logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Rasa Manis Asam Seger Peuyeum Ciruluk, Kalijati, Subang

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Mungkin bagi masyarakat Jawa Barat penganan peuyeum atau tape sudah tidak asing lagi. Hampir di semua daerah di Jawa Barat terdapat penganan ini. Namun, tak banyak daerah yang memiliki peuyeum khas dengan cita rasa tersendiri dan berbeda dengan didaerah lain, termasuk peuyeum buatan sendiri heheh. Salah satu daerah yang memiliki peuyeum yang khas adalah kampung Ciruluk, kecamatan Kalijati, kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia.

Kampung ini memang dikenal dengan kampung “peuyeum” bukan Peuyeumpuan loh hehehe. Peuyeum yang dibuat di kampung ini adalah peuyeum/tape ketan. 

Peuyeum / Tape Ciruluk, Kalijati, Subang
Rasa Manis Asam Seger Peuyeum Ciruluk, Kalijati, Subang

Saya sempet nanya ke penjual Peuyeum yang keliling ke kampung saya. Sebut saja namanya Euis ( Nama sebenarnya *red heheh ) Euis mengaku tak tahu pasti sejak kapan warga kampungnya mulai membuat peuyeum, menurutnya sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar pun sudah banyak warga yang berjualan peuyeum. Ia sendiri mulai belajar membuat peuyeum sejak duduk dibangku SD kelas 6.

Menurut Euis selain menerima pesanan dari warga yang hajatan, warga kampungnya juga banyak yang menjual peuyeum hingga ke luar Subang dan ada juga yang berkeliling ke kampung - kampung..

 “Kalau saya sih membuat peuyeum kalau sudah tidak ada pekerjaan di sawah saja, Mang, kalau ada pekerjaan dan agak sibuk disawah, ya saya berenti dulu membuat peuyeumnya, nanti kalau sudah selesai pekerjaan di sawah baru membuat peuyeum lagi,” katanya ke admin www.mangyono.com.

Menurut saya peuyeum Ciruluk memiliki rasa yang lebih baik dari peuyeum daerah lainnya. Peuyeum Ciruluk memiliki paduan rasa asam manis lebih pas dibanding peuyeum daerah lain.

Apa mungkin yang membedakan daun pembungkusnya, Peuyeum Ciruluk menggunakan daun muncang (kemiri) sebagai pembungkus peuyeum, tapi waktu itu juga keluarga saya membuat peuyeum ketan dengan pembungkus daun kemiri, rasanya berbeda juga “ Lebih Pas rasanya “ ( yang membuat khan istri saya hehehe ).
Peuyeum Ketan Buatan Sendiri.
Peuyeum Ketan Buatan Sendiri.

Silahkan baca Cara Membuat Tape Ketan Sendiri.

Kebanyakan peuyeum hasil buatan daerah lain di bungkus menggunakan daun pisang atau daun jambu air seperti peuyeum Kuningan. Daun kemiri bahan pembungkus peuyeum ini banyak ditanam warga Kampung Ciruluk di halaman rumahnya.

Dengan ke-khasannya dari peuyeum Ciruluk jadi menambah khasanah kuliner kabupaten Subang.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

21 komentar

Kalau peyeum yang manis dn di bungkus sama daun seperti ini enak banget Kang. :D

Salam

Balas

tergantung mas. kalo saya yang bikin pasti nggak enak, hehe

Balas

aktif banget ngeblognya mang. GA memang yuhui deh

Balas

Saya mah yang tasa apa aja embat aja deh, asalkan jngan banyak banyak bisa bikin perut aya panas...

Balas

kalau berasnya ketan hitam atau biasa mang ?
mantap nih layak dicoba kalo ke subang

Balas

Saya mah peuyeum yang biasa aja dah lama banget gak pernah makan lagi kang :)

Balas

bungkusnya unik ya mang, pakai daun kemiri. biasanya kan peuyeum bungkusnya pake besek

Balas

kalau ditempat saya biasanya pake pembungkus dari daun pisang kang, mungkin kapan-kapan bisa dicoba nich pake daun kemiri.

Balas

wadduh c amang, aku mau nostalgiaan sama makanan ini , sbb ini peuyeum gue bangets hehe..

Balas

betul sekali mas, tergantung yang bikin... kalau saya bikin pasti deh enak hehehe

Balas

Ini artikel sudah lama mas, tapi sudah terjadwal waktunya hehehe

Balas

Iya mas kalau kebanyakan maka tape ketan bisa mabuk heheeh

Balas

tentunya beras ketan hitam atau beras ketan putih, kalau pakai beras biasa gak bisa sob...

Balas

Kalau begitu segera bikin kang... biar bisa merasakan peuyeum lagi hehehe

Balas

khasnya peuyeum Ciruluk pakai daun kemiri kang... tapi rasanya juga khas kang.

Balas

iya kalau ditempat lain pakai daun pisang atau daun jambu air... silahkan dicoba, kalau gak ada daun kemirinya, nanti datang kesubang aja ya hehehe

Balas

Silahkan teh, sambil nostalgiaan sambil bikin sendiri aja peuyeum ketannya hehehe

Balas

peuyeum ketang hideung kalau di Betawi biasanya dimakan sama uli,disebutnya tape uli,,,hadeuh seger pisan rasana,,,,,si euis mah elehlah walaupun peuyeumpuan juga hahaha

Balas

hadeuhhh Teh Santika abong abong peuyeumpuan uey heuheu

Balas

kalau saya yang bikin pasti haseum rasanya

Balas

wah peuyeum ini oleh-oleh wajib kalo sedang piknik di daerah Jawa Barat..

tapi saya terakhir makan peuyeum sewaktu masih SMP. jadi kangen pengen makan peuyeum lagi nih.. hehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger