--> Skip to main content

GRAPEFRUIT SALAD WITH THAI DRESSING.

GRAPEFRUIT SALAD WITH THAI DRESSING.

Blog Mang Yono dapat kiriman lagi dari sodari Kadek Nila Utami, Singaraja, Bali. GRAPEFRUIT SALAD WITH THAI DRESSING Ini merupakan kiriman yang ke-5 dari sodari Kadek Nila yang saya terbitkan di Blog Mang Yono ini. 

Setelah sebelumnya mengirimkan TIPS MEMBUAT TEH TALUA HANGAT UNTUK KESEHATAN TUBUH.

 GRAPEFRUIT SALAD WITH THAI DRESSING

POTO ILUSTRASI GRAPEFRUIT SALAD WITH THAI DRESSING.

Masakan Thai atau masakan Thailand merupakan makanan atau minuman serta cara memasak yang khas dari negeri Thailand. Ciri khas masakan Thai adalah berasa pedas dan penuh dengan bumbu, namun diseimbangkan dengan rasa manis, asin, masam dan pedas. Meskipun disebut sebagai masakan Thai, di Thailand sendiri terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama yaitu : Thailand Utara, Thailand Timur Laut (masakan Isan), Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Dimana masakan daerah ini mendapat pengaruh besar dari masakan China dan masakan negara - negara tetangganya. Seperti kari khas Thailand yang memakai rempah - rempah segar, kari Thailand Selatan menggunakan rempah - rempah kering yang digoreng seperti kari India. Ciri khas lain masakan Thailand Selatan adalah kombinasi kental campuran santan dan kunyit segar. 

Mayoritas penduduk Thailand Selatan beragama Islam. Nenek moyang mereka berasal dari anak benua India sehingga masakan Thailand Selatan hampir menyerupai masakan dari negeri India. Masakan Thailand Timur Laut (Isan) sering menggunakan perasan limau atau jeruk dari jeruk nipis, lemon hingga mandarin dan jeruk manis, dan sangat dipengaruhi oleh masakan Laos. Pada masa sekarang, beberapa makanan Thai dikenal sebagai adaptasi dari masakan China yang diperkenalkan di Thailand oleh orang Tio Ciu adalah mayoritas orang Cina - Thai. Masakan – masakan yang tercipta berasal dari kombinasi kental hidangan China, seperti : jok, kwetiau rad na, khao kha moo (moo pa-loh), bamii, dan khao mun gai. Bumbu dan rempah - rempah yang biasa dipakai untuk jenis hidangan ini adalah dalam kondisi segar (bukan dari rempah - rempah kering). Diantaranya adalah cabai rawit, cabai merah, santan, kecap ikan (nam pla), jahe, bawang putih, bawang merah, daun ketumbar, serai, terasi (kapi), gula jawa, dan asam jawa.

Grapefruit Salad With Dressing merupakan salah satu hidangan pembuka khas negeri Thailand. Salad yang satu ini berasa asam segar berkat kehadiran jeruk bali dan jeruk sunkist, juga dipadu padankan dengan buah jeruk manis agar rasanya lebih nikmat saat anda santap bersama – sama dengan keluarga atau teman – teman dekat anda. Mudah dijumpai pada beberapa restoran atau kafe di dekat tempat tinggal anda namun tidak ada salahnya apabila sekali waktu anda luangkan beberapa menit untuk membuat sendiri jenis hidangan pembuka khas negeri Thailand yang satu ini.

Bahan – bahan yang dibutuhkan adalah :
600 gram jeruk bali, kupas kulitnya, dan dipotong – potong ukuran bebas.
100 gram selada keriting, disobek kasar.
100 gram selada air, disobek kasar.
10 buah tomat ceri, dibelah dua.
1 buah jeruk sunkist, kupas kulitnya, dipotong – potong bebas.
50 gram kacang tanah, disangrai untuk taburan.
1 buah alpukat, kerok dagingnya dan beberapa biji buah anggur hijau, dibelah dua dan hilangkan bijinya.
Bahan – bahan untuk saus, diaduk rata :
50 ml air jeruk nipis,
3 sdt kecap ikan,
3 sdt daun ketumbar cincang,
1 sdt gula pasir
1 buah cabai merah keriting, diiris halus.

Cara membuatnya :
Campur semua bahan kecuali kacang tanah. Tata di atas piring saji. Siram dengan saus yang sebelumnya diaduk rata, lalu taburi kacang tanah. Sajikan segera untuk 2 orang. Untuk menambah kelezatan rasa, sebaiknya semua bahan disimpan terlebih dahulu dalam kulkas.

Mudah bukan mempraktekkan sendiri cara membuat grapefruit salad with thai dressing di rumah anda. Selamat mencoba, semoga sukses !

Penulis : Kadek Nila Utami
Marital status  : Female
Studies  :  D3 Accounting Udayana University at Denpasar Bali
Hobby   :  Write and read
Home    :  Jl. Raya Sangsit gg. Bima no.1 dinas Tegal Singaraja Bali   
Others Special Skills  : Accounting, English, Computer


Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Untuk menyemarakkan Blog Mang Yono di dunia maya, Admin Blog Mang Yono menerima kiriman artikel dari pembaca untuk dipublish di Blog Mang Yono pada KIRIMAN SAHABAT. Bila Anda ingin mengirimkan tulisan dapat mengirimkan melalui e-mail (blogmangyono@gmail.com), bisa juga tulisan dikirim melalui pesan Facebook saya atau bisa juga tulisan diantar langsung ke Rumah saya hehehe. Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono ? 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments