuah  setelah sekitar 3 tahun taoi tergantung tempat dan lokasi tanahnya ding. bisa cepat bisa juga lambat... hehehhe

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

gak suka sama mengkudu saya mang

Balas

Mamang, katanya mengkudu enak dibikin rujak ya? saya belum pernah nyoba sih...hamdalah di tempat kami banyak pohon mengkudu, tumbuh liar begitu aja, nggak dibudidayakan.

Mang, kalau distek atau cangkok bisa nggak sih?
kalau menyemai benihnya di polibek bisa nggak?

Balas

Kalau rujak bebeg sama mengkudu dan pisang klutuk, enak banget mbak Khusna, dulu waktu kecil ibu sering bikin ..

Balas

Ternyata harus dipotong ujungnya pake gunting biar cepat tumbuh ya mang, seperti disunati ya ..? hehehe

Balas

Mamak saya juga sering bkin Mas, tapi saya ndak mau nyicip...bau e itu lho, aneh

Balas

iya Mas, buktinya anak-anak yang habis disunat tuh terus tampak cepet tinggi...

Balas

Untuk diambil bijinya, itu buah mengkudu yang masak atau yang belum masak, Mang?

Balas

Ha ha ha...ada ada saja!

Balas

padahal banyak manfaatnya loh mas

Balas

nah buaty rujakan saya suka juga rujak mengkudu ya ng masih mengkel, rujak bebeg atau rujak coel lsama enaknya ehhehe... tapi cuma sedikit yang suka... di cangkok atau distek saya belum pernah mbak, kalau semai dipolybeg sepertinya bisa...

Balas

hahaha iya juga kata mbak KK, soale kalau gak dipotong ujungnya tuh tumbuhnya bisa berbulan - bulan..

Balas

tentunya yang masak kang biar gampang ngambilnya, kalau yang belum masak jadi susah ngambilnya eheheh

Balas

Dari dulu bila bikin pembibitan saya kurang betah Kang, kenapa ya ?

Salam

Balas

Mah saya kurang suka dengan mengkudu mang. Nggak tau kenapa kalau mencium bau mengkudu mau muntah mang.. Kenapa ya.??

Balas

usia penyemaian 30-40 hari barulah biji mengkudu berkecambah... dan bisa juga dengan stek batang... sy pya stock mengkudu ukuran 10-15 cm @2.500/batang hp : 08563636868

Balas

Terimakasih ulasannya Kang, saya mau mencoba di lahan pasir pantai di sekitaran KebonCemara kawasan wisata Pantai Voa Cemara

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger