logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menyembuhkan Demam Dengan Cacing Tanah

Sampurasun ... Rampes...

Blog Mang Yono. Demam adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh anak-anak dimana suhu tubuh anak melebihi 37° C.

Panas atau demam pada anak jika tidak segera diatasi akan menyebabkan efek yang tidak baik bagi kesehatan anak seperti kejang-kejang dan lain-lain, dulu anak saya yang sulung pas umur 4 tahun mengalami kejang – kejang. Hal begini lah yang mengakibatkan kekhawatiran pada semua orang tua.

Anak saya " Gigin " Bila demam dengan Cacing Tanah 
Anak saya " Gigin " Bila demam dan obat dari dokter pun gak mempan maka saya menggunakan alternative ramu dari ramuan cacing. 

Bila anak atau keluarga saya demam, alternatif yang aman biasanya menggunakan obat tradisional yang dibuat dari bahan alami dari alam tidak kalah ampuhnya untuk mengatasi demam pada anak dan menjaga kesehatan anak. Selain itu, obat tradisional juga jauh lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Selain aman juga lebih murah dan mudah didapat. 

Baca : Waspada pada si kecil jika musim hujan dan kemarau

Tapi kalau semua obat alami tetap gak mempan dan sudah berganti - ganti dokter dan obat - obatnya pun berganti pula, saya biasanya menggunakan alternatif terakhir yaitu Cacing Tanah. Pernah suatu hari anak saya sakit demam. Suhu tubuhnya naik turun. Demam, normal kemudian demam lagi. Kondisi tersebut sudah di antipasti dengan berobat ke dokter, sampai pindah - pindah dokter, namun sudah berkali - kali berobat kondisi sakitnya tidak mengalami kemajuan. Bahkan terlihat makin parah. Saya sempat bertanya ” kok anak saya ga sembuh-sembuh ya.” Tapi saya jalani dengan sabar " Dulu aja pas lahirannya anak saya yang kecil ini, keluar masuk rumah sakit, malah diruang NICCU saja, selama 7 Hari". 

Baca juga :Kisah Lahirnya Anak Saya Gigin Gumilar
 
Sepulang dari dokter, tanya ke nenek saya. Atas saran Nenek, saya di suruh mencari cacing, karena obat tersebut adalah obat alternative untuk sakit panas dan tipus. Bahkan sekarang Ramuan tersebut bisa di beli di toko obat dan apotik berbentuk ekstrak. Dalam hati, sebenarnya agak ragu, namun saya iya-kan saran Nenek.

Karena hari sudah malam, saya berniat mecari cacing tanahnya esok hari. Namun saya menjadi penasaran dengan Ramuan yang di sebutkan tadi. Ahkirnya saya mencoba browsing di internet, mencari tau cacing yang bagai mana yang bagus, ternyata cacing kalung, banyak digunakan dalam pengobatan tradisional anak negeri untuk menawar demam.

Tapi saya masih ragu dengan cacing tanah, tapi setelah menemukan ini saya sedikit plong.

Keputusan Komisi Fatwa MUI Pusat Nomor  139/MUI/IV/2009 yang ditandatangani Prof Ibrahim Husen M.Ag menyatakan bahwa  jangkrik dan cacing yang diambil manfaatnya  untuk dimakan, untuk obat atau kosmetik "Hukumnya HALAL" sepanjang tidak menimbulkan bahaya. 

Baca : Selamat tingal Flek Paru - paru selamat datang Usil dan Bandel

Sebenarnya penggunaan cacing tanah sebagai obat sudah dimulai sejak tahun 4000 SM oleh bangsa Cina. Ia tercatat dalam Bencao Gang Mu sebagai pu shuks yang di kalangan awam disebut naga tanah atau ti lung kam. Khasiat yang disebutkan beragam seperti melancarkan air seni (diuresis), menetralkan bisa gigitan laba-laba, mengobati sakit malaria, membasmi cacing pita, mengobati sakit .

Cara peramuannya, sangat sederhana sekali, yaitu dengan cara :
1). Cari cacing tanah atau cacing kalung di tanah yang basah, biasanya dikebun atau dekat pohon pisang.

2). Setelah dapat 2- 3 cacing, lalu cuci, bisa juga dengan membelah cacing atau dibuat de’eng, supaya tanah didalam bisa dibuang. Setelah itu dicuci bersih.
 
3). Godog / rebus dengan menambahkan air satu gelas sampai mendidih. Saring setelah dingin bisa diminumkan dengan menambahkan madu atau gula untuk pemanis.

Ramuan dari cacing tanah ini tidak hanya bisa  digunakan pada demam Anak - anak, tetapi bisa juga digunakan pada orang dewasa atau orang tua. Tapi alternatif ini saya ambil karena kalau sudah berobat bolak - balik dokter ga sembuh - sembuh, dengan ramuan tradisiona tetep gak sembuh juga, ya gak ada jalan lain cara ini saya ambil... Meskipun orang - orang pada bilang, jijik, kasihan anaknya, saya tetap lakukan .... Lebih kasihan lagi, ana terbaring berhari - hari dengan demam yang gak turun.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

waduh mang,ya ngga tega gituh deh anak ddemam di kasih cacinng tanah...kebangeten kayanya deh, walaupun emang cacing tanah mujarab ge'

Balas

ya itu alternatif terakhir kang, setelah dibawa ke dokter gak sembuh - sembuh, obat tradisional gak sembuh juga, kalau gak sembuh - sembuh malah makin kasian juga kang.

Balas

loh mang,,kok dikasih cacing sih,,kasihan mang,,,gigin kasihan,,,

Balas

sepanjang tidak membahayakan terhadap tubuh dan juga halal, sesuatu boleh dikonsumsi. selain itu cacing tanah juga sekarang ada ekstraknya. *bukan iklan
Namun, lebih baik pilih obat-obat lain dulu saja, barangkali bisa sembuh juga. Terimakasih atas informasi dalam artikelnya.

Balas

wow ternyata bisa untuk menurunkan panas jg ya? dulu saya pernah terkena tipes dan memang cacing ini mujarab sekali khasiatnya

Balas

dari dulu saya cuma dengar resep obat dari cacing ini, tapi jadi lebioh paham setelah membaca artikel mang yono. oia kang apakah ada efek sampingnya dalam penggunaan obat ini?

Balas

cacing tanah tidak haram jika masih dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit, dan masih tidak membayakan tubuh kita...

Balas

apakah ada efek sampingnya kang dalam penggunaan obat alami cacing ini?

Balas

mang yono is the best,, banyak banget artikel bermanfaat yang anda share di blog ini.
hanya saja pada postingan kali ini saya tidak berani mencobanya mang, jijik.. tapi kalau diem2 dimasukan kedalam kapsul mungkin saya bisa :D makasih mang yono...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger