logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mencukur rambut anak kecil harus ekstra sabar

Sampurasun .... Rampes ....

Blog Mang Yono. Anak saya Gigin umurnya 2 Tahun lebih dikit, paling susah kalau dicukur rambutnya. Hari ini Jumat tanggal 25 Juli 2014, pagi – pagi sekali istri saya yang bertugas mencukur rambut Gigin ini. Khan bentar lagi mau lebaran hehehe.

Pada sa'at dicukur rambutnya harus disiapkan mainan, mungkin setiap anak juga begitu ya. Tapi dulu anak saya yang sulung "Gugum" waktu umur 2 tahun gampang kalau dicukur. Berbeda dengan adiknya ini yang gak bisa diam.

Mencukur rambut anak kecil harus ekstra sabar
Mencukur rambut Gigin harus ada mainan air 
Saya gak pernah membawa Gigin ke tukang cukur, tetapi pencukuran rambutnya dilakukan oleh saya atau Istri saya. Kalau dicukur rambutnya saya harus mengarahkan mata Gigin ke mainan atau daerah lain, jangan sampai melihat gunting atau sisir, kalau pas melihat pasti dah gunting dan sisirnya di rebut. Tiga Puluh menit berlalu, akhirnya proses mencukur rambut selesai. 

Gigin sedang dicukur mamahnya
Gigin sedang dicukur mamahnya


Walau sesekali ngerengek, kalau melihat potongan / helaian rambut yang berjatuhan / berserakan di bawah, anak saya ini suka takut kalau melihat potongan rambut, mungkin semua anak kecil begitu ya?. Kini Gigin tampak lebih Rapih. Bentuk kepalanya tampak lucu. Rambutnya yang dipotong cuma pinggirnya saja, sedangkan dibagian belakang dibiarkan panjang ( kucir ).

Agar si kecil mau dicukur atau dipotong rambutnya, diperlukan Cara atau Tips . Ingat, karena si kecil belum memahami betul tentang potong rambut ini.

Mungkin saja anak kecil atau balita begitu takut ketika melihat helai demi helai rambutnya jatuh, ada gunting tajam yang memotong dan mendekati kepalanya

Silahkan baca : Tukang Cukur Keliling di Pagaden Barat, Subang

Inilah ada Cara / Tips untuk memotong atau mencukur rambut anak kecil atau balita.

(i). Kita bisa memakaikan anak topi visor atau topi yang sering digunakan untuk bermain tenis atau golf. Tujuannya supaya anak tidak melihat si tukang cukut memotong rambutnya dan tidak melihat rambut yang berjatuhan. Berikan pula benda-benda yang disukainya seperti bedak, air atau mainan lainnya sehingga ia fokus pada benda tersebut, bukan pada rambutnya.


(ii). Kalau dilakukan di salon bawalah mainan kesukaannya, entah itu mobil-mobilan, boneka, pistol-pistolan, tiup balon, atau lainnya. Sebaiknya mainan tersebut bisa menyala, berbunyi, dan bergerak sehingga anak lebih menyukainya. Lebih baik lagi jika mainan baru sehingga anak belum bosan memainkannya. Dengan mainan yang menarik di tangannya, anak bisa tidak peduli pada rambutnya yang dicukur.

(iii). Kadang kala, sulit sekali memotong rambut belakang anak karena ia sulit diminta menunduk. Kita bisa menggunakan bola kecil, botol kecil atau air di ember yang diletakan dibawah.

Bila di tengah memotong rambut, anak meronta, menendang, menangis, dan lainnya, sebaiknya hentikan memotong rambut.


(iv). Bila di tengah memotong rambut, anak meronta, menendang, menangis, dan lainnya, sebaiknya hentikan memotong rambut. Setelah anak tenang, kita bisa melanjutkannya kembali.

(v). Tetapi jika tak kunjung tenang, apa boleh buat, hentikan sama sekali, dan kembali lagi di kemudian hari. Sangat berbahaya jika meneruskan memotong rambut pada saat anak tak tenang.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

12 komentar

jadi mencukur rambut anak bisa dijadiin alternatif kita belajar sabar ya kang...hiyah ah, besok saya mau cukurin anak anak sekampung...supaya kesabaran saya jadi terlatih...gimana kang...setuju ngga coba?

Balas

jadi begitu ya anak kecil kalo lagi dicukur ga bisa diem

Balas

apalagi mencukur anak kecil yang rambutnya botak ya mang uh harus ekstra sabar banget itu mah :D

Balas

Jadi inget waktu kecil, saya juga kalo disuruh cukur rambut suka kabur. hehe

Balas

wah Gigiiiin...sudah besar sekarang ya Nak, ganteng lagi...beberapa bulan nggak lihat...kalau balita bentar aja ngak lihat, pertumbuhannya tampak cepet banget...kalau Mang Yono...mungkin tambah keriputnya doang, nggak tambah ganteng...hehe

Sudah selesai belum minum obat fleknya Mang?

Balas

nunggu tumbuh dulu...ya kalau tumbuh, kalau enggak...haha

Balas

betul sekali kang, bisa dipraktekan ke anak - anak sekampung.. nanti orangtuanya pasti deh pas lebaran ngasih amplok hehehe

Balas

betul teh Dewi, nanti juga ngalamin deh hehehe

Balas

iya kang dan mbak, nanti kalau gak sabar malah tukang cukurnya yang botak hehehe...

Balas

wah ketahuan nih mas Nurul waktu kecil bandel ya hehehe

Balas

Iya mbak sekarang anak saya umurnya sudah 2 tahun lebih satu bulan hehehe... kalau saya selain tumbuh keriput, tumbuh uban pula hehehe

Alhamdulillah berobat fleknya sudah selesai sejak bulan Nopember 2013, sekarang gak gampang sakit - sakitan.

Balas

termasuk keponakan saya juga mang yang umurnya sekarang 2 tahun lebih kalo di potong rambut ga bisa diem atau malah nangis karna ketakutan liat guntingnya atau tukang cukurnya mungkin hhihih

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger