logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Akhirnya berhasil dan berbunga juga menanam Anggrek dengan ditempel di pohon.

Akhirnya berhasil dan berbunga juga menanam Anggrek dengan ditempel di pohon.

Sampurasun .... Rampes, Akhirnya berhasil dan berbunga juga menanam Anggrek dengan ditempel di pohon. Untuk menanam bunga anggrek dengan cara di tempel ini lebih simple dan tidak membutuhkan media. Seperti yang pernah Blog Mang Yono tulis tentang Caramenanam anggrek ditempel dipohon dan papan pakis.

Nah untuk melengkapinya saya akan sedikit menambahkan tentang menanam anggrek dengan ditempel dipohon, yaitu:

Akhirnya berhasil dan berbunga juga menanam Anggrek dengan ditempel di pohon.
Akhirnya berhasil dan berbunga juga
menanam Anggrek dengan ditempel di pohon.

(i). Pilihlah tanaman anggrek yang tidak terlalu panjang batangnya, ini bertujuan untuk menghindari patah.


(ii). Tempelkan tanaman anggrek pada pohon. Pohon inilah sebagai media tanamnya yang berfungsi untuk menempel akar-akar tanaman anggrek.


(iii). Agar menempel kuat dan tidak goyang ikat batang anggrek tersebut pada pohon atau papan pakis dengan tal, terserah sobat mau pakai tali jenis apa saja yang penting tali tersebut tidak berkarat.


(iv). Setelah perakarannya menempel kuat, tali bisa dilepas atau diganti dengan kawat untuk menjaga batang anggrek agar tidak goyah.


Nah dari gambar atau poto tanaman anggrek saya yang ditempel dipohon Palem masih menggunakan tali gedebong pisang dan belum diganti tali kawat, karena ini saya praktekan penanamannya baru 2 bulan dari penempelan, waktu itu saya lakukan pada pertengahan bulan Pebruari 2014. Nanti deh kalau batang anggreknya sudah mulai banyak saya ganti dengan ikatan kawat hehehe. 


Tapi dengan waktu yang sangat singkat itu tanaman anggrek saya ini mulai menampakan bunganya walau cuma sedikit, tapi khan namanya bunga anggrek juga ya hehehe.

Terlihat dari postingan kedua saya dengan judul Sedikit berhasil menanam anggrek/menempel anggrek pada pohon hidup atau pohon sudah mati, terlihat dari perakarannya yang mulai menempel pada batang pohon hidup atau pohon yang sudah mati.

Dan yang lebih seneng lagi, cara ini saya lakukan dengan asal tempel, kok asal tempel sih mang?. ya, penanaman asal tempel ini karena saya tidak menggunakan media tambahan, misalnya papan pakis, sabut kelapa atau pohon yang lapuk, tetapi saya menempelkannya langsung di pohon itu sendiri, waktu saya tempel banyak tetangga yang nonton dan pada bilang begini

 " hahaha, gak bakalan hidup lah Mang Yono tanaman anggreknya, la wong saya aja yang pakai papan pakis atau sabut kelapa gak hidup, apalagi Mang Yono yang nanam anggrek dengan langsung ditempel, cara dari mana itu hahaha"

Saya sih cuma senyam - senyum kuda saja, dan menjawab 

" Biarlah gak berhasil juga, kan gak merepotkan tetangga untuk mandikan dan menguburkannya hehehe"

Nah ini poto - poto yang saya jepret kemarin hari Minggu tanggal 23 Maret 2014:


Ikatan batang anggrek masih menggunakan tali gedebong pisang





Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 komentar

mantap mang, minta binih na wkwkwk

Balas

Selamat yah Mang, atas usaha menanam bunga anggrek nya
Boleh saya minta benih bunga anggreknya Mang. kirim lewat email hhh =D

Balas

nyungken binihna hiji mang :D

Balas

Sya paling sulit kalau buat anggrek yang nempel Mang. Tapi kalau sudah berbungan tinggal di bawa seperti itu boleh juga tuh. :D

Salam

Balas

pada dasarnya anggrek kan benalu, tapi simbiosis komensalisme dengan inangnya. jadi walau tanpa media lainpun dia tetap hidup, hanya saja perlu media untuk mengikatnya

Balas

beli atuh kang, jaman sekarang gak ada yang geratis wkwkwkwk

Balas

iya kang ini saya cuma coba - coba, eh ternyata berhasil tanpa media pengikat seperti pakis dan sabut kelapa

Balas

hiji mah kagok kang heheheh

Balas

awalnya sulit mas, tapi kalau sudah kelihatan angreknya berhasil menempel dan berbunga, kesulitan itu dapat diatasi

Balas

betul sekali mbak Rus... anggrek di habitat aslinya juga memang benalu, tapi cara ini saya lakukan dengan otodidak dan coba - coba apakah bisa anggrek menempel tanpa media pengikat seperti papan pakis atau sabut kelapa, dan ternyata anggreknya mau nempel juga hehehe

Balas

ada ikatan batin apa ini antara mamang sama mas agus setya. sama-sama hobi anggrek. sedangkan saya tinggal di jalan anggrek. nah, gimana, kita bertiga klop kan?

Balas

waah, selamat yaa Kang. meskipun di olok - olok tetangga masih semangat terus menanam anggreknya :)

Balas

saya juga ingin memindah nih makasih infonya

Balas

Menurutku bunga apa aja kalau pemiliknya sayang dan merawat pasti berbunga kok..

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger