logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Siswa SMP sudah seharusnya memakai celana panjang

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono. Anak saya tahun ini masuk SMP Negeri 1 Pagaden Barat yang beralamat di Jl. Sukasari, Cidadap, Pagaden Barat. Kalau dulu saya sekolahnya di SMP Negeri 1 Pagaden Jl. Statsiun No. 63 Kec. Pagaden. Waktu kecamatan Pagaden belum dimekarkan SMP Negeri 1 Pagaden Barat disebut dengan SMP Negeri 3 Pagaden

Rencana awalnya anak saya “ Gugum “ mau saya masukan ke sekolah SMP Negeri 1 Pagaden yang beralamat di Jl. Statsiun No. 63, tapi berhubung tidak ada temannya yang sekolah di sekolah SMP Negeri 1 Pagaden dan saya tidak bisa mengantarkan setiap hari kesekolah, maklum sayanya sering kuli di Jakarta. Ya sudah anak saya dan teman – temannya masuk ke SMP Negeri 1 Pagaden Barat yang beralamat di Jl. Sukasari, Cidadap Pagaden Barat.

Siswa - siswinya SMP sudah seharusnya  memakai celana / rok panjang
Anak saya " Gugum " dengan seragam putih birunya


Silahkan baca juga :  PERSAMI SMPN 1 Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat

Jarak dari rumah saya ke SMP Negeri 1 Pagaden sekitar 15 KM, dulu saya berangkat sekolah dari rumah sekitar jam 4.30 WIB dengan sepedah ontel, kadang suka kesiangan juga kalau pas hujan, dan jalanan becek penuh lumpur. makanya untuk sekolah Gugum, saya masukan ke SMP terdekat jarak dari rumah saya ke SMP Negeri 1 Pagaden Barat sekitar 2 KM, cukup deket khan hehehe.


Waktu SD siswa laki-laki memakai celana panjang, sedangkan siswa perempuan memakai rok panjang.  Sebenernya saya ingin anak saya di SMP memakai celana panjang tapi ketentuannya tentu berbeda Siswa laki-laki SMP Negeri memakai celana pendek, sedangkan siswa perempuan memakai rok selutut. Model seragam tersebut tidak berubah sejak saya sekolah di SMP pada awal tahun 1990-an. 

Anak saya " Gugum " dengan seragam putih birunya
Gugum siap - siap berangkat sekolah

Berhubung sejak SD (Seperti poto dibawah ini ) anak saya memakai seragam celana panjang, maka dia agak risih juga kalau pas SMP pakai celana pendek. Saya memahami hal ini, namun aturan Diknas tentang seragam saya pikir belum berubah. Menurut saya seragam SMP untuk anak laki-laki seharusnya mengikuti perkembangan zaman. Anak-anak sekarang lebih cepat “matang” dibandingkan generasi kita zaman dahulu. Mereka sudah cepat akil baliq (puber) pada umur di bawah 14 tahun. Anak-laki-laki zaman sekarang sudah banyak mengalami “mimpi basah” pada kelas 1 SMP (sekarang kelas 7) sedangkan anak perempuan lebih cepat lagi matangnya, mereka sudah banyak mendapat haid sejak kelas 6 SD atau lebih awal lagi. 
http://www.mangyono.com/
Gugum dengan seragam merah putihnya waktu sekolah SD Negeri Gardu Mukti

Karena siswa SMP laki-laki sekarang sudah cepat pubertasnya dibandingkan laki-laki zaman dahulu, maka tidak pantas lagi mereka disebut anak-anak, mereka sudah mulai remaja bro! Maka siswa SMP laki-laki sudah seharusnya memakai seragam celana panjang seperti kakaknya di SMA. Apalagi anak-anak sekarang rata-rata jangkung-jangkung ( termasuk anak saya ) karena gizi yang membaik, maka kurang elok ke sekolah masih memakai celana pendek, sementara sehari-hari di lingkungan rumah mereka memakai celana panjang.

Memang, aturan seragam sekolah saat ini sudah dibebaskan kepada sekolah untuk menentukannya, sesuai dengan otonomi sekolah dan wilayah. Jadi, ada sekolah yang masih menerapkan seragam rok / celana pendek hingga selutut dan ada pula yang menerapkan seragam rok / celana panjang. Begitujuga di Kabupaten Subang sudah banyak sekolah SD, SMP yang sudah menerapkan seragam siswa dengan memakai seragam celana panjang sedangkan siswinya dengan memakai seragam rok panjang.

Memakai rok panjang — meskipun siswa tersebut tidak berkerudung — lebih aman dan nyaman bagi siswi yang bersangkutan. Sebagian pihak mencurigai seragam rok panjang model tersebut sebagai penerapan syariat Islam. menurut saya itu kecurigaan yang tidak berdasar, sebab memakai rok panjang atau pakaian panjang seperti gaun adalah ciri khas perempuan di manapun. Coba lihat pakaian foto-foto perempuan Eropa atau Amerika sebelum abad 19, umumnya perempuan memakai pakaian sopan dengan rok panjang.Meskipun pada abad sekarang ini sudah berpakaian yang sedikit wah hehehe.

Oleh karena itu, sudah seharusnya siswa SMP yang laki-laki dan perempuan juga memakai seragam celana panjang. 

Silahkan baca juga : Baju Seragam Sekolah Harus Di Pertahankan


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

17 komentar

Setuju mang.. ponakan saya walau masih sd saja sukanya pakai celama panjang.. dan dia malah merasa nyaman pakai itu

Balas

Wah Ayah sama anak berskolah di SMP yang sama ya
Hihiihihihi

Balas

Secara pribadi saya setuju dengan penerapaan Celana Panjang bagi anak lelaki. Namun yang tidak saya mengerti adalah peraturan sekolah yang mewajibkan sang anak didik untuk memakai Celana Panjang. Dari segi estetika dan kesopanan, jelas celana Panjang relatif lebih terjaga kehormatannya. Usulan ini memang layak untuk disampaikan kepada Mendikbud. Mungkin perlu dukungan yang luas lagi, sehingga menjadi usulan yang kolektif dan didukung oleh banyak orang agar terdengar oleh petinggi di Kementrian Pendidikan Republik Indonesia

Balas

iya sob, sedangkan sehari - harinya kalau gak sekolah memakai celana panjang, pas sekolah katanya risi hehe

Balas

sekolahnya beda kang, kalau ayahnya dulu di SMP Negeri 1 Pagaden jl. statsiun no 63. kec. Pagaden ( 15 KM dari Rumah saya )

anak saya sekarang sekolahnya di SMP Negeri 1 Pagaden Barat jl. Sukasari, desa Cidadap, Pagaden Barat ( 2 KM dari Rumah saya )

Hehe Namanya hampir sama ya kang SMP Negeri 1 Pagaden dan SMP Negeri 1 Pagaden Barat, padahal berbeda jauh hehe

Balas

memang sih kang, aturan seragam sekolah saat ini sudah dibebaskan kepada sekolah untuk menentukannya, sesuai dengan otonomi sekolah dan wilayah. Jadi, ada sekolah yang masih menerapkan seragam rok / celana pendek hingga selutut dan ada pula yang menerapkan seragam rok / celana panjang.

Di Kabupaten Subang juga sudah banyak sekolah SD Negeri , SMP Negeri yang sudah menerapkan seragam siswa dengan memakai seragam celana panjang sedangkan siswinya dengan memakai seragam rok panjang.

Kalau sekolahan swasta siswa/siswi malah sudah semuanya memakai celana/rok panjang

Balas

Tapi sekarang beberapa sekolah sd-menengah sudah mulai memakai celana panjang mas.

Balas

jadi kebalik ya mang, waktu SD panjang kok SMP pake celana pendek, memang ini sudah seharusnya menjadi kepmen pendidikan untuk membakukan pemberlakuan celana panjang di SMP..soalnya itu warisan kompeni mang hehe....

Balas

di kampung saya anak smp sdh pakai celana panjang semua mang :)

Balas

Betul mas, ada juga daerah yang SD dan SMP-nya sudah memakai celana / rok panjang, tapi belum dibakukan dari pemerintah, anak saya aja waktu sd sudah memakai celana panjang hehehe

Balas

Betul sekali mas Guru, meskipun sudah ada sebagian SMPN yang memakai celana/rok panjang tapi itu belum dibakukan sama kepmen pendidikan ya mas .. mudah - mudahan saja dengan postingan ini ada kepmen pendidikan yang tergerak hatinya hehehe *Gaya hehehe

Balas

wah hebat dong mbak Juragan di kampung saya SMPN ada satu kalau yang swasta sudah pada pakai celana/rok panjang hehehe

Balas

Setuju saya mang , akan lbih indah kyaknya di liatnya juga mang, tpi saya dlu juga kyaknya udh pke celana panjang mang disini mah .

Balas

Kalo untuk sekolah Negeri mungkin masih banyak sekolah yang masih mengenakan celana pendek ya kang, tapi kalo untuk sekolah swasta rata-rata memang mengenakan celana panjang dan Alhamdulillah ditempat sekolah saya dari mulai tingkat TK sampe SMK dari awal memang mengenakan celana panjang :)

Balas

saya juga setuju seperti yang komen2 di atas, lagian dengan pakaian yang panjang lebih terlihat rapi :)

Balas

hiyah mang, saya juga setuju kalau anak SMP udah waktunya make celana panjang, SD ajah juga udah mulai banyak yang pake celana panjang ko'

Balas

berarti anaknya udah gede ya mang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger