logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Sedang Belajar Budidaya Tanaman Anggrek.

Sampurasun ….. Rampes …. 

Blog Mang Yono. Keberhasilan budidaya tanaman anggrek sangat ditentukan oleh kualitas bibit tanaman anggrek itu sendiri. Kalau bibitnya kurang bagus maka nanti anakan – anakannya akan mengecewakan. karena kesalahan dalam memilih bibit anggrek itu tadi.

Sedang Belajar Budidaya Tanaman Anggrek. Tanaman anggrek yang akan digunakan sebagai tanaman induk harus dipilih dari tanaman yang benar-benar sehat dan kuat terhadap serangan hama penyakit. Untuk melihat tanaman anggrek sehat atau tidaknya, kita dapat melihat dari pertumbuhan tanaman anggrek, apakah tanaman tersebut subur, kokoh, batang terlihat besar dan kekar, warna daun tampak hijau gelap, bunga yang dihasilkan menarik, tahan terhadap serangan hama penyakit, atau malah sebaliknya. 

Sedang Belajar Budidaya Tanaman Anggrek.
Anggrek Dewasa

Di Blog Mang Yono ini saya mau sedikit berbagi tentang Budidaya Anggrek sesuai yang saya dapatkan dari para master anggrek atau yang sudah saya baca. dan pernah saya tulis di blog ini tentang Cara dan mencermati agar anggrek tetap beranak pinak dan berbunga terus, atau pada artikel saya yang lain seperti Belajar Menanam Anggrek Dengan Media Pot, terus ada juga tentang cara Cara Menanam Bunga Anggrek di tanah atau Pot dengan media Tanah, atau tentang Cara Menanam Anggrek Dengan Ditempel Di Pohon Atau Papan Pakis. Masih banyak lagi artikel saya tentang tanaman anggrek. 

Untuk pembibitan tanaman anggrek bisa dihasilkan dengan cara memperbanyak tanaman yang sudah ada serta tanaman anggreknya sudah dewasa. Menurut para ahli pembudidaya anggrek, setiap bibit anggrek memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Untuk mengetahuiTanaman anggrek  sudah dewasa atau belumnya dapat dilihat dengan tanaman anggrek tersebut dengan keluarnya bunga. 
Untuk memperoleh bibit yang berkualitas, maka bibit tanaman anggrek dewasa harus dirawat dengan baik


Tanaman anggrek yang pertumbuhannya sudah terlalu padat rumpunnya banyak dan perakaran sudah memenuhi media tanam, maka media tanam tersebut harus diganti sehingga tanaman akan tetap dalam kondisi segar dan prima heheh..

Media tanam yang sudah terlihat hancur dan tidak menarik lagi atau terjadi pelapukan, harus diganti dengan media tanam yang baru karena media tanam seperti ini bersifat asam dan berpotensi mendatangkan penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman anggrek bisa – bisa tanaman anggrek tersebut membusuk dan mati.

Jika ditemukan tanaman yang terindikasi terserang penyakit akar, maka media tanam tanaman anggrek tersebut harus segera diganti dengan media tanam yang baru. Untuk perakaran yang terserang hama penyakit harus dipotong. Sebelum ditanam kembali.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

37 komentar

saya pernah ikut ngurus budidaya tanaman anggrek di taman wisata desa, awalnya sangat menguntungkan dan menyenangkan karena setiap hari kita menikmati keindahan bunga anggrek, pada periode selanjutnya, perawatan pada tanaman anggrek ternyata lebih jlimet daripada soal Aritmatika kang...ruwet dan harus super teliti dan butuh dana yang lumayan.
kecuali akang sekedar untuk koleksi mah...asik asik azh seh.

Balas

ada beberapa artikel tentang anggrek diawal saya ngeblog kang

Balas

kalau saya tidak tahan nunggunya Kang, tapi kalau suruh menikmati tanaman anggreknya saya suka banget. he,, he,, he,,,

Salam

Balas

hadeh, saya paling males Mang kalau suruh ngurusin yang beginian, gak sabaran saya orangnya Mang

Balas

cantik banget yia bos... sepertinya bunga cocok juga nih buat usaha rumahan, ikut belajar yia bos, hehehe...

Balas

Aih cantik anggreknya.. Aku enggak bisa nanem anggrek

Balas

kalau menurut saya budidaya anggrek itu susah-susah gampang...dan untuk msalah ini saya masih terus belajar dari mertua saya... :D

Balas

Ternyata susah untuk selanjutnya ya kang, saya mah buat koleksi pribadi saja kang, waw ternyata ada juga ya kang di blog akang ... langsung ngintip tanaman anggreknya akang ah

Balas

Betul sekali kang kalau suruh nunggu anggrek berbunga seperti nunggu pacar heheeh

Balas

Betul sekali Mas, kalau mau memelihara anggrek harus orang yang sabar dan telaten hehehe

Balas

Iya sob, usaha budidaya anggrek katanya sangat menjanjikan, tapi masalah untuk budidayanya yang sedikit rumit dan berbeda dengan budidaya bunga lainnya heheeh... Silahkan sob

Balas

Betul, kalau berbunga memang cantik dan menarik, tapi kalau tidak berbunga - berbunga males lihatnya heehhe

Balas

betul sekali Kang gampang - gampang susah, saya juga sampai saat ini belum paham tentang tanaman bunga anggrek ini

Balas

indah sekali ya bunga anggrek ini kalau ditanam di pekarangan rumah :)

Balas

Dulu dirumah sy banyak anggrek pa karena bapa sy yang hobi tapi semenjak beliau ga ada tanemannya ga terawat lagi dan perlahan tapi pasti mati satu per satu :(

Balas

klw anggrek sering temuinnya klw di hutan Mang..!, mau petik tp jaga kelestarian alam.. tp paling cantik lg klw anggreknya di buat bergealntung di batang pakiis ya Mang..!

Balas

saya senang dengan bunga ini, tapi belum pernah mencoba menanam sendiri, kalau suatu saat mencoba untuk pemupukannya yang didiperlukan pupuk apa ya kira-kira Mang

Balas

Anggrek termasuk jenis yang termasuk banyak yang memburu. Terutama di Kalimantan Barat, Untuk jenis Black Orchids (ANggrek Hitam) dalam bentuk bars (batang) yang paling banyak diburu oleh turis turis dari Swizerland. Agak sulit kayaknya memburu jenis Anggrek itu karena banyak undang undang dan peraturan yang harus dilalui

Balas

tips nya bener2 bermanfaat nih mas,jadi pengen mencoba nih

Balas

saya punya media tanam pakis banyak Mang. saya mau cobain anggrek deh.

Balas

kalo banyak undangan, anggrek jadi laku kang

Balas

duet anggrek bertemu

Balas

wah saya sementara jadi penikmat angrek saja pak.

Balas

Jadi pengen menanam bunga anggrek nih. Keren bunganya.

Balas

wah memang katanya budi daya anggrek ini rada susah mang.. tapi kalau sudah berhasil mang yono bisa bertabur uang deh karena harga bunga anggrek lumayan mang hehehehhe

Balas

bunga anggrek ini wanginya harum ga ya mang

Balas

betul sekali Mbak, apalagi kalau pas pagi hari, sambil berjemur sambil memandangi bunga anggrek diselingi seruput kopi pahit heheh

Balas

Wah, sayang banget Mbak, coba dikasihkan ke saya saja, pasti gak nolak dah saya nya hehehe

Balas

Metik anggrek dihutan sih boleh sob, tapi asal jangan merusak lingkungan aja hehehe.. nah betul sekali, mungkin anggrek sukanya gelantungan ya heheh

Balas

Betul sekali mas, selain bunga ini tidak memerlukan air banyak, bungannya juga sangat bagus. kalau saya menggunakan pupuk mecin mas. Ups, bukan pupuk itu tapi bumbu penyedap, saya melarutkan mecin dengan air lalu disiramkan ke akar anggrek tia[ sebulan sekali, begitu mas, saya belum pernah memakai pupuk selain bumbu penyedap ini hehhe

Balas

Kalau saya belum pernah tuh punya anggrek hitam kang, kalau akang mau ngirimin dari tempat kang Asep sih boleh, saya gak nolak dah hehehe

Balas

silahkan dicoba mas, saya juga lagi belajar budidaya anggrek nih, tapi cuma buat koleksi sendiri saja heheh

Balas

kalau saya gak punya media pakis mas, bibit anggreknya banyak di tempatnya mas Agus hehehe

Balas

mendingan terjun aja mas, siapa tau cocok buat usaha sampingan hehehe

Balas

Silahkan dicoba, mudah - mudahan tanaman anggreknya berhasil beranak - pinak hehehe

Balas

saya juga lagi belajar budidaya ke mas Agus mas, dia lebih pakarnya soal budidaya anggrek hehehe

Balas

Ada yang gak harum, ada juga yang harum, tapi yanglebih harum Bunga Desa sob hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger