logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Halaman Rindang Dan Berbunga, Burung Datang Dan Bersarang.

Halaman Rindang Dan Berbunga, Burung  Datang Dan Bersarang. 

Sampurasun .... Rampes .. Halaman Rindang Dan Berbunga, Burung  Datang Dan Bersarang. Blog Mang Yono kali ini tidak mermaksud membahas tentang Momen Imlek yang banyak penjual burung pipit atau tentang pelepasan burung ke alam bebas yang menjadi simbol welas asih bagi umat Budha. Tetapi saya mau sedikit bercerita tentang burung pipit, Burung pipit adalah burung kecil berparuh pendek pemakan biji-bijian.

Nama latin burung pipit yang saya peroleh dari baca – baca yaitu mempunyai nama Lonchura punctulata. Kalau sepintas burung pipit mirip dengan burung gereja. Nama lain burung pipit di Indonesia adalah Pi’it, Emprit atau Bondol. Burung pipit tubuhnya tidak besar, dengan panjang tubuh antara 10 -12 cm.

Burung pipit di halaman rumah mang yono
Burung Pi'it / Pipit
Mengagumi indahnya berbagai jenis burung memang sangat mengasikan, meskipun saya tidak mempunyai piaraan burung, tetapi setiap pagi suara burung berkicau yang terbang bebas kian kemari dapat dinikmati di pekarangan rumah. Jika diamati dengan seksama, beberapa jenis burung senantiasa berada di sekitar kita. Mereka memang merupakan jenis-jenis yang umum ditemui di pemukiman dan kerap kali mampir untuk sekedar bercengkrama, mencari makan, bahkan untuk tidur dan bersarang di pekarangan rumah.
Halaman Rindang Dan Berbunga
Sarang  Burung Pipit dipohon Bunga Melati Belanda

Pi’it Coklat adalah jenis burung pipit yang cukup bersahabat dengan manusia bahkan burung Pi’it Coklat ini yang suka berkunjung ke taman pekarangan Rumah saya, tapi bukan hanya berkunjung saja, tetapi burung Pi’it Coklat membuat sarang di antara rindangnya bunga melati belanda yang ditanam dan tumbuh di depan rumah saya atau tepatnya pada bunga yang merambat di kanopy depan rumah saya.

Halaman Rindang Dan Berbunga, Burung  Datang Dan Bersarang-Blog mang yono
Sarang Burung Pi'it / Pipit di Kanopi Rumah Saya

Burung pipit biasanya tinggal di area terbuka di dekat sumber makanan mereka dimana terdapat banyak tanaman atau sawah atau padang rumput. Sarang burung pipit biasanya di atas pohon pada ketinggian lebih dari 3 meter, termasuk di depan rumah saya ini tinggi sarangnya dari permukaan tanah sekitar 3 meter. Pohon-pohon yang biasanya dipilih sebagai tempat membuat sarang adalah Pohon Pinang, Pohon Kelapa, Pohon Jambu Air, Pohon Mangga, jengkol, pohon bambu atau pada Pohon Palem yang aman dari jangkauan pemangsa seperti kucing rumah. Tetapi di halaman rumah saya ini burung pipit sengaja membuat sarang di pohon Bunga Melati Belanda, mungkin sambil menghirup wangi bunga ya... hehehe.

Sarang Burung pipit di halaman rumah-Blog mang yono
Sarang Burung Pi'it / Pipit dari rumput kering dan sabut kelapa
Mengundang burung - burung ke pekarangan kita bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan, bagi orang yang sudah mengetahui tentang kesukaan burung - burung. Karena burung memerlukan beberapa hal mendasar seperti tempat berlindung dan bersarang, makanan serta air.

Kalau kita menginginkan Burung – burung berdatangan ke halaman rumah kita, yaitu dengan cara menanam pohon buah dan bunga-bungaan cara ini salah satu cara yang jitu untuk menarik perhatian burung. Pepohonan dan berbagai jenis bunga di pekarangan rumah tentu saja akan mempercantik halaman rumah kita. Pohon-pohon itu merupakan komponen yang penting dalam menarik perhatian burung-burung untuk mengunjungi pekarangan kita.

Kerimbunan pohon buah-buahan, seperti Pohon Jambu AirPohon Rambutan, dan Pohon Mangga adalah tempat yang menyenangkan bagi burung-burung untuk bertengger dan bersarang. Begitu juga dengan kehadiran berbagai jenis bunga seperti Bunga Asoka, Bakung, Pohon Palem, Bugenfi, Pandan Wangi, Melati Belanda, Pohon Suji, Tanaman anggur, Jeruk Bali, Sarikaya dan lain sebagainya. Semakin beragam jenis yang ditanam, semakin banyak pula jenis burung yang datang.\

Telur Burung pipit di halaman rumah-Blog mang yono
Telur Burung Pi'it / Pipit baru 2  ( dua) buah

Tanaman bunga dan pepohonan yang beraneka ragam dan jenisnya merupakan daya tarik bagi berbagai macam serangga yang merupakan makanan favorit bagi beberapa jenis burung atau tempat berteduh dan membuat sarang bagi burung.

Di daerah saya atau tepatnya daerah Sunda, Jawa Barat, pekarangan dibagi menjadi tiga bagian. 

Halaman depan disebut buruan yang biasanya ditanami dengan tanaman hias atau bunga – bunga yang cantik serta ditanami tanaman buah sebagai elemen “main entrance” atau semacam “welcome area”. 

Halaman samping disebut pipir yang biasanya ditanami tanaman produktif untuk baik buah maupun obat-obatan. 

Halaman belakang biasa disebut kebon yang ditanami pohon buah-buahan, bumbu, obat-obatan serta sayuran.

Konsep pekarangan yang sempurna sangat baik dalam menghadirkan habitat mini bagi hidupan liar. Pekarangan yang ditumbuhi oleh tanaman pemikat burung secara otomatis akan menghadirkan burung dan juga satwa liar lainnya seperti kupu-kupu, kumbang, maupun kelelawar.

Musim kawin burung pipit sesuai yang saya baca katanya terjadi pada musim hujan. Burung pipit akan membuat sarang yang terbuat dari rumput kering dan sabut kelapa. Sarang mereka berbentuk bulat seperti bola dengan lubang di satu sisinya untuk tempat induk keluar masuk.
Burung pipit akan bertelur sebanyak 5 - 8 butir dan telur mulai dierami setelah telur ketiga dikeluarkan, nah berhubung sarang yang di pohon bunga Melati belanda di halaman rumah saya, saat saya intip dan jepret baru bertelur 2 , jadi belum dierami mungkin hari besok mulai dierami. Telur burung pipit berwarna putih.

Nah, sampai jumpa lagi ya sobat pada episode yang akan datang tentang burung yang bersarang di Halaman berbunga di halaman rumah saya.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

Amankan PERTAMAX dulu
Iyesssssssssss

Balas

Saya sering liat memang rumah yang ada sarang burung di genteng atapnya. Hmmm. Namun yang sering saya liat sih rumah untuk dijadikan Sarang Burung Walet

Balas

saya sama temen2 mlah bongkarin sarang brung pipit dlua, tp skrg udh gak..

Balas

burung ini sering saya jumpai di sawah mang..sama namanya si pipit...

Balas

dapat sarang burungnya tuh, suhu

Balas

Biasanya saya lihat cuma terbang sekitar pekarangan mang sebab ditempat saya banyak sekali anak2 dan kalau lihat saja burung buat sarang langsung di intai

Balas

di daerah ane banyak banget burung ginian mang.. maklum ndes.. tapi mereka ini bandel suka nongkrong sambil ngopi diatas padi.. hehe

Balas

selama ane di kota jarang banget keliyatan burung imut ini gan.. yang ane liyat malah kebanyakan burung gagak..hehe apa mentang2 di tengah kota dia lagi fashion show ya? :D

Balas

Jadi teringat waktu kecil dulu, berburu dengan ketapel hasilnya dipanggang rame-rame.

Balas

Ish, keren nya rumah Mamang ini.. Ada sarang pipit di rumah nya :)

Balas

tentu akan memberi rasa nyaman dan sejuk ya kang, kalau halam rumah kita di buat arena bermain oleh para burung burung kecil yang indah dan merdu,

Balas

burung pipit itu apa ya senama dengan nama burung emprit kalau di desa saya Mang. melihat ciri-ciri khasnya, sama kali ya dengan burung emprit yg biasa saya temui di desa saya

Balas

pada gambar 1 ada foto mang yono tepat dibawah siburung,
awaassss mang kepatuk..hehehe..salam kenal mang

Balas

Kalau di tempat saya sebutanya emprit mang.. Populasi burung emprit ini paling banyak di daerah persawahan mang. Apa lagi kalau musim panen padi. Wah super banyak banget burung enprit ini.. Hehehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger