logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Empat Ribu Warga Subang Mendapatkan Pemasangan Gas Bumi Geratis

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Sebanyak 4 ribu kepala keluarga (KK) di dua desa, yakni Cidahu Kecamatan Pagaden Barat dan Dangdeur Kecamatan Subang sudah dilakukan pemasangan program pasokan gas bumi untuk rumah tangga dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Pemasangannya sudah dimulai sejak tahun 2013. Jumlah kuota yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebanyak 4 ribu KK ini yang akan disuplai  dari  pertamina yang ada di Desa Cidahu Kecamatan Pagaden Barat, Subang. Penampungan Gas Alam Desa Cidahu, Subang, jaraknya sekitar 1 KM dari Pertamina desa Cidahu atau silahkan baca pada postingan saya sebelumnya tentang Pencemaran Udara Dari Limbah Pertamina Di Cidahu Subang

Empat Ribu Warga Subang Mendapatkan Pemasangan Gas Bumi Geratis
Penampungan Gas Alam Desa Cidahu, Subang. Poto By Mang Yono

Keempat ribu KK tersebut diproyeksikan hanya untuk warga di Desa Cidahu Kecamatan Pagaden Barat. Namun ternyata warga Cidahu hanya ada sekitar 2.500-an kk. Untuk memenuhi kuota itu, sasaran program kemudian diperluas ke desa yang berdekatan dengan desa Cidahu, yaitu wilayah Kelurahan Dangdeur sebanyak 1.500 kk.U ntuk yang 4 ribu KK ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Sedangkan rumah saya dari desa Cidahu ini harus melewati satu desa lagi, yaitu desa Balingbing, jarak dari desa Cidahu kerumah saya sekitar 10 Km.

Katanya pemasangan pipa dan meteran Gas ketiap rumah ini lebih aman, dan hemat dibanding gas LPG yang ada sekarang. Sebab,katanya, tekanannya lebih ringan hanya mencapai 0,02,  sedangkan untuk gas LPG tekanannya lebih tinggi mencapai 10 sehingga  mudah meledak.

Warga Cidahu Mendapatkan Pemasangan Gas Bumi Geratis
Warga Cidahu Mendapatkan Pemasangan Gas Bumi Geratis
Nanti gas bumi untuk rumah tangga ini akan digunakan diseluruh Subang. Selain rumah penduduk, yang akan dipasang termasuk untuk fasilitas umum dan social yang ada di Kabupaten Subang.

Katanya Proyek pembangunan jaringan gas bumi senilai 43 miliar untuk kalangan rumah tangga yang diperuntukkan bagi 4.000 kepala keluarga di dua desa/kelurahan, yakni Desa Cidahu Kecamatan Pagaden Barat dan Kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang.

Pemasangan pipanisasi gas dan beberapa peralatan lainnya tersebut sudah terpasang disetiap rumah yang berada di Desa Cidahu. Sebanyak 4.000 kepala keluarga (KK) di Desa Cidahu dan Kelurahan Dangdeur Kabupaten Subang, Jawa Barat, mendapatkan layanan jaringan gas rumah tangga gratis dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Ada pun pemakaian gasnya, tetap bayar, tetapi harganya murah. Jika biaya pemasangan jaringan gas rumah tangga itu dibebankan kepada setiap warga, nilainya mencapai Rp 5 juta per rumah. 

Wah nanti kalau saya mau pasang pipanisasi dan perlengkapan harus merogoh kocek 5 Jutaan, tapi saya berharap mudah – mudahan lebih murah dari itu hehehe.

Pemasangan jaringan gas rumah tangga gratis itu baru di Desa Cidahu dan Dangdeur. Saya sebagai warga Kecamatan Pagaden Barat berharap, proyek pro rakyat itu, ke depan bisa menjangkau jumlah keseluruhan 60 ribu KK yang tersebar di 60 desa di Kabupaten subang, Jawa Barat
 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 komentar

Wah jepretan foto Mang Yono cukup bisa menjelaskan posisi dan letak Penampungan gas Alam nya. Senang rasanya tentunya yang dirasakan oleh warga Subang karena mendapat pasokan gas alam gratis dari sponsor irektorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.. Sepertinya program ini belum ada di Pontianakya. Saya pikir Gas Alam Kalbar juga saya belum tau letaknya dimana, Hmmmm

Balas

waaahh kereeenn kira kira di daerah saya (kuningan) kapan yah ada program yang kayak giinian :3

Balas

tapi sampai sekarang gasnya belum bekerja mang, baru dipasang pipa2 aja sih :)

Balas

kebetulan kemarin pagi lewat kedaerah itu... tapi biasanya kalau berangkat dan pulang dari Jakarta lewat kesitu juga, tapi suasana gelap karena malam hari dan dini hari hehehe

Balas

mungkin tahun depan atau tahun depan lagi, kampung saya juga belum kebagian mungkin gak kebagian geratis hehehe

Balas

iya kang, saudara saya juga tinggal di Cidahu belum bisa digunakan baru dipasang meteran dan pemipaan saja, yang penting khan gratis kang, khan penampungannya juga baru pembangunan kang... mungkin kalau saya mau pasang harus bayar, gak kebagian geratis hehehe

Balas

wah, kapan ya kampung saya juga bisamenikmatinya ....

Balas

Wah .. keren ya mas, semoga banyak juga daerah lain di sana pemasangan gas bumi gratis

Balas

mungkin tahun depan, dan tahun depan lagi hehehe

Balas

iya mbak, kalau pemasangan geratisnya cuma 4000 KK, tapi semoga saja meskipun tidak kebagian geratis juga, harga pemasangannya terjangkau hehehe

Balas

Eank banget ya kalau sudah di maksimalkan penggunaan gas bumi untuk warga, apalagi pemasangannya sangat gratis, tinggal bayar saja pemakaiannya.

Salam

Balas

wooow keren ya mang, inisiatif pamarentahnya keren sekali...uh disini mah jajauheun bisa begitu mang

Balas

bagus tuh mang,jd warga bisa ngirit.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger