logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kost untuk melatih supaya mandiri

Sampurasun .. Rampes .

Blog Mang Yono. Alasan adik ipar saya ini kost di daerah Subang Kota , bukan karena dia diusir orang tua atau lari dari kejaran warga kampung yang dikira mencuri pakaian dalam wanita ... hehehe, tapi supaya bisa belajar hidup mandiri dan tidak terbawa pergaulan dengan anak – anak muda di kampung saya, yang kurang baik dimata masyarakat, karena sering tawuran dan hal – hal yang kurang baik lain.

Jadi ceritanya, hari minggu tanggal 3 Agustus 2014 Adik saya “ Jae” sudah diantar / jajap ke kosan, menempati kosan milik salah satu Warga di belakang sekolahannya yang tak jauh dari Rumah sakit Ciereng Subang. Kontrakan atau kosan ini adalah rekomendasi temen sekelasnya yang ngekos didepannya. Adik ipar saya tahun ini baru masuk ke SMK dan ini merupakan pengalaman yang pertama ngekos baginya, ngekosnya pun sendirian.

Kost untuk melatih supaya mandiri
Dengan mengendarai Chevrolet Camaro ZL1 Tanpa Atap hehehe

Berangkat dari rumah sekitar jam 7,00 WIB, berangkat pagi - pagi dipilih supaya di perjalanan agak adem ayem, gak kepanasan, mengingat kendaraan yang di bawa yaitu Chevrolet Camaro ZL1 Tanpa Atap hehehe. Yang ikut jajap banyak juga sekitar 15 orang laki - perempuan, tua - muda dan anak - anak.

Sengaja dari rumah tidak makan dulu, maksudnya belum makan nasi, kalau ngopi dan goreng pisang, goreng tempe dan lontong sih sudah habis lima, tapi namanya orang sunda, kalau belum makan nasi di bilang belum makan, meskipun sudah makan lontong tapi khan beda sama nasi ...  hehehe
 
Kostan adik ipar saya
Dengan perjalanan 1 Jam akhirnya sampai juga di Kost-an adik ipar

Gak berapa lama diperjalanan, akhirnya sampai juga ke kost adik ipar saya. Tapi lama juga sih, namanya satu jam diperjalanan ya lama ya?.

Sesampainya di kost, langsung deh saya ambil tempat yang nyaman dan buka bekal, saya makan duluan karena saya kalau makan lama sekali, kalau bareng - bareng pasti deh saya ketinggalan jauh hehehe. Gak apa ya saya makan duluan, yang lain ngeliatin aja dulu hehehe. Sambil juprat - jepret, pura - pura moto, padahal dah gak tahan ingin ikutan nimbrung makan. 

Mohon maaf bapa - bapa, ibu - ibu, eteh - eteh, akang - akang saya makannya duluan hehehe

Nah sekarang boleh deh dimulai gelombang keduanya, giliran saya yang jepret - jepret sambil makan juga. Soalnya saya belum selesai makan  hehehe. Tapi anehnya saya paling suka makan dan nyemil, tapi kenapa gak gemuk - gemuk, katanya yang suka ngemil itu suka gemuk. # ah mitos ya hehehe.

Nah sekarang boleh deh dimulai gelombang keduanya, giliran saya yang jepret - jepret sambil makan juga
Sekarang boleh deh dimulai gelombang keduanya, giliran saya yang jepret - jepret sambil makan juga hehe
Kalau makannya bareng - bareng memang nikmat ya, meskipun lau dan lalapannya alakadarnya dan asal ada, asal ada opor, asal ada pepes ikan, asal ada karedok, dan asal ada yang lainnya hehehe

Kita kembali lagi ke cerita ngekos adik ipar saya. Mungkin meskipun baru mulai ngekost juga kalo masalah nyapu, nyuci, ngepel, nyetrika sendiri masih bisa dia lakukan. Nah kalo masalahnya masak – memasak mungkin bisa beli diwarung hehehe, ini ni yang susah. Satu dua hari pertama belum mungkin belum kerasa, tapi pas hari ketiga dan seterusnya, mungkin baru nyadar betapa berharganya seribu rupiah itu bagi anak kost hehehe. Dulu waktu saya sekolah di STM Purwakarta juga pernah ngalamin yang beginian.

Berikut ini ada Tips dari saya tentang menghemat uang di Kosan atau dikontrakan bagi anak sekolah, maha siswa dan karyawan atau kuli seperti saya.
(1). Catat semua keperluan sehari-hari sebelum belanja, prioritaskan untuk belanja sesuai catatan yang kita buat. Belilah yang kamu butuhkan, bukan kamu ingingkan.

(2). Jangan terlalu terpengaruh mode, periksa kembali lemari baju, padupadankan pakaian lama kita, tanpa harus beli yang baru.

(3). Belanjalah pakaian dengan model, motif dan warna yang netral, biar bisa di padupadankan dan bisa dipakai sehari - hari

(4). Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan karena yang berlebihan itu akan menyebabkan kanker alias kantong kering kerontang hehehe.

(5). Jagalah kesehatan. Usahakan berjalan kaki sekitar 20 - 30 menit setiap hari untuk memperlancar peredaran darah biar tidak gampang sakit. Anak kost dilarang sakit hehehe).

(6). Jangan biasakan menyimpan uang cash terlalu banyak di dalam dompet, ini akan membuat kamu merasa ”punya uang” dan kemudian membeli barang-barang yang sebetulnya tidak kamu perlukan, sediakan uang secukupnya di dompet.

(7). Jangan biasakan ngutang… nanti malah kebiasaan, kalau kepepet sih gak apa - apa ding hehehe.

(8).Jangan lupa zakat, infaq, dan sodaqoh nya yah… Insya Allah kamu gak bakal kekurangan deh. Setidaknya selalu merasa cukup dan bersyukur.

Silahkan baca juga Cara Membuat Nasi Liwet khas Sunda di Saung Sawah


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

21 komentar

Hehehee..... Mang Yono paling suka bercanda yah! Mungkin sudah tradisi orang sunda suka di buat humor. Hampir sama dengan tulisannya kang Reo! He hee....

Tapi benar juga tips yang di bagikan, kalau tertib lalulintas kebutuhan hidup, bakal lancar-lancar semua urusan.

Balas

Mandiri ( makan mandi sendiri ) haha,,,,semoga betah deh buat adik iparnya,,,,,BTW tega bener si Mamang yang lain belum makan eh makan duluan meni teu mere yeuh heuheu

Balas

andai saya baca ini beberapa tahun yang lalu saat saya masih di Asrama, pasti bisa nabung banyak mang hehehe, bisa ngirit kwkwkkw

Balas

mamang mah dah overload kali timbangannya..jd biar sering ngemil gak ada ngaruhnya... hehe

tips oke tuh mang yon :)

Balas

Makan bareng bareng memang lebih nikmat ya mas :)

Balas

itu yang cewek rambut pendek siapa mang...? kalau masih jomblo salam ya buat dia wkwkwkwkwk :D :D kok rame banget mang...?

Balas

hadeuh...c mamang lagi bahagia teyus euy.
eta nu jajap meni sakampung pisan nyak....sunda tea...apal-lah mereun

Balas

Iya mbak, kalau tertib khan pasti terarah, jangan sampai baru dapat kiriman atau dapat gajian dah habis lagi, nanti giliran bulan tuwa gak bisa ngeblog heheheh

Balas

betul sekali kang itu mandiri hehehe ... saya cuma nyicipi lebih dulu aja dan selesainya belakangan hehehehe

Balas

iya mbak, sayang ya saya ngeblognya baru setahun, coba kalau saya ngeblognya pas saya SMP khan saya posting masa pacaran pertama hehehe

Balas

iya ya mas, mungkin masa pertumbuhannya dah tidak berpungsi hehehe...

moga aja bermanfaat ya mas Pur hehehe

Balas

Betul sekali mbak Ely... makanya saya makan duluan juga sambil nuggu makan barengnya biar nikmat hehehe

Balas

Cie.. cie ... cieee.. cuit ... cuit hehehe... itu saudara saya mas, memang masih jomlo tuh, nanti deh saya sampaikan ke ibunya hehehe ... kan namanya juga jajap mas, mungkin juga karena dikampung mas, setiap ada yang mau merantau atau ada yang dirumah sakit biasanya bareng - bareng jajap atau besuk, padahalal ini dadakan dan dan sebelumnya gak kasih woro - woro hehehe

Balas

mumpung ada kesempatan kang hehehe ... iya kang, padahal ini secara rerencepan, ini juga banyak yang gak bisa ikut kang karena mobilnya kecil, harusnya pakai mobil Truk hehehe

Balas

Tips nomor 6 ini boleh juga diterapkan. Soalnya kalau dompet di isi uang yang cukup atau lebih bawaannya memang belanja mulu. Hiehiehie Tepat sekali Ini boleh boleh lah saya titu setiru tirunya. Lalu soal nGEKOS, wah jaman saya baru pertama kali kerja juga ngekos. Tapi KOST PEGAWAI atau kosannya orang sudah kerja. Waktu itu saya kos sendirian. MEmang kalau kos sendiri jauh lebih mahal, tapi jauh lebih enak karena MANDIRI. Saya pernah kos waktu Mahasisea, berdua dalam satu kamar. Waaa kadang suka ribut. Berantem hihihihihihi

Balas

setuju,,ngekos emang melatih kita hidup mandiri,,,mandi sendiri sendiri,,wkwkwkwkwkw...aku ngekos hampir 5 tahun,,,dan bener2 mandiri,,,

Balas

Saya sangat setuju banget kalau kost itu melatih supaya mandiri.
Saya sangat setuju banget sama Tips Menghemat uang di kost-an yang Mang Yono berikan.

Tapi saya mah nggak bakal setuju, kalau sudah ngopi, goreng pisang, goreng tempe, lontong lima, ngakuna belum makan..????. Eleuh..eleuh.. Mang Yono mah ayak-ayak wae euy.....

Balas

tepat sekali , dengan tinggal di kost itu bisa memberi pengalaman dan pembelajaraan supaya mandiri

Balas

jadi ingat masa kuliah dulu,... kost2an,....hehehe

Balas

waah saya juga dulu anak kos looh, salam kenal :)

Balas

Saya hidup mandiri juga karena terbiasa kost :)
Kunjungan balik yah ke Kemasan Makanan

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger