logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Indahnya saat ngangon Kerbau

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Apa yang ada dalam bayangan Anda – andini kalau mendengar kata ngangon? Atau malah Anda – andini tidak tahu atau belum pernah mendengar kata angon? Baiklah. Ngangon, di tempat saya, artinya mengembala. Mungkin karena itu bahasa sunda ya, saya dan sesepuh di daerah saya sudah menggunakannya sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu sampai saat ini.

Waktu saya masih kecil, mungkin sekitar umur lima atau enam tahun, saya suka ngangon kerbau bersama teman - teman angon lainnya. Banyak sih tidak, jumlahnya sekitar empat ekor, maap bukan ekornya saja ya Anda – andini, tetapi kerbau hidup 4 kerbau utuh dan hidup hehehe, jadi ribet ceritanya hehhehe. Ketika itu kerbau masih digunakan untuk membajak sawah, Nenek dan kakek punya beberapa petak sawah milik sendiri, dan beberapa milik orang lain yang harus dibajak. Kalau bukan waktu tanam padi, saya dan nenek saya diminta untuk ngangon kerbau-kerbau itu, maklum kakek sibuk ngurus pertanian. 

 
Indahnya saat ngangon Kerbau
Bernostalgia Indahnya saat ngangon Kerbau. Poto kiriman by Aki Balangantrang

Silahkan baca juga : Permainan Anak - Anak Sunda


Semua kerbau di kasih nama yaitu namanya Pahing, Kliwon, Legi dan Wage.. Dulu saya punya kerbau kesayangan. Kerbau kesayangan saya namanya Kliwon. Kerbau kesayangan saya  itu berkelamin jantan. Memang nama-nama kerbau punya kakek dan nenek diberi nama sesuai nama hari dalam hitungan kalender jawa. Setiap pulang dari ngangon saya akan duduk di atas pundak kerbau hingga sampai di rumah. Lumayan, bisa santai sekaligus tidak capek. Pastinya kalau kerbau-kerbau itu sudah habis dimandikan atau mereka sedang tidak berkubang di lumpur. Kadang kalau hari sedang hujan saya lebih baik jalan kaki saja. Selain bisa bikin gatel-gatel di badan, kalau hujan kadang kerbau juga lebih agresif, suka abret - abretan¬ alias lari gak beraturan.

Ini kakek saya apa ini saya ya?, kok mukannya mirip saya hehe
Ini kakek saya apa ini saya ya?, kok mukannya mirip saya. Poto kiriman by Aki Balangantrang

Duduk di atas punggung kerbau sambil menikmati hawa sejuk pepohonan.  Biasanya kerbau betina lebih mudah untuk ditunggangi ketimbang kerbau jantan. Lebih lagi jika kerbau betina itu adalah indukan, atau induk yang sudah cukup tua. Di antara empat kerbau kakek, ada dua indukan. Indukan kedua adalah anak pertama dari induk pertama. Saya jarang sekali menunggangi kerbau jantan, apalagi jika kerbau jantang muda. Seperti manusia juga, anak laki-laki muda yang punya gairah, lincah, dan susah di atur. 
Kalau suka ngangon badannya pasti kekar ( kekeringan hehehe)
Kalau suka ngangon badannya pasti kekar ( kekeringan hehehe). Poto kiriman by Aki Balangantrang

Saya dulu suka ngangon. Alasannya sederhana, rame, banyak temen. Di kampungku hampir sebagian besar penduduknya punya hewan ternak, seperti kerbau dan sapi. Dari ngangon ini juga saya bisa lebih akrab karena pasti ada waktu buat kumpul, ngobrol, guyon, bahkan sampe berantem juga pernah terjadi. 

Pernah juga waktu ada temen yang bawa ayam, kemudian dibakar. Karena hanya ada satu ayam, sedangkan anak-anak angon ada banyak, mereka yang lebih dewasa memutuskan untuk mengambil ubi di kebun orang. Aku juga pernah ikut membantu. Yah, demi temanlah. Hahaha. Setelah selesai makan baru temen yang bawa ayam itu cerita, ayam yang dia bawa hasil nagkap di jalan ... # Semprul dah hehehe.

Pernah  juga pengalaman paling apes yang pernah kami alami ketika mengambil  buah rambutan di pohon katanya milik salah satu temen ngangon. Pas saya naik dan mengambil buah – buah rambutan dan menjatuhkan buah – buahnya temen ngangon saya pada kocar – kacir, saya pikir kerbaunya pada kabur, setelah saya turun, eh ada bapak – bapak melotot, terus saya tanya , kenapa mang melotot, heran ya saya bisa naik pohon rambutan?. Eh, ternyata dia pemilik pohon rambutan itu. # Semprul dah temen saya itu.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

23 komentar

Asiknya ngangon kerbau
Indahnya sampai berpulau-pulau
walau temen-temen lari bak dituding pisau
Kenangan tak terasa galau...

Sejuknya wooooowu :)

Balas

wah ternyata badan mang Yono kekar bingit, ngalahain ade rai san binaragawan itu lho

#terkesima.............

Balas

dijawa juga namanya ngangon juga mang....
kalo saya dulu sukanya ngangon kambing di tepi sungai

Balas

kalau aku angon bebek.....terasa asik saat bebeknya ngendok. Bagi dong rambutannya :D

Balas

indahnya pemandangannya ya mang, saya juga pernah ngangon kerbau :D

Balas

Ngangon kebo memang asik .. :D fotonya keren :D walaupun cuma ganti muka nya aja :D heheheh

Balas

saya juga ngalamin ngangon munding alias kerbo teh dulu waktu masih SD hehe,,,,tapi bukan punya sendiri hanya suka ikutan ngangon sama temen-temen hehe

Balas

kalo saya suka angon wedus kang, soalnya punyanya ya cuman wedus :)
kalo mau manjat rambutan makanya ajak-ajak kang :)

Balas

potonya kelihatan potoshop amat kang wkwkwkwk... :-d

Balas

haha. lari terbirit birit, walau bilangnya pohon rambutan punya sendiri hehe

Balas

ini calon model iklan cak, iklan ngangon hehe

Balas

kalau kambing gak bisa ditunggangi seperti kerbau ya mas hehe

Balas

Kalau angon bebek saya belum pernah mas, tip pulang harus ngitung bebeknya ya mas. Nanti dikejar sama yang punya pohon rambutan mas

Balas

Iya mas, kalau sekarang sudah langka yang punya kerbau ditempat saya

Balas

iya sob itulah kehidupan dikampung, itu poto - poto kiriman dari sahabat dumay

Balas

yang penting serunya bersama teman - teman ngangon ya kang

Balas

kalau wedus suka ditunggangin ndak sob hehe... haha saya taunya itu pohon rambutan kepunyaan teman ngangon hehe

Balas

iya non Leony Li, itu semua poto kiriman dari sahabat dumay, akhir - akhir ini saya dapat kiriman poto dari sahabat hehe

Balas

di bahasa jawa juga angon.. jadi inget buku pelajaran jaman SD dulu, anak kecil ngangon kerbau sambil baca buku... :D
cerita bagian terakhir, tdk utk dicontoh tu kykny... hha

Balas

belum pernah angon kerbau pak, paling cuma kambing dan sapi..

btw, fotonya artistik sekali.. hehe

Balas

di kampung yang angon kebo masih ada mang
bedanya kalo dulu angon sambil niup suling
sekarang sambil mainan hp komen komenan di pesbuk...

Balas

nanti dicoba aja mas, biar bisa ngangon sambul nunggang kerbau hehehe

Itu poto kiriman dari sahabat mas hehehe

Balas

iya mas, sekarang sudah canggih ya, tapi keindahan suara suling hilang hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger