logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Camilan Kedelai Rebus pas untuk nonton Bola Piala Dunia

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Kedelai rebus. Ya, cemilan yang pas disaat nonton bola apalagi sekarang sedang berlangsung Piala Dunia hehehe.

Berhubung saya tinggal di daerah pedesaan yang deket dengan sawah, tapi agak jauh ding sekitar 1 Km hehehe. Dengan pemandangan hamparan sawah yang sejuk bila di pagi hari. Kalau tinggal didesa memang selalu ada makanan khas pedesaan seperti ini, atau makanan camilan yang lain seperti Opak singkong, kacang rebus, jagung rebus / bakar, Ranginang, kutu mayang dan masih banyak lagi.

 Baca juga : Cara merebus kacang tanah di saung sawah

Bukan makanan langka memang tapi mungkin Anda - andini jarang menemui makanan-makanan tersebut di perkotaan. Mungkin Anda - andini pernah melihat / menemukan kedelai mentah yang masih terbungkus kulit ini di pasar. Sambil bertanya heran, buat apa itu kacang kedelai yang masih terbungkus kulit, bahkan lengkap dengan tanggkai atau pohonnya.

Kedelai menurut yang saya baca banyak sekali nama daerahnya, yang dikenal dengan berbagai nama: sojaboom, soja, soja bohne, soybean, kedele, kacang ramang, kacang bulu, kacang gimbol, retak mejong, kaceng bulu, kacang jepun, dekenana, demekun, dele, kadele, kadang jepun, lebui bawak, lawui, sarupapa tiak, dole, kadule, puwe mon, kacang kuning (aceh) dan gadelei.
Kedelai dipanen saat daun mulai berwarna kuning dan gugur tetapi bukan karena hama atau penyakit sementara buah berubah dari warna hijau menjadi kekuningan dan retak. Biji kedelai inilah yang menjadi bahan pokok produk pangan lain seperti tempe, tahu dan kecap.

Kedelai yang masih muda juga dapat dikonsumsi. Polongnya masih lunak dan kulitnya masih berwarna hijau. Cara pemasakannya mudah saja hanya dengan merebus kedelai hingga kulit yang hijaun berubah warna agak kecoklatan.

Yang unik adalah cara makannya yaitu Ditekan saja dan apa yang terjadi, bijinya loncat. Terus dimakan deh.

Kedelai rebus ini menurut saya satu cemilan khas pedesaan yang sehat. Karena kedelai kan sumber protein nabati yang baik, dan saya suka cemilan ini karena mengupas kulitnya gak selama / serepot mengupas kacang. Cuma butuh menekan bijinya sampai keluar dari kulit, hap! Langsung ditangkap masuk deh ke mulut.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

wah ini kesukaan saya mang.. kedelai, kacang tanah, kacang merah, jagung dan lain-lain itu kesukaan saya banget mang... apalagi kalau porsinya rada banyak.. hmmm ngiler saya jadinya mang hehehe :D

Balas

Betul tuh mang kedelai rebus emang pas buat temenin nonton Piala dunia. Apalagi kalau nonton + makan kedelainya rama-ramai. Pasti seru ya mang.

Balas

pas nih kesukaan saya semua dan cocok buat nonton world cup :D

Balas

hwaa... belum pernah nyicipin, mamang... :D

Balas

kalau saya sih sering makan kacang rebus mang...kalau kedelai rebus belum pernah.
ngomong2 baru custom domain yamang,,,,selamat ya semoga makin sukses

Balas

kacang kedelai memang cocok buat camilan nonton bola ya kang :)
tapi sayang kang, tempat saya lagi gada soalnya lagi musim tanam padi.

Balas

kalo di tempat saya kacang bulu, mang...hehehe... cemilan favorit, tapi sejak saya pindah ke kota udah jarang makan lagi *aheuuy gaya nya pindah ke kota, padahal cuma pindah kecamatan aja...hihihi* :D

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger