--> Skip to main content

Jamnya orang sunda sudah ada pada jaman dahulu kala.

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Dari hasil penelitian diketahui bahwa masyarakat Sunda telah mengerti dan memanfaatkan teknik astronomi sejak ribuan tahun lalu. aKatanya sesuai yang saya baca.

Sebagai contoh, istilah "haneut moyan" yang berarti waktu hangat berjemur yaitu pukul delapan pagi. Penunjuk waktu dengan cara seperti ini sangat lengkap dalam hitungan 24 jam oleh masyarakat Sunda.Ini hampir tiap jamnya terwakili dan masih dipakai sampai sekarang. 

Jamnya orang sunda sudah ada pada jaman dahulu kala
Gigin sedang "Moyan" di pagi hari. Blog Mang Yono

Fenomena unik lain di tataran masyarakat Sunda terkait astronomi adalah sangat erat hubungannya dengan benda-benda langit. Mungkin ada kaitannya dengan legenda Nini Anteh yang disebut sebagai nenek moyang orang Sunda  dan tinggal di bulan. Orang Sunda juga menggunakan rasi bintang untuk menunjukkan petani kapan musim kemarau atau penghujan. Rasi yang paling penting buat mereka adalah bintang Pleindes atau disebut Waluku dan bintang Kenti atau disebut Ranggeuy.

Baca : Cerita Legenda Dewi Padi / Dewi Sri Di Jawa Barat

Waktu sekolah SD pelajaran Bahasa Sunda saya ingat betul ada pelajaran tentang Wanci. Wanci adalah penunjuk waktu. Penunjuk waktu dengan menggunakan wanci yang disandingkan ke Jam. Nama wanci pada Jamnya orang sunda ini lebih menggambarkan suasana yang dirasa pada saat-saat tersebut.

Jam Sunda ini memliki keunikan tersendiri, berbeda dengan jam yang ada saat ini, keunikan tersebut terletak dari petunjuk waktu yang di gunakan bukan angka melainkan kata-kata atau wanci
Berikut nama-nama waktu jam sunda.

jam 00.00 = tengah peuting.
jam 01.00 = tumorek.
jam 02.00 = janari leutik.
jam 03.00 = janari gede.
jam 04.00 = kongkorongok hayam.
jam 05.00 = balebat.
jam 06.00 = carangcang tihang.
jam 07.00 = meletek panonpoe.
jam 08.00 = ngaluluh taneuh.
jam 09.00 = haneut moyan.
jam 10.00 = rumangsang,
jam 11.00 = pecat sawed.
jam 12.00 = tangage,yang berarti panas terik.
jam 13.00 = lingsir (panon poe lirgsir ngulon).
jam 14.00 = kalangkang satangtung.
jam 15.00 = mengok.
jam 16.00 = tunggang gunungj
jam 17.00 = sariak luyung.
jam 17.30 = sareupna.
jam 19.00 = harieum beungeut.
jam 20.00 = sareureuh budak.
jam 21.00 = tumoke.
jam 22.00 = sareureuh kolot.
jam 23.00 = indung peuting.
Saat ini orang Sunda di perkotaan sudah tidak tahu bahkan sudah pada lupa dengan wanci jamnya orang sunda. Tapi diperkampungan jamnya orang sunda masih bisa dijumpai dan didenga.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments