logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membasmi Kungkang / Walang Sangit Yang Unik

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Beberapa waktu yang lalu, saya dan beberapa petani yang menanam padi seringkali dibuat jengkel karena ulah Kungkang alias walang sangit (Leptocorisa oratorius).  Betapa tidak ?  Padi yang sudah berbuah menjadi mangsa Kungkang.

Serangga ini akan menghisap buah padi atau gabah sedemikian rupa sehingga seringkali buah padi akan berwarna kecoklatan hingga hitam bahkan pada serangan yang parah akan mengakibatkan bulir padi menjadi hampa. ( baca : Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi)

Cara Membasmi Kungkang / Walang Sangit Yang Unik
Harganya cukup murah, untuk mentahan satu bungkus Rp. 3.000,- sedangkan Kungkang yang sudah matang / digoreng di harganya Rp. 5.000,-/ bungkus.


Baca juga : Cara membuat cobek kungkang atau belalang.


Oleh karena itu, petani di desa saya berupaya untuk Membasmi Kungkang / walang sangit dengan cara ditangkap menggunakan jaring yang halus. Kalau didaerah lain mungkin para petani membasminya dengan pestisida atau ramuan dari bahan – bahan nabati, seperti Umbi Gadung, Kulit jengkol, daun tembakau, daun sengon daun sirsak dan masih banyak lagi. Tapi diderah saya ndak seperti itu loh 
Kungkang / Walang Sangit
Kungkang / Walang Sangit

Baca juga : Enak dan Renyahnya Goreng Jangkrik


Nah, Kungkang / walang sangit hasil tangkapan dikumpulkan untuk dijual , kalau dikampung saya di Dusun Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, ada penjual yang sengaja keliling menawarkan Kungkang / walang sangit berupa mentahan atau ada juga yang menjualnya sudah dimasak atau digoreng untuk dikonsumsi. Harganya cukup murah, untuk mentahan satu bungkus Rp. 3.000,- sedangkan Kungkang yang sudah matang di hargai Rp. 5.000,-/bungkusnya. Kata saya mah murah, coba kalau kta sengaja nangkap sendiri dijamin cape deh hehehe.

Baca juga : 
Ngobor belut di sawah 
Ngurek belut atau mancing belut di sawah 
Renyah, Lezat Goreng Belut Mih Emuk Kukulu, Pagaden Barat 


Mungkin sebagian orang geli melihat binatang ini, apalagi untuk dikonsumsi hehehe


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

emangnya enak ya gan walang sangit sampai ada yang jualan,
sepertinya baunya juga bau sangit gan...
mau coba tapi gimana gitu.. hehe :)

Balas

Kalau kungkang hijau, lembing hijau / kungkang padi enak gan, kala kungkang batu atau lembing batu / warna coklat baunya sangit, sepertinya gak enak gan ... ehheeh

Balas

Salam sore Mamang Yono yang baik hati dan pandai berbagi.
Jadi nambah pengetahuan saya tentang serangga nih Mang..?
Walah...!!! kok serangga enak dimakan ya Mang? baru tau saya.. :-bd

Balas

Mang Yono, tau banyak tentang serangga ya..
Saya bisa belajar pada Mamang nih, makasih ya Mang Yono..? :)

Balas

lembing batu yan bau bangeeetyyy

Balas

ternyata bisa dimakan juga ya mang belalang kecil seperti itu, saya kira cuma belalang kayu aja yg bisa dibakar hehehe :D

Balas

cara mengatasi hama walang sangitnya unik, biarpun hama tapi bisa dimakan juga :D

Balas

kasihan walang sangitnya dibunuh mang,,,hiks,,,

Balas

Digoreng tepung pasti enak ya Mang .... *jadi laper :D

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger