logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman bunga yang mudah perawatannya.

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Pentingnya menanam bunga atau tanaman di taman atau di pot merupakan suatu kebutuhan tersendiri, seperti pada tulisan saya sebelumnya tentang Taman didepan rumah itu penting loh. Karena sebuah Rumah yang ada bungannya akan menjadi inspirasi bagi penghuni rumah itu sendiri, selain itu keberadaan tanaman bunga akan berdampak pada keasrian dan kesejukan sebuah rumah dan penghuninya.

Penghijauan di lingkungan rumah sangatlah penting untuk kesehatan dan kenyamanan penghuninya. Salah satu hal yang sering menjadi masalah, adalah jika tanaman yang ditanam di rumah tidak cepat proses tumbuhnya, dan malah sering mati karena tidak mendapat sinar matahari dan perawatan yang kurang maksimal atau bahkan salah dalam perawatannya. Berhubung saya suka merawat dan menanam bunga ya saya sedikit tahu tentang sifat dan karakter bunga itu, kalau mau lihat koleksi tulisan saya tentang bunga di blog ini silahkan kunjungi di Label tentang Bunga

Tanaman bunga yang mudah tumbuh dan mudah perawatannya.

Sirih Gading didepan Rumah Boss saya hehe

Nah, untuk itu sebaiknya Kita menanam tanaman-tanaman bunga yang mudah tumbuh, kalau ditanam di dalam rumah tidak perlu sinar matahari yang banyak, tidak perlu perawatan dan pengairan ekstra ketat, dan tentu saja tahan pada setiap kondisi cuaca yang ekstrim selakipun.

Berikut ini, saya akan sedikit berbagi beberapa jenis tanaman yang mudah tumbuh dan dapat mempercantik taman di rumah atau bisa ditanam di pot, bisa untuk mempercantik ruangan tamu atau ruangan keluarga.

A. Sirih Gading, Sirih - Sirihan / Epipremnum Aureum

Tanaman bunga Sirih gading dikenal dengan nama lolo munding atau tali (Sunda), jalu mampang, sulang (Jawa) dan samblung (Bali). Sirih gading adalah tanaman merambat dengan batangnya yang bulat liat, bagian pangkalnya mempunyai akar-akar gantung yang panjang meliliti pohon atau merambat pohon. 
Sirih Gading, Sirih - Sirihan / Epipremnum Aureum
Sirih Gading, Sirih - Sirihan / Epipremnum Aureum

Bentuk daunnya seperti daun sirih menyerupai jantung hati. Warna daunnya unik, bercampur kuning membentuk motif seperti marmer tapi ada juga yang warnanya jhanya hijau. Sirih Gading tak perlu perawatan khusus. Penanamannya pun cukup mudah yaitu tinggal menyiapkan media Tanah gembur dicampur pupuk kandang adalah media tanam yang cocok, tanaman ini juga bisa hidup dengan akar yang tumbuh subur di media air tanpa menggunakan media tanah.

Tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman pot gantung atau dengan menggunakan pot yang memakai kaki karena batangnya yang langsing penuh daun. Bila ditanam di tanah batangnya cenderung tumbuh membesar demikian pula daun-daunnya. Tanaman ini memerlukan atau harus disiram tiap hari, kalau tidak disiram tiap hari maka daun – daunnya akan menguning dan rontok. Untuk lebih jelasnya tentang bunga Sirih Gading silahkan baca di postingan saya tentang : Sirih Gading, Sirih - Sirihan / Epipremnum Aureum

B. Lidah Mertua ( Sansevieria )

Tanaman yang satu ini memang terbilang bandel. Mereka suka akan banyak cahaya, tetapi juga bisa mengatasi kondisi minim cahaya.Tanaman Lidah Mertua ( Sansevieria ) banyak jenisnya dan salah satunya seperti poto dibawah ini.


Lidah Mertua ( Sansevieria )
Lidah Mertua ( Sansevieria )

Media tumbuh bagi Sansevieria hanya berupa campuran dari tanah atau pasir, kompos, arang sekam padi. Tanaman ini merupakan salah satu tumbuhan yang mampu menyerap racun  berbahaya di udara yang berterbangan, tanaman ini mampu bertindak sebagai pembersih udara dengan menyerap dan menetralisir polutan dari udara silahkan baca selengkapnya di postingan saya tentang : 
 

C. Lili Paris (Chlorophytum )

Lili paris atau Chlorophytum termasuk tanaman hias yang populer karena relatif cepat tumbuh dengan daunnya yang menarik dan mudah dalam penanamannya. Bunganya berwarna putih, bila tanaman sudah cukup dewasa akan tumbuh anakan - anakan kecil pada ujung-ujung batang di sekeliling tanaman dan membentuk rumpun – rumpun yang makin membesar.

Tanaman Bunga Lili Paris
Tanaman Bunga Lili Paris (Chlorophytum )

Bila tanaman digunakan sebagai tanaman gantung kondisi ini akan membuat bentuk yang menarik. Anakan ini juga berfungsi sebagai alat perbanyakan pada tanaman lili paris. Tanaman ini cukup mudah beradaptasi dengan lingkungannya, bisa tumbuh di tempat yang panas, sejuk, terkena sinar matahari penuh ataupun tempat yang terlindung seperti didalam rumah. Untuk membaca lebih lengkapnya tentang bunga Lili Paris ini, silahkan baca di tulisan saya tentang :

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

Iya bener mang, tanaman bunga jenis seperti itu memang mudah perawatannya ya...
Bisa saya coba nie mang... :)

Balas

Akhirnya pertamax berhasil saya gondol duluan... :D

Balas

sirih gading ?? wah saya mah baru liat mang sirih jenis itu...bisa dipakai buat obat mimisan ndak ?? hehe

Balas

Wah wah namanya unik ya LIDAH MERTUA
wowwww

Balas

Ini semua termasuk tanaman anti polutan ya mang :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger