logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memelihara Tanaman Bunga pada media Pot dan dialam terbuka atau di Taman

Sampurasun … Rampes …. 

Tanaman Bunga dapat di pelihara atau ditanam dengan dua pilihan yaitu dengan menanam dalam pot dan menanam Tanaman Buanga di alam terbuka, menanam bunga dalam pot adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki luas taman terbatas. Biasanya yang mempunyai halaman terbatas yaitu yang mempunyai Rumah di perkotaan, tapi ada juga ding yang punya Rumah dikota tapi halamannya luas seperti yang pernah saya praktekan dan pernah saya posting juga di Blog mang Yono cara menanam bunga melati belanda dengan media pot . Termasuk cara membuat pot dari semen


Ya sudah ini bagi yang mempunyai halaman Rumah sempit saja, berlaku untuk rumah yang ada di desa atau perkotaan. Tetapi menanam tanaman dalam pot tidak sebagaimana merawat tanaman di alam terbuka. Sebab dari segi media pot , Area atau Ruang yang  disediakan untuk tanaman hanya sebatas pada ukuran pot saja. 

Cara memelihara Tanaman Bunga pada media Pot dan dialam terbuka atau di Taman

Perawatan tanaman di alam terbuka atau tepatnya di Taman mungil  .


Untuk mendapat kan tanaman Bunga yang ditanam di alam terbuka atau di taman Rumah, yang biasa saya lakukan yaitu 

(1). Menjaga Kebersihan taman sebaik - baiknya dan semaksimal mungkin. 


(2). Usahakan pembersihan area Taman yaitu dengan membersihkannya setiap hari taman Anda  yang utama yaitu menata tanaman sesuai dengan Habitatnya atau dengan bentuknya, controhnya tanaman bakung biasanya lebih suka di dekat air,maka penanaman perlu menyesuaikan dengan tempat yang dekat air. Seperti saya ini menanam bunga Bakung di dekat kolam mungil eheheh.


 (3). Karena penataan taman ini sangat penting untuk menjadikan taman yang indah juga elok pastinya meskiopun tanamannya tidak mahal harganya hehehe. 


(4). Pembersihan daun - daun bunga yang berguguran, karena daun dan bunga yang berguguran akan memperjelek taman jika tidak dibersihkan dengan segera, kalau bias pemangkasan pada ranting atau dahan yang kurang bagus. Memangkas tanaman yang Anda lakukan demi mendapatkan taman sehat, bersih serta nyaman. Cabutlah tanaman pendek yang mudah berkembangbiak sebagian agar Taman terkesan rapi.




(5). Memperhatikan kesehatan dan kondisi Tanaman, Perhatikan dan pantaulah kesehatan tanaman setiap hari, jika Anda tidak memiliki banyak waktu seperti saya ini, maka pemantauan tanaman setidaknya seminggu sekali atau menyuruh anggota keluarga yang mengurus dan memantaunya karena untuk menjadikan tanaman tumbuh subur maka perlu ada kerjasama dengan keluarga, apabila tidak melakukan hal itu maka tanaman akan mati, coba apabila ada anggota keluarga yang tidak suka tanaman bunga, tuh tanaman bunga bias aja di cabut atau di siram pakai air panas ehehehe…. #Semprul hehehe.



(6). Pemantauan untuk hama pengganggu, hama pengganggu seperti belalang, serangga akan merusak kesehatan tanaman, hewan yang paling sering pula merusak keindahan taman adalah ulat. Jadi agar taman tetap sehat, perlu bagi Anda atau anggota keluarga  memantau kesehatan tanaman dan kondisi tanaman yang ada di taman.


(7). Penyiraman tanaman dengan teratur, Sebagai kebutuhan paling penting bagi semua makhluk hidup yaitu air yang memiliki peranan paling penting bagi tumbuhan khususnya tumbuhan yang ada di taman Anda. Lakukanlah penyiraman secara teratur bagi tanaman Anda. Perlu Anda ketahui tidak semua tanaman memerlukan banyak air, tetapi tidak sedikit pula tanaman yang memerlukan air sepanjang hari. Untuk tanaman di lahan terbuka mungkin tidak perlu bagi Anda menyiramnya di waktu musim hujan Meskipun memakai paying eheheh..


(8). Demi kesehatan dan kesuburan tanaman, pemberian pupuk sangat perlu untuk Anda lakukan. Pupuk akan membuat tanaman lebih sehat, Biasanya yang saya lakukan untuk pemberian pupuk yaitu menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang, jarang sekali saya menggunakan pupuk Bahan Kimia untuk tanaman di alam terbuka atau di Taman. Perlu diingat juga, pemupukan tidak perlu dilakukan sesering mungkin karena tanaman yang kebanyakan pupuk lama-kelamaan daunya akan menguning, layu dan selanjutnya tanaman tersebut akan mati. 



Bagi Anda pecinta tanaman hias yang memakai media pot, berikut ini Blog Mang Yono akan  memberikan tips atau cara perawatannya:


(1). Media tanam untuk tanaman Bunga jangan hanya menggunakan media tanah saja, gunakan media tanam campuran sesuai dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Sebelum media tanam dimasukkan ke dalam pot, lapisi bagian bawahnya dengan menggunakan Styrofoam atau pecahan batu bata, kerikil, pecahan genteng. Pemberian alas ini berfungsi mengalirkan air sehingga mencegah air tergenang, kalau tidak di berikan lapisan penyaring maka lubang di bagian bawah pot akan tersumbat oleh media air akan tergenang dan tanah tersebut akan menjadi padat. Dan akhirnya tanaman tersebut daunnya menguning dan akarnya membusuk


(2). Penempatan tanaman dalam pot harus diperhatikan juga, apakah tanaman bunga yang anda tanam membutuhkan cahaya matahari langsung atau tanaman tersebut harus ditempatkan di tempat yang teduh. Apabila tanaman Bunga yang anda tanam tersebut membutuhkan cahaya matahari langsung maka minimal satu kali dalam seminggu tanaman tersebut dipindahkan keluar untuk mendapatkan sinar matahari langsung, yang tentunya pemindahan tanaman tersebut harus berada dalam pot, jangan mau dipindahkan keluar, asal cabut saja sedangkan potnya tidak dipindahkan, nanti malah tanaman bunga kesayangan anda tersebut bukannya subur malah mati heheh.



(3). Penyesuaian pot dengan tanaman bunga anda,  apabila tanaman bunga tumbuh besar maka perlu penggantian pot supaya tanaman dan media potnya seimbang. Tetapi penggantian media pot ini tidak berlaku pada tanaman Bonsaikarena tanaman bonsai ini khan tujuannya untuk mengkerdilkan tanaman, jadi apabila tanaman bonsai tersebut tumbuh membesar maka yang perlu anda lakukan adalah, memotong ranting atau dahan tanaman Bonsai, tujuannya untuk mengkerdilkan tanaman tersebut..


(4). Melakukan pemupukan tiap sebulan sekali, pemupukan boleh menggunakan pupuk kandang atau pupuk NPK.


(5). Penyemprotan insektisida apabila tanaman dalam pot terserang hama dan penyakit


(6). Pembersihan pada daun tanaman bunga, kalau yang saya lakukan biasanya 2 minggu sekali saya membersihkan daun – daun tanaman bunga dalam pot yaitu dengan menggunakan susu cair atau susu bubuk yang dicampur air secukupnya terus tiap helai daun tanaman Bunga tersebut di lap dengan menggunakan spon atau kain lap lembut dan hasilnya daun dari tanaman Bunga yang dilap akan terlihat mengkilat dan bersih dan juga sehat. 




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

Templetnyaa Baluuu Keyenn :D
dan Infonyaaa Sangatt Bermanfaat Sekali mang hehe makasii yah

Balas

saya ijin nyimak aja nih Kang, soalnya gak punya bunga :D

Balas

Mamang memang jawara banget kalo soal tanam menaman. hebat ahh

Balas

saya balu tau kalo mamang kelen

Balas

Wah kebetulan saya pecinta tanaman hias hehe.. tips nya bermanfaat banget kang :)

Balas

Saya juga nyimak dulu aja dech, Mang...belum punya rumah sendiri untuk ditanam bunga, he he!

Balas

saya juga baru nyadal telnyata saya kelen he

Balas

bunga desa lebih asoy geboy hehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger