logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Burung kutilang atau manuk cangkurileung

Sampurasun .... Rampes ....

Blog Mang Yono. Burung kutilang kalau didaerah Sunda disebut dengan sebutan Manuk Cangkurileung, yaitu burung kicau yang sering dibicarakan karena suarannya yang bagus dan lantang seperti Cicih Cangkurileung Maestro Jaipong dari Subang yang terkenal dengan album kasetnya seperti Top Jaipong Gadis Subang, Jaipong Ibingan Adumanis, Amplop Biru, Nikmat Duriat dan masih banyak lagi, hehehe malah ngelantur ya.

Makanan dari Burung Kutilang ini adalah buah-buahan yang lunak, tapi menyukai juga makanan serangga, ulat, belalang, capung, tidak seperti burung pipit yang suka makan padi masih hijau. Burung Kutilang sering membuat jengkel para petani karena sering melubangi buah pepaya, mangga dan pisang yang telah masak di kebun. Namun sebaliknya burung ini menguntungkan petani karena juga memangsa perbagai jenis serangga dan belalang serta ulat yang menjadi hama musuh petani.

Burung kutilang atau manuk cangkurileung
Burung kutilang atau manuk cangkurileung
Burung Kutilang memiliki kebiasaan untuk berjemur setelah mandi embun setiap pagi. Perawatan burung ini terbilang cukup mudah karena burung ini dikenal sebagai burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Kalau dialam bebas Burung Kutilang membuat sarang untuk bertelur yaitu dari ranting - ranting pohon, akar bambu, ijuk, gak pernah membuat sarang menggunakan batu bata, semen dan pasir ... #Semprul hehehe.

Telur Burung Kutilang paling banyak 4 butir, terus pengeramannya selama sekitar 14 hari, kalau tidak salah hehehe. Setelah Bertelur, Burung Kutilang betina mengerami secara bergantian dengan Burung Kutilang jantan, frekuensi dan lama waktu mengerami Burung Kutilang betina lebih panjang daripada Burung Kutilang jantan, Burung Kutilang betina akan keluar dari kandang hanya untuk sekedar makan, minum dan sedikit beristirahat, bersolek dan sedikit jalan - jalan, lalu kembali lagi ke sarang untuk menggantikan si jantan

Berikut ini cara membedakan atara Burung Kutilang Jantan dan Burung Kutilang  Betina, walau, cara ini tidak 100% benar, cara membedakan Burung Kutilang Jantan dengan Burung Kutilang betina yaitu:



Burung Kutilang Jantan:
Postur tubuhnya sedikit lebih kecil dari kutilang - kutilang yang lain.
Lebih rajin berkicau tanpa mengenal lelah
Suaranya lebih lantang dan nyaring serta merdu.
Jambul akan berdiri bila berkicau .
Suarannya tidak putus – putus.

Burung Kutilang Betina:
Postur tubuhnya sedikit lebih besar
Suarannya sedikit pelan
Jambulnya tidak berdiri ketika berkicau
Bila berkicau suarannya putus – putus.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

25 komentar

Ternyata burung kutilang bisa di kenali dari berbagai bentu posturnya, dan baru tahu saya Kang kalau burung kutilang ini memiliki nama lain manuk cangkurileung. Terimasikas atas informasinya ya Kang.

Salam

Balas

Cangkurileung mun ti sunda :)
ngukutna ge rada teu hese da nya kang..

Balas

didaerah saya sekarang sudah jarang banget ada burung kutilang mas

Balas

Cangkurileung burung peliharaan saya waktu masih di Garut,makanan yang saya siapkan biasanya dua macam yaitu ,belalang ( simeut ) dan pisang ( pisang apasaja yang penting asak ),kalau bicara manuk cangkurileung,,,,ini mengingatkan akan kesenian Sunda yairu wayang golek,Lagu cangkurileung biasanya dilantunkan ketika menjelang subuh,ini mungkin dikarenakan burung yang satu ini mulai subuh sudah meramaikan suasana dengan suaranya yang sangat merdu.makanya para sinden wayang golek selalu melantunkan tembangnya yang berjudul CANGKURILEUNG yaitu pada waktu menjelang subuh.heuheuheuheu......

Balas

kalau di daerah saya sekarang justru masih manyak Mas Yanto,( di Pasuruan Jawa Timur,tepatnya dilereng Gunung Arjuna,selain kutilang masih banyak burung lainya seperti burung Tekukur ( Tikukur ) kalau pagi banyak sekali berkeliaran ditanah lapang wawaaaawww,,,,,

Balas

masih ada nama lainya Kang Indra,yaitu burung Nilam, di Jawa ketilang atau genthilang Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul

Balas

burunggg...kulitang berbunyi
mengangguk angguk riang kemari...tralala..lalala..lalaaaa..

cangkurileng..eta..eta...etaaaa....cangkurilenug...:p

Balas

Kalau ditempat saya di kisaran, burung kutilang harganya tinggi lho mas, tapi sekarang susah mencarinya.

Balas

burung cangkurileung ini sangat gampang dilatihnya ya mang

Balas

jadi ingat sebuah lagu deh yg ada kaitannya denga kutilang .... hehehe tapi agak lupa nih mag yono .... :D

Balas

ini sahabat para petani ya Mang?
kalo sahabat para blogger burung apa ya?

Balas

Terimasikas, dapat darimana mas kata2nya, pasti dari hasil keliling endonesa

Balas

terimakasih kang, waw malah kang dede nih yang lebih tau tentang bahasa - bahasa untuk burung Kutilang

Balas

bener pisan kang, mun manuk sejen mah susah ngukutna, da cangkurileung mah, sagala beuki geura eheheh

Balas

kalau begitu mending pesen ke Kang Dede saja ya kang Yanto hehehe

Balas

betul sekali kang, kalau lagi nonton Wayang Goleh udah ada Lagu cangkurileung, siap - siap deh pulang sambil nguliat hehehe

Balas

penjiwaannya kurang, nada naik turunnya kurang pas eheheh

Balas

sekarang memang agak sedikit langka mas, karena banyak yang memburu katannya burung terutama pemelihara burung, katanya bsuara burung Kutilang ini dapat merusak suara burung peliharaan lain

Balas

betul sekali kang, cepet jinak bila dibandingkan dengan burung - burung yang lain

Balas

yang lagu anak - anak itu ya mas...?
Di pucuk pohon cempaka burung kutilang berbuny ibersiul, siul sepanjang hari dengan tak jemu jemu mengangguk angguk sambil berserutrilili lili lilili lili lilili lili lilili

Balas

sahabat bagi para blogger yaitu Burung Twitter Terbang di Blog ... burung ini biasa di pasang di blog mas eheheh

Balas

hei,,mang yono pinter euy ngebedainnya,,,burung kutilang emang enak banget suaranya,,,tapi sayang sampai skrang aku masih belum berpikir untuk mempunyai burung itu,,,

Balas

xuxixixixix,,,, iya bner mg yono ,.,,, kok apal sih ?

Balas

Sampurassuuun Mang Yono anu bageur...upami bade nernak manuk Cangkurileung kumaha carana, naha jalu sareng dantenna kedah dirahpalan heula? :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger