logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Lalapan mentah dan lalapan matang

Lalapan mentah dan lalapan matang


Sampurasun .... Rampes .. Masih tentang lalapan atau biasa dikenal dengan Sayur mentah, katanya lalapan ini nilai gizinya lebih baik daripada sayur matang. Menurut saya pribadi mengonsumsi sayuran mentah atau lalapan merupakan suatu hal yang harus dilakukan bila kita ingin hidup sehat, itu menurut saya, tidak tahu menurut yang lain ... hehehe. Karena sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, antioksidan, dan serat . Yang terkandung dalam sayuran itu sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.  

Menurut yang saya baca – baca di Google Yang terdapat pada sayuran ini terdiri dari Vitamin C  dan B komplek.  Beberapa sayuran juga merupakan sumber  bagi vitamin A, D, dan E. Dan vitamin ini sangat berguna untuk melawan serangan radikal bebas penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit kanker, katanya sob ... katanya... hehehe.  Mineral yang banyak terdapat pada sayuran adalah zat besi, seng, mangan, kalsium, dan fosfor..... tapi jangan salah terka ya, zat yang terkandung dalam sayuran bukan zat panci, cangkul, dan barang perkakas lainnya hehehe... # Semprul hehehe.

Lalapan Daun pucuk atau daun muda dari Jambu Mete
Lalapan Daun pucuk atau daun muda dari Jambu Mete

Katanya juga sayuran menjadi penangkal  kanker usus besar, aterosklerosis dan penyakit jantung,  kencing manis (diabetes melitus), penyakit batu empedu, dan lain-lain. Untuk caranya silahkan anda cari saja di Google pasti ada kok hehehe.




Makan lalapan dengan sambal terasi beserta nasi pulen yang masih hangat merupakan kenikmatan luar biasa bagi penggemar masakan Sunda seperti saya ini.


Dan perlu diingat makan lalapan mudah untuk penyajiannya dan sangat banyak manfaatnya, tinggal leeep.


Secara umum lalapan itu dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu lalapan mentah dan lalapan matang.


Lalapan mentah adalah daun kemangi, daun mangga, daun jengkol, daun kacang panjang, daun putat, eceng, jengkol, petai, daun kenikir, Gunda. kacang panjang, pohpohan (Pilea melastomoides), mentimun, Kemangi atau bahasa SundaSurawung, kol, Tespong, pisang klutuk/ pisang keu’eus, daun jambu mete  dioplos dengan daun pepaya dan masih banyak lagi.


Daun jambu mete di oplos dengan daun Pepaya, Lalapan mentah
Daun jambu mete di oplos dengan daun Pepaya
Lalapan mentah 

Nah untuk lalapan daun jambu mete itu yang diambil dari pohonnya bukan daun yang sudah tua apalagi sudah menguning, tetapi yang di buat lalapan adalah daun jambu mete yang masih muda/ pucuk, daun jambu mete mentah paling mantab di gambungkan atau berduet dengan daun pepaya mentah ini juga bukan daun pepaya yang sudah tua, tetapi daun pepaya yang masih muda/pucuk, dan tidak terasa pahit atau kesatnya loh.

Untuk lalapan matang yaitu, daun singkong, bayam, kangkung, paria belut, paria, kacang panjang, Daun Mengkudu / Pace , daun pepaya, gunda, genjer, Jantung pisang keu’eus / Klutuk, daun kacang panjang, semanggi dan masih banyak lagi.

 Lalapan matang daun pepaya dan buah pepaya
 Lalapan matang daun pepaya dan buah pepaya

Menurut yang saya baca juga sayuran dikelompokan menjadi Lima kelompok yaitu:


(1 ). Sayuran Umbi
     Wortel, lobak, kentang, bawang


     Cabai, tomat, mentimun, terung, labu siam, pare.


(3). Sayur Polong
    Buncis, kacang panjang ( meskipun sudah dipotong pendek, tetep saja namanya gak berubah)


      Bayam, kangkung, daun singkong, sawi


(5). Sayur Bunga
       Kembang kol 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Kalau Tika hanya biasa makan kemangi mentah, trus yang matang (abis dikukus) seperti kol dan kacang panjang... Enak! Yg lain belum pernah coba :)

Balas

Kalau mentah yang saya suka paling pete,timun kacang panjang...hemm itu juga kalau ada mang

Balas

Semua suka keculi pete mentah Mang, tapi kalau buat kentang di sambelin di oseng-oseng tuh enak deh ...:D

Salam

Balas

Like this lah poko'y mahh..

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger