--> Skip to main content

Tips / Cara menambal Kolam Ikan Yang Bocor

Sampurasun .. Rampes.

Blog Mang Yono. Kolam ikan membuat taman rumah jadi lebih indah. Namun keindahan itu akan sirna seketika, jika baknya mengalami kebocoran dan airnya mengering, air merembes. Lama-lama airnya habis dan ikannya pada mati kekeringan.

Nah, problem kebocoran bisa diatasi dengan cara menambalnya. Tambal yang bocor, airnya pun tak menyusut. Tentu cara menambalnya ada trik dan tipsnya Kita tidak bisa sembarang langsung menambalnya. Tentunya, ikan yang ada di kolam harus dipindah dulu, tapi jangan dipindah ke Penggorengan ya hehehe.

Tips / Cara menambal Kolam Ikan Yang Bocor
Mang Admin sedang menambal Kolam Ikan Yang Bocor

Baca juga : Pembelajaran perhatian dan kepedulian untuk anak dengan memelihara ikan di Kolam

Nah, setelah ikannya dipindah, kebocoran bisa ditambal. Jika keliru, ikan kesayangan Anda bakal stres. Lama-lama, bisa tewas dengan pelan - pelan.


Simak langkah dan Tips mudah berikut:
- Pindahkan ikan-ikan ke tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak - anak, lalu keringkan kolam sambil dicuci, dengan cara menyikat permukaan kolam tersebut.

(1). Perhatikan dan beri tanda setiap lapisan dinding semen yang berlubang, retak, dan yang Kita curigai sebagai titik kebocoran kolam. Jangan sampai terlewat satu titikpun karena Kita harus mengulang dari awal bila ada yang terlewat. 

Bila perlu penyemenan dilakukan 2 tahap, tahap pertama dan tahap kedua
Pertama : penyemenan pada titik - titik kebocoran atau keretakan. 
Kedua : Penyemenan ulang dengan menyemen semua permukaan kolam ikan.
Mulai untuk penyemenan di tiap kebocoran
Mulai untuk penyemenan di tiap kebocoran / keretakan

(2). Perhatikan kebocoran yang ditemukan apakah semen di sekitarnya juga terdapat retakan  lembut atau keropos. Bersihkan bagian tersebut sampai tidak ada lagi semen yang keropos, kemudian ditambal dengan semen. Lakukan langkah ini pada setiap kebocoran yang Anda temukan. Bila perlu semen semua permukaan kolam tersebut, untuk menjaga kebocoran dikemudian hari.
Gigin sedang menunggu Kolam Ikan yang sudah ditambal sampai semen kering, sekitar  5 - 7 Jam
Gigin sedang menunggu Kolam Ikan yang sudah ditambal sampai semen kering, sekitar  5 - 7 Jam ... hehehe

Baca juga : Mencari ikan di sawah” berani kotor itu baik !”

(3). Biarkan kolam hingga semen tambalan benar-benar kering dan tidak terkelupas lagi biasanya memakan waktu 5 - 7 jam. Isi kembali kolam dengan air di atas tanda yang kita buat. Tunggu beberapa jam apakah air di kolam kita berkurang atau airnya tetap ada.

Bila perlu semen semua permukaan kolam ikan
Bila perlu semen semua permukaan kolam ikan

(4). Bila tidak berkurang, isi penuh kolam dan tunggu hingga 3 - 5 jam untuk menjadikan semen keras dan kuat. Kemudian kosongkan kembali kolam,  sambil dibersihkan tunggu 1 - 3 jam, barulah diisi air kembali dan ikan dapat dilepas ke kolam baru tersebut.

Baca juga : Taman didepan rumah itu penting loh.


Isi penuh kolam dan tunggu hingga 3 - 5 jam untuk menjadikan semen keras dan kuat
Isi penuh kolam dan tunggu hingga 3 - 5 jam untuk menjadikan semen keras dan kuat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments