--> Skip to main content

Hujan terus menerus hama Wereng Cokelat pun datang

Hujan terus menerus hama Wereng Cokelat pun datang

Sampurasun .... Rampes ...  Menanam padi dan menjadi petani memang banyak kendalanya, dari mulai memilih varietas yang unggul, tahan terhadap penyakit, sampai harga pupuk yang melambung, tapi mau bagaimana lagi coba kalau tidak ada petani yang mau menanam padi, terus kita mau makan apa... hehehe. 

Jadi petani pun harus siap terhadap serangan hama - hama pengganggu tanaman padi seperti, Keong Emas yang merajalela di Pagaden Barat beberapa bulan yang lalu, hama tikus, hama burung pipit (musim ini hama yang satu ini sedikit berkurang), sekarang ada lagi Hama Wereng Cokelat, Tapi semua penyakit atau hama khan ada cara untuk menaggulanginya / memberantasnya, tinggal kita saja yang mencari caranya, seperti memberantas keong Emas bahkan sudah saya tulis Cara Memberantas Keong Emas di blog ini.


Hujan terus menerus hama Wereng Cokelat pun datang
Padi Saya sudah berisi, kira - kira panen sekitar 15 Hari lagi


Hama wereng di akibatkan oleh perubahan iklim salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan wereng cokelat yang merupakan hama tanaman padi. Sebulan terakhir Hujan terus menerus mengguyur daerah Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat.


Penyebabnya curah hujan yang cukup tinggi memberikan kondisi yang lembab, sehingga kondusif bagi tumbuh kembang hama wereng cokelat. Hama wereng ada beberapa macam diantaranya yaitu wereng coklat, wereng hijau dan wereng loreng. Wereng coklat dalam bahasa latin disebut nilaparvata lugens. Sedangkan wereng hijau dalam bahasa latin di sebut Nephotettix virescens(Distant). wereng loreng dalam bahasa latin di sebut Recilia dorsalis.



Dan Blog Mang Yono mau sedikit berbagi tentang hama Wereng yang satu ini. Binatang Wereng sangat betah hidup di daerah yang lembab. Serangga wereng dewasa berukuran panjang kira – kira 0,4 cm. wereng dewasa bersayap panjang dapat menyebar sampai beratus kilometer.

Daun padi Mengering akibat Wereng Cokelat
Ini Tanaman padi Saya, daun padi terlihat Mengering ini akibat Wereng Cokelat 

Hama wereng ini menyerang padi mulai dari persemaian sampai padi mau panen, dengan cara menghisap cairan padi pada bagian pelepah daun dan seterusnya padi tersebut akan mengering dan mati..
Tiap 1 meter rumpun padi harus di suay - suay

Tanaman padi saya juga terserang hama wereng cokelat, hama wereng cokelat apabila menyerang tanaman padi, maka tanaman tersebut akan mengering pada satu lokasi secara melingkar. Yang diakibatkan dengan serangan wereng ini bisa menyebabkan gagal panen (puso).
Varietas yang tahan terhadap hama wereng seperti Ciherang, Mekongga, dan Cigeulis.
Nah untuk memberantasnya gunakan penyemprotan dengan pestisida yang dianjurkan untuk mengendalikan hama wereng
Ini adalah hama wereng Cokelat yang menyerang tanaman padi saya

Ketika melakukan penyemprotan sebaiknya dimulai dengan membuka ( disuay - suay) antara barisan tanaman, kemudian menyemprot tanaman dengan mengarahkan semprotan ke bagian batang bawah.  Hal ini dilakukan karena biasanya wereng berada di bagian batang bawah.


Mudah - mudahan dari mulai hari ini sampai 2 bulan hujan tidak turun terus menerus, biar werengnya ogah balik lagi, karena meskipun diberantas dengan penyemprotan pestisida dan werengnya pada tewas, kalau hujannya terus - menerus maka hama wereng coklat yang lain akan datang lagi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments