--> Skip to main content

Pisang Klutuk, pisang batu, cau keu’eus lalapan yang enak

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Pisang Klutuk / pisang batu atau pisang Keu’eus bahasa sunda atau banyak juga yang menyebut dengan Pisang biji kalau sudah masak rasanya manis tetapi banyak sekali bijinya, 1 buah terdapat ± 50 biji, biji kecil, warna hitam (seperti biji kapuk randu) kalau saya lebih suka dibuat lalapan makan atau di pakai rujakan tapi bisa juga di masak denag memakai bumbu  cobek atau pecel

Jenis dari pisang klutuk ini ada dua macam, yaitu pisang klutuk biasa dan pisang klutuk wulung untuk pisang klutuk wulung warna batang pohon dan warna pelepah daunnya yaitu berwarna ungu kehitaman / wulung.

Pisang Klutuk, pisang batu, cau keu’eus lalapan yang enak

 

Bunga / Jantung dari pisang klutuk juga sangat enak sekali, bahkan lebih enak dari daging ayam, bagi yang suka, silahkan baca juga di postingan saya tentang Jantung pisang keu’eus / Klutuk adalah jantung pisang paling enak

Dulu waktu saya kecil, suka menggunakan anakan batang pohon pisang klutuk untuk kekuatan betis agar betis kuat saat main bola, bila kena betis lawan, lawannya berasa kesakitan dan kita nyatai saja hehehe. Cara untuk membuat betis kuat ini saya dapatkan dari Guru silat ( bela diri)  saya hehehe. Caranya cukup sederhana. 
Pisang Klutuk Wulung


Caranya yaitu : 
Ambil batang anakan pohon pisang klutuk, kira – kira sebesar pergelangan tangan, panjangnya sekitar 50 – 80 Cm, lalu bakar dalam abu atau api unggun ( istilah sunda dibubuy ) selama 30 menit, setelah itu embunkan selama semalaman di luar, nah pagi – paginya, batang pohon pisang klutuk ini di pukul – pukulkan ke betis batangnya hancur juga gak apa – apa, asal jangan betisnya aja yang hancur hehehe.

Khasiat lainnya dari pisang klutuk baik pohonnya atau buahnya, sesuai yang saya baca dan pengalaman saya, yaitu untuk:

Diare / Mencret
Ambil Tiga buah pisang batu yang masak dan tiga buah pisang yang mentah terus dikupas kulitnya langsung diiris / dipotong kecil-kecil, ditumbuk / diblender atau bisa juga diparut, cairannya yang keluar di tampung , disaring dan diminumkan dua kali sehari.


Perhatian : jika kotorannya atau saat B A B ada lendir hijau atau gelap jangan pakai obat ini karena hanya akan menambah parah

 Ambien ( wasir )
Ambil  pisang batu atau pisang klutuk secukupnya , beberapa lembar daun jambu yang masih muda

daun jambu dan pisang dicuci bersih, pisang diparut, diambil airnya, daun jambu digerus halus atau ditumbuk, dicampur dengan perasan pisang, minum perasan ini selama beberapa hari jangan minum Cuma sekali saja, karena  pengobatan untuk Ambien memerlukan waktu yang lama

Mengobati rambut rontok
Parut bongol pisang segar lalu ditumbuk atau di blender lalu di saring dengan kain , airnya di embun pagikan diluar baru dipakai pada pagi harinya  untuk membasahi kepala, untuk bilasnya pada sore hari

Mengertukan rahim dan vagina sehabis bersalin
Ini khusus wanita, untuk laki – laki jangan coba – coba pakai ramuan ini. Wanita yang sehabis bersalin atau baru melahirkan secara normal / tidak melakukan Cesar, hendaknya membasuh alat vitalnya dengan cairan dari batang pisang batu / pisang klutuk yang belum pernah berbuah / berbunga , untuk mengambil airnya yaitu dengan cara menumbuk batang pohon pisang atau dengan cara apa saja yang penting keluar airnya dari batang pohon pisang tersebut.

Mengobati Batuk
Ini sering Nenek dan kakek saya lakukan untuk mengobati batuk saya, waktu saya masih kecil, yaitu meminum air dari batang pohon pisang.

Caranya : lubangi atau sadap batang pohon pisang ( tidak usah menebangnya) nanti airnya keluar melalui lubang atau goresan, tampung menggunakan gelas atau tempat yang bersih, biasanya cara ini dilakukan pada pagi hari, karena  selain pagi hari, kemungkinan besar tidak keluar airnya.
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments