logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Belajar bertani atau berkebun yuk?.

Sampurasun .. Rampes..

Blog Mang Yono. Akhir – akhir ini saya mulai tertarik dengan berkebun. berkebun telah menjadi suatu kegiatan yang sangat menarik bagi saya sejak satu tahun terakhir. 

Setiap mendengar kata berkebun, menanam, yang tebayang dalam pikiran saya yaitu hijau, segar, sejuk dan nyaman, tentram, asri. Sehingga, rasa - rasanyanya bagi saya untuk mulai belajar berkebun bukanlah hal yang membuang – buang waktu untuk mulai fokus belajar dan menimba ilmu baru dari bertani. ( baca Cara / Tips Agar Pohon Anggur Bisa Berbuah Rutin.

Belajar bertani atau berkebun yuk?.
Belajar bertani atau berkebun yuk?. poto jepretan www.mangyono.com

Yang harus kita pelajari untuk bertani / berkebun menurut saya harus mencakup pada poin – poin dibawah ini, itu menurut saya loh, gak tahu menurut para mastah – mastah, atau ahlinya.

Pertama: yang kita pelajari yang utamannya yaitu Pemilihan Lahan, bagai mana lahan yang bagus dan memenuhi standar itu.

Kedua: Pengolahan Lahan
Pengolahan lahan ini meliputi Pencangkulan: lahan diolah hingga gembur dan bebas dari akar rumput. Proses ini penting banget dan harus diutamakan juga dalam berkebu!.

Ketiga: Pemilihan Bibit / Pembibitan
Hal yang terpenting saat pembibitan atau pemilihan bibit tanaman  adalah membuat bedengan Nah, Fungsi dari bedengan adalah melancarkan sirkulasi udara dan mengalirkan air dengan baik.
Tanam palawija
Berkebun palawija.  Poto jepretan www.mangyono.com

Keempat : Perawatan tanaman, yang meliputi dari

- Penyiraman: dengan seberapa banyak air kita harus menyiram tanaman, apakah harus banyak atau asal basah saja, karena semua tanaman itu ada yang tidak harus dan tidak suka air yang terus menerus?.

- Penyulaman tanaman, yaitu menambahkan atau mengganti tanaman dengan benih baru di tempat yang tanamannya mati atau kurang subur
- Penyiangan tanamanyaitu membersihkan dari gulma
- Pemberian pupuk.

Kelima : Panen, harus dipelajari juga cara memanen yang baik, umur tanaman / buah tanaman yang siap dipanen. ( baca Cara membasmi hama tanaman dengan bawang putih )


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

ya saya juga suka bertani pak.
saya senang bertani di polibeg. ya gitu sih pak. kan saya bertani di kota. ngambil waktu sesekali kesibukan pas kuliah. pagi kuliah, sore bertani. asik ;-)

oh ya pak, saya senang bertani melon dan semangka di polibeg. he he

Balas

hehehehe saya juga lebih suka berkebun Mang dari pada harus berkantor :) , dengan berkebun tubuh akan lebih bugar dan dapat terhindar dari beragam penyakit yang aneh aneh

Balas

berkebun mang spt hampir separo jumlah penduduk jerman

Balas

Kalau saya jarang bertani di Polibeg, khan saya di kampung, jadi lahan tanahnya masih banyak yang kosong...

Wah hebat nih Bang sambil kuliah sambil bertani, wajib dicontoh nih...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger