logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mentimun ( Bonteng ) adalah buah sayuran atau buah lalapan yang bisa dimakan mentah, langsung lep

Sampurasun …. Rampess …

Blog Mang Yono. Mentimun ( Bonteng kata orang sunda ) adalah jenis sayuran yang bisa dimakan mentah buat lalapan tapi ada sebagian orang yang alergi terhadap buah mentimun seperti yang mempunyai penyakit peradangan pada tenggorokan atau penyakit pada pencernaan, tapi bisa disiasati dengan cara diolah/dimasak terlebih dahulu. Sebelumnya saya sudah menulis tentang mentimun ini

Mentimun berasal dari berbagai jenis labu-labuan. Katanya Selain untuk makanan mentimun juga bermanfaat untuk kesehatan, kanker, menurunkan dehidrasi serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Mentimun ( Bonteng ) adalah buah sayuran atau buah lalapan
Gigin Jaga Mentimun takut ada si Kancil mencuri mentimun
Mentimun adalah golongan sayuran murah meriah dan mudah didapat  meskipun di kampong seperti di daerah saya juga, karena saya yang nanam hehehe. Mentimun tergolong tumbuhan jenis melon atau labu yang menghasilkan buah yang dapat dimakan dan dapat dipanen ketika belum terlalu masak/matang untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung dari jenisnya. Dalam ilmu botani, nama latin mentimun adalah Cucumis sativus.

Mentimun merupakan sayuran banyak mengandungair. Ketersediaan buah mentimun di Indonesia termasuk melimpah ruah dan dijual dengan harga relatif murah. Istimewanya lagi, mentimun memiliki banyak manfaat dan rasanya juga nikmat. Mentimun biasanya dikonsumsi langsung dalam keadaan segar. Tetapi terkadang pula mentimun dikonsumsi setelah diolah. Salah satu olahan mentimun adalah acar. Rasanya tak hanya nikmat tetapi juga menyehatkan. Membuat acar timun sesungguhnya cukup mudah bagi yang biasa membuat acar hehehe

Untuk penanaman mentimun gampang – gampang susah. Mentimun adalah tanaman yang perlu dirawat dengan hati-hati, karena sifat tanaman ini yang rentan terhadap perubahan suhu dan cuaca. Cara paling tepat adalah dengan metode pembibitan secara generative atau biji.

Biji mentimun untuk benih harus dari buah mentimun yang bagus, dan tidak busuk. Yang diperoleh dari buah mentimun yang sudah tua,


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

mentimun cocok buat lalapan ditemani ikan asin + sambal mang. dimakan siang-siang seger banget :d

Balas

Kirain mah di daerah saya doang mentimun disebut bonteng teh, ternyata sarua wae nya...bener apa kata kang ucup, cocok banget buat lalapan terus dicoel deh pake sambel terasi manteb pisan, kalo lauknya yang lebih pas ikan peda tuh wuiiih pasti gurih-gurih enyoy banget :)

Balas

pas banget kang, terus makannya di saung sawah bersama keluarga ya kang

Balas

wah sama ya kang, tadinya saya juga ragu - ragu mau nulis Bonteng, takutnya didaerah lain namanya malah labu hehehe.

Balas

selamat Siang Mas, wah ayah saya juga taman mentimun Mas di Sawah, dan Minggu Depan sepertinya juga sudah Panen Mentimun...

Balas

mentimun/bonteng emang sangat cocok buat mencocol sambal terasi goreng buatan sang bidadari...langsung lep

Balas

Kok baru denger yah

di pasar2 tradisional apa banyak yang jual?

Balas

waw, bisa geratisan mentimun dong ke ayahnya mas Hayardin hehehe.

Balas

nah begitu kang yang paling nikmat sambelnya buatan bidadari sambil makannya ngariung hehehe

Balas

mungkin lain nama sob, didaerah sobat mungkin mentimun namanya buah Timun bisa juga namanya Melon lonjong hehehe ..

Balas

Seger..apalagi di makan d tengah sawah di siang hari

Mang yono...ada award di blog saya jika berkenan

Balas

hehehe betul sekali meskipun gak ada lauknya kalau makan disawah memang nikmat heheh

tadi saya udah berkunjung ke sana dan saya ambil awardnya ... terimakasih ya

Balas

nasi goreng cocok banget kalo pake timun bos, hehehe....

Balas

Mentimun sama sambel trasi cukup sudah buat ngabisin nasi anget Sak kuwalie.
Kalau mentimun Suri Pasti ramai Sebentar lagi

Balas

Wah mantep tuh mang buat di lalap, sambelnya-sambel terasi beuh jadi laper hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger