logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara untuk merawat bunga Soka (Ixora Sp.) biar berbunga terus.

Cara untuk merawat bunga Soka (Ixora Sp.) biar berbunga terus. 

Sampurasun .... Rampes, Cara untuk merawat bunga Soka (Ixora Sp.) biar berbunga terus. Soka merupakan tanaman hias yang cukup populer di kalangan hobiis tanaman hias termasuk saya. 

Bentuknya unik dan menarik sih hehehe, Bunga soka bentuk dan jenisnya pun beragam kalau soka yang saya punya malah saya tidak tahu namanya dan asalnya dari mana hehehe.  


Cara untuk merawat bunga Soka (Ixora Sp.) biar berbunga terus.
Bunga Soka didepat Rumah saya
Kata master tanaman hias soka itu ada yang asli berasal dari dalam negeri yaitu Soka Jawa (Ixora javanica), ada pula yang berasal dari luar negeri, dan kini hadir soka baru yang disebut soka hibrida. Nah tanaman bunga ini tidak hanya untuk tanaman hias saja loh, tetapi bagus untuk pembatas pagar, seperti sebelumnya Blog Mang Yono pernah membahas juga tentang bunga soka ini.

Tanaman soka lebih suka terhadap penyinaran matahari penuh teruatama untuk merangsang pembungaan.

Nah sesuai pengalaman saya yang sedikit tahu tentang bunga soka ini, ya sudah, yang sedikit ini saya bagikan lagi aja ya biar ada yang menambahkan hehehe.

Bunga Soka biar berbunga terus :

Yang utama dan diutamakan tanaman Soka apabila sudah berbunga sebaiknya dijaga jangan sampai tuh bunganya dimakan kambing tetangga ataupun binatang belalang yang hinggap di tanaman bunga soka.
Binatang belalang yang hinggap di tanaman bunga soka.
Binatang belalang yang hinggap di bunga soka.

Potong ranting – ranting atau cabang yang tidak berguna atau setelah soka tersebut bunganya pada gugur,  pemotongan ini bertujuan agar segera muncul tunas baru lainnya.


Bila bunga soka ditanam di pot dan diletakan di dalam rumah, maka 2 kali dalam seminggu bunga tersebut harus dikeluarkan untuk mendapatkan sinar matahari. Tapi tanaman soka lebih suka di tanam diluar ding dan memperoleh sinar matahari penuh sepanjang hari. Lokasi yang terbuka sangat cocok, jadi kesimpulannya tanaman bunga soka ini lebih suka panas – panasan dibawah sinar matahari, apa tidak takut hitam ya?.  #Semprul hehehe.


Biasakan pemupukan rutin, gunakan pupuk untuk merangsang pembungaan baik melalui tanah maupun diaplikasikan melalui daun.


Pada tahap awal gunakan pupuk yang mengandung kadar nitrogen yang tinggi untuk membentuk tunas cabang lebih banyak kalau tidak paham bisa tanya ke abang – abang yang jual tanaman hias ya hehehe.


Berikutnya diberikan pupuk yang merangsang pembungaan yaitu pupuk yang memiliki kandungan fosfor yang tinggi supaya pucuk-pucuk yang sudah terbentuk tersebut menghasilkan kuntum – kuntum bunga.


Untuk memperbaiki struktur tanah, bisa ditambahkan pupuk sekam padi dan kompos supaya tetap gembur.


Nah, yang terakhir tanaman soka atau tanaman bunga yang lainnya juga tidak bisa dipaksa untuk terus menerus berbunga. Jika sedang enggan berbunga, berikanlah vitamin yang kandungannya lebih lengkap yaitu yang mengandung unsur utama mineral tambahan.
Nah kalau untuk tanaman bunga Bugenvile atau lebih tenarnya dengan nama bunga Kertas  akan lebih rajin dan penuh bunganya jika dibiarkan kering tanpa disiram.




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

Ternyata mudah ya Mang cara merawat bungan Soka ini...:D

Salam

Balas

di depan rumah saya banyak nih mang bunga soka, biasanya kalau kamis sore malam jumat legi banyak org cari utk kirim doa ke kuburan, hmmm :)

Balas

Wuih Mang Yono juga ahli dalam bidang kebun berkebun,
terima kasih Mang sharenya..

Balas

oow, bunga soka itu kayak gitu to.. seringkali lihat tpi ndak tahu kalau itu soka :)

Balas

di tempat saya jug banyak :D

Balas

D tempat sy masih belum minat ngerawat bunga, soalnya sering hilang.. :D
Salam kenal mang..

Balas

Iya mas, mudah sekali asal telaten pasti biasa hehehe

Balas

waw ditempat mbak indri banyak yang mandi kembang sepertinya wkwkwkw

Balas

cuma belajar aja mas, sedikit langsung diposting hehehe, nanti kan ada keritikan dari para master wkwkwk

Balas

sering lihat tapi gak tau namanya, harusnya kenalan dulu mas biar tau namanya

Balas

waduh, kok bisa ilang begitu mas, ternyata ada pencuri bunga juga ya ehhehe

Balas

Bunga itu cantik buat pagar, kalo dipotong merata rantingnya bunga lebat dan indah

Balas

Waah saya dapat tips + ilmu lagi nih. makasih kang yono

Balas

Wah iya kang yono. asal telaten pasti mudah ya?

Balas

baru tahu kalau bunga itu namanya bunga soka, wah mang yono pinter ngerawat bunga yah mang, kapan-kapan saya mau nyoba nanam bunga soka hehe...

Balas

mantap nih buat yang punya bunga soka, kalau saya sih gak punya Mas :D

Balas

saya juga nggak punya mas bunga asoka ini tapi indah juga yah :)

Balas

didepan rumah saya boro2 ada bunga mang malah banyak kotoran ayam tuh.. sepertinya kudu nanem nih tanaman.. eh dulu pas saya kecil nih putiknya saya isep mang hheeee

Balas

wah bunganya bener-bener indah ya mang, cocok banget kalo ditanam dipekarangan rumah kayaknya tuh :)

Balas

Mas mau tanya.. Ity bunga sukanya yg lembab atau yang kering untuk tanahnya? Mau tak sirami stiap hari kok takut mati. Soalnya kata penjual bunganya ni bunga gk suka air, sukanya yg panas2..
Trims...

Balas

Ya, betul sekali bunga soka lebih bagus jangan disiram tiap hari... untuk menjadikan berbunga biasanya bunga ini ditempatkan ditempat panas, terkena sinar matahari penuh

Balas

Salam kenal..sy mo nanya mang klo tanaman soka di pot sy sering sy pindah2in ke tmpt panas.. berpengaruh gx..?cos'y tnmn soka sy gx mau brbunga..mksh..

Balas

itu sudah betul Bang... memng betul tanaman soka menyukai tempat yang kena matahari langsung

Balas

Kang Yono.. mau tanya soka ini kalo berbunga setelah kita budidayakan butuh berapa lama untuk berbunga (ketinggian berapa cm ?) apakah 20cm sampai 30cm ? atau diatas 45cm ?
terima kasih sebelumnya.. kita tunggu jawabannya...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger