logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Merawat daun tanaman bunga aglaonema agar terlihat indah

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Membuat daun Tanaman agar terlihat bersih dan menarik khususnya tanaman bunga Donna Carmen atau aglaonema biar  lebih licin dan mengkilap biasanya sering dilakukan saya sendiri termasuk hobiis atau kolekteor. Caranya sama saja dengan cara di postingan saya sebelumnya tentang Cara menjadikan bunga Gelombang Cinta mengkilap, menarik dan sehat.

Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengkilapkan daun aglaonema adalah air, susu dan ampas kelapa. Berikut ini merupakan tips mengkilapkan daun aglaonema berdasarkan bahan-bahan tadi: 

Cara Merawat daun tanaman bunga Donna Carmen / aglaonema agar terlihat indah

 

Mengelap dengan air dan spon atau kain bersih


Cara ini merupakan cara saya yang sering kalena paling murah dan sederhana. Air yang digunakan sebaiknya air sumur jangan air comberan apalagi air kopi panas hehehe. Sedangkan spon yang digunakan sebaiknya spon khusus yang seratnya sangat halus, bukan spon untuk mencuci piring apalagi sikat kawat hehehe.


Dengan Mengoleskan susu

Nah, Cairan susu ternyata bisa berfungsi sebagai pupuk daun. Susu yang digunakan adalah susu bubuk yang telah dilarutkan dalam air atau susu cair juga tidak apa - apa. Cara ini bisa mendatangkan hasil yang cukup fantastik, disamping iku kita bisa membuat susu di gelas juga untuk diminum kita hehehe. Namun, mengoleskan susu ada kelemahannya, karena akan mengundang bakteri perusak tanaman yang diolesi susu. Caranya seperti pada postingan saya tentang
Cara Merawat daun tanaman bunga Donna Carmen / aglaonema

Dengan Memakai Ampas Kelapa

Nah, dengan menggunakan ampas kelapa maka daun akan mengkilap, meskipun ampas kelapa merupakan limbah dapur yang ekonomis daripada dibuang khan sayang. Ampas kelapa yang dimaksud yaitu, setelah diambil santannya, ampas kelapa tersebut bisa dioleskan ke permukaan daun menggunakan kain bersih. Tapi cara ini harus mencari orang yang punya ampas kelapa hehehe.


Tips mengkilapkan daun ini biasa saya lakukan dan pernah saya lakukan, tapi saya kurang tahu apakah tips ini sama dengan para mastah – mastah diluaran sana.

keindahan daun mungkin akan jelas terlihat ketika daunnya dalam keadaan bersih dan mengkilap. Menjaga agar daun tanaman hias tetap bersih dan mengkilap tentu saja tidak sesederhana itu. Bukan hanya sekedar menjaga dari pengaruh debu saja tentunya.

Baca juga tentang : Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

Kalau merawat tanaman daun-daunan dengan menggunakan spon dan air sering saya lakukan, bukan karena rajin tapi disuruh mamah, hehehe... tapi kalau yang menggunakan susu itu saya baru tahu, nuhun informasinya mamang.... oh iya nanti-nanti bahas juga cara merawat tanaman gelombang cinta ya... sebagian koleksi dirumah daunnya menguning, sayang banget padahal, lembarannya udah besar-besar....

Balas

Jadi kembangnya lebih cantik
dari yang melirik

Ketelatenan memang menghasilkan baik

Balas

Kalau mau bagus pohonnya memang harus rajin rawatnya..

Balas

paling enal dengan Dengan Mengoleskan susu

Balas

nah bener tuh mang.. saya rasa yang membikin daun tampak mengkilat adalah ampas kelapanya mang.. soalnya ampas kelapa kan mengandung minyak yang cukup membuat daun bunga menjadi mengkilap hehehe :D

Balas

agak repot juga ya master kalau punya tanaman bunga harus rajin di elus-elus tanaman nya biar makin mulus :D

Balas

kalau saya gak terlalu suka bunga mas brow. mungkin saya suka bunga tetapi dulu ketika masih SD saya suka nanem berbagai macam bunga walau pun saya cowo. tetapi ketika sudah gede malah males jadi wajar gak tau merawat bunga.

Balas

iya de, mulai sekarang pakai susu ya dan bikin 2 gelas,yang satu buat ngelap daun yang satu buat diminum hehehe

Balas

betul sekali mbak, dielus sambil pakai perasaan heheh

Balas

betul sekali mas, jangan asal - asalan kalau mau hasil bunganya bagus dan menarik

Balas

apalagi bikin dua gelas ya mas, yang satu buat diminum hehehe

Balas

tapi kalau pakai minyak debunya cepat nempel juga mas, cuma lalat yang gak berani mendekat, takut kepeleset hehehe

Balas

hehehe kadang perhatian ke bunga malah lebih perhatian dari pade ke mantan pacar ya mbak master

Balas

iya mas, saya juga cowok dulu saya suka merawat bunga dan sekarang malah tambah makin suka pada bunga hehehe

Balas

udah coba dipraktekin, mamang... semoga tanaman-tanaman daun saya tumbuh indah dan subur :)

Balas

terima kasi ea bang atas imformasinya tentang perawatan bunga GELOMBANG CINTA entar aku mau coba,,,,,???

Balas

saya baru" beli bunga aglaonema, seminggu kemudian daunnya tiba" menjadi kuning beberapa lembar, bgaimana cra mengatasinya?

Balas

ini mah bukan gelombang cinta bang... hehehe

Balas

Apabila daun banyak yang menguning serentak, mbak perlu curiga apa yang terjadinya pada batang bawah atau akar.

Jadi tidak ada salahnya kalau media dibongkar total untuk melihat kondisi bagian akar. Lagipula media itu biasanya diganti setiap 6 bulan atau lebih diganti dengan yang baru (repotting) untuk menyegarkan media

Balas

Mang nanya dong
Kalau kita habis ngambil aglaonema dari hutan cara ngerawat nya di rumah gmn ya
Kalau di rendam dalam ember aja bisa ga mas ?

Balas

Mang.. aglao aku sering bgt mengalami kerusakan tapi akhirnya tumbuh lagi tapi dari dulu kecil aja gak gede sampe akhirnya patah lah batang berikut daun2nya krna disiramnya mgkin trlalu ekstrim �� skrg sdh bertunas lagi.. supaya tumbuh dgn baik gimana ya mang? Nuhun...

Balas

Terimakasih infonya..boleh fi coba ni pake susu :) ..hama nya ini kang kutu putih ..merepotkann.kadang saya lap pake sunligh..ada cara lain ga ya kang itu basmi kutu putih

Balas

mungkin media tanamnya kurang subur, coba ganti media tanamnya... atau tempatnya terkena sinar matahari... coba pindahkan ketempat teduh

Balas

Untuk membasmi kutu putih bisa dengan ramuan bawang putih, coba baca diartikel saya " bawang putih"

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger