logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Merawat dan Menanam Tanaman Pandan Wangi

Sampurasun … Rampes ….      

Tanaman Pandan Wangi itu gampang – gampang susah untuk menanamnya, contohnya di kampung saya, satu RT cuma saya yang punya tanaman Pandan Wangi, memang sih menanamnya itu gampang hidup, tapi waktu musim kemarau kalau tidak disiram ya kekeringan juga hehehe. Sebelumnya Blog Mang Yono pernah membahas tentang Khasiat dan Manfaat dari daun Pandan wangi. 

 

Tanaman Pandan wangi saya ini paling disayang, soalnya susah dicari di sekitar rumah, di penjual bunga juga enggak jual tanaman pandan wangi . Padahal menurut saya tanaman pandan wangi itu penting dan banyak dibutuhkan. Biar gampang ngambil atau tambah maknyus kalau bikin kolak atau kue.

Cara Merawat dan Menanam Tanaman Pandan Wangi
Pohon Pandan Wangi di Depat Rumah saya

 


Awalnya pandan wangi saya ini bibitnya dari teman Arisan Istri saya, tapi yang menanamnya dah pasti saya dong hehehe . Pernah sih istri saya pertamanya nanam pandan wangi, tapi tidak tumbuh, terpaksa minta lagi dah hehhe. Nah ini bibit yang kedua kalinya ya.



Pandan wangi ini saya tanam dekat kolam mungil saya, biar gampang menyiramnya. Tiap hari keluarga saya menyiram tanaman ini, sengaja tidak ditanam di pot, kenapa coba?. Buat biar yang minta tidak langsung ngambil sama potnya hahaha.



Tak terasa sudah berapa tahun umur pandan wangi saya ini, dari awalnya tinggi 10 Cm, sekarang sudah hamper 3 Meter loh, sengaja dipohonnya saya temple tanaman anggrek biar makin menarik hehehe.

Daun Pandan wangi tersusun bertahap seperti sepiral


Di Pohonnya pada muncul tunas tapi sengaja saya potong tunasnya dan ditanam kembali, selain tunas pohonnya juga pada muncul akar yang menjulur ke bawah,  . Gampang kok merawat pandan ini, disiram cukup air tiap hari, tapi kalau musim hujan jangan disiram ya hehehe. Pandan wangi menyukai tempat yang cukup sinar matahari loh. 



Untuk perawatan selanjutnya, Tanaman pandan wangi ini kalau tingginya melebihi 50 Cm itu perlu penopang, agar pohon nya tidak roboh, makanya saya menggunakan tali kawat, untuk penopang yang diikatkan antara pohon pandan wangi dan pohon lainnya



Apabila daun pandan wangi menguning atau sudah tua maka kita wajib memotongnya agar terlihat rapih. Nah daun pandan wangi ini tersusun rapih seperti sepiral loh, coba saja sobat lihat sendiri hehehe.


Ternyata selain buat masak memasak, pandan ini juga bermanfaat untuk obat herbal lho. Buat lebih jelasnya bisa baca sendiri di postingan saya sebelumnya. Yuk tanam pandan di rumah kita.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

26 komentar

motongnya bisa bagus gitu mas? ane juga punya di rumah. tp masih unyu2.hehehe

Balas

Dibelakang rumah juga ada, tapi sayang nggak kerawat, jadi kayak hutan belantara solanya udah tingginya melebihi genteng rumah, he he...

Balas

Iya tuh, gimana motongnya ya, Mang?

Balas

yang saya tahu merawat tanaman cuma dengan disiram. hehehe

Balas

kayak nama puteri. puteri pandanwangi.
yang jadi raja, mamang yono

Balas

Sampurasun Mang Yono, cara yang baik untuk merawat pohon pandan wangi
Yah Mang, dulu sekitar kebun rumah saya ada tuh Mang namun pas musim
Kemarau pada mati akibat gak di siram, soalnya saya sibuk kerja sih :)

Balas

oh pandanwangi suka dijadikan pelengkap buat bikin kue..

Balas

kunjungan malam nih,..
walah tanaman langka nih, di daerah saya sulit nemun tanaman kayak gini...
padahal buat kebutuhan sehari-hari ya...

Balas

kok bisa setinggi itu ya mang.. di rumahku pandan gak tinggi2 amat, padahal perawatannya sama kek yang dijelasin mamang.. mungkin tergantung amal ibadah masing2 ya mang kwkw :D

Balas

aku pertama kali ngeliat pandan setinggi itu hanya di laut mang, hanya kalo di laut pandannya gak bisa di buat kolek ..

Balas

motongnya ya asal motong aja daunnya bersusun sepiral khan eheheh

Balas

wah ngeri kang kalau udah banyak anakan begitu harus dibersihin dong buang anakannya nanti dibuat sarang ular dan Macan loh hehehe

Balas

disiram doang kalau tidak dirawat dan ranting dahann yang tidak berguna tidak dipotong nanti malah seperti di hutan bukan seperti di taman hehehe

Balas

haha Saya khan pendekar Yono mas,... Ups pendekar Yoko hahaha

Balas

Rampes Kang Saud, iya kang kalau tidak disiram pada musim kemarau nanti tanamannya mati, makanya kita kerja sebaiknya kompromi dengan orang rumah untuk Menyiramnya heheeh

Balas

Betul selain pelengkap untuk bikin kue bikin kolak juga ehheeh

Balas

haha mungkin betul juga ya tergantung amal ibadahnya ahhaha

Balas

kalau pandan di pinggir laut itu mempunyai duri mas nanti berbahaya hehehe

Balas

Mang,Bunga pandan wanginya dah ber bunga belum Mang,lo ada bunganya saya mau kang lg butuh banget !

Balas

Mang mau nanya, pandan di rumah saya kok gak wangi ya?
Gimana ya caranya biar wangi

Balas

Mang..mau tanya cara merawat anakan pandan..ini saya baru dpt dari mertua, anakan pandan yg dipotong dr pohon pandan drmh beliau..sudah saya tanam ke pot & disiram..sinar matahari cukup, tidak terlalu terik..tp bbrp hr kmudian daun2nya mulai mengering..apa memang awalnya mengering dulu atau bgmn ya?

Balas

kalau begitu harus nanam tanaman pandan mas... biar gak sulit lagi hehehe

Balas

Berarti bukan pandan wangi tuh mas... hehehe...

Kalau gak dipotong daunnya ya gak wangi ... hihi

Balas

Seharusnya... pada awal penanaman / seminggu penanaman jangan terkena sinar matahari dulu, sebaiknya disimpan ditempat teduh.... Atau mungkin akarnya kurang banyak tuh

Balas

wah, belum pernah berbunga mas....

Balas

Mang Yono, pandan saya sudah 3 bulan nggak tumbuh tumbuh, bentuknya gitu gitu aja. Kenapa ya, sedih rasanya.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger