--> Skip to main content

Cara menanam lidah buaya (Aloe Vera) di tanah langsung.

Sampurasun ... Rampess.

Blog Mang Yono. Mungkin anda sudah pada tahu ya, tentang salah satu tanaman hias yang paling banyak manfaatnya yaitu, tiada lain selain lidah buaya?. Memang betul, tanaman yang mudah untuk di budidayakan adalah lidah buaya (aloe vera). 

Tanaman ini sangat mudah berkembang biak meskipun ditanam di lahan kurang subur, bahkan di taman atau dibelakang rumah di kebun apotek hidup. Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang menanam Lidah Buaya dengan menggunakan media pot. Selain bisa ditanam di dalam pot, polybag atau media lain yang terdapat di sekitar rumah, anda juga bisa menanam di taman atau tanah langsung . Tanaman lidah buaya dapat kita jadikan sebagai tanaman hias sekaligus sebagai tanaman Apotek Hidup atau lebih dikenal dengan istilah tanaman  herbal. 



Cara menanam lidah buaya ini cukup sederhana, seperti berikut ini:   
(i). Siapkan lahan kosong,yang mau ditanami aloe vera.

(ii). Ambil calon bibit lidah buaya, bisa memindahkan yang dari pot atau kalau gak punya bisa ngambil dari kebun orang lain atau dari tetangga (minta), cabut tanaman lidah buaya 1 saja usahakan akarnya jangan sampai tertinggal.

(iv). Gali tanah ukuran 20 x 20 Cm, masukan kompos atau pupuk organik, pada tanaman baru jangan menggunakan kotoran kambing, karena akan menimbulkan panas.  Tanam lidah buaya yang anda ambil tersebut sehingga semua akar tidak terlihat lagi. Siram dengan air.

Pada minggu pertama perhatikan daun paling luar lidah buaya, apakah layu atau tetap segar. Jika layu ada kemungkinan akar di gerogoti hama seperti semut dan serangga tanah lainnya. Jika ini terjadi lidah buaya dapat dicabut kembali terus lihat penyebabnya, apabila akar ada yang busuk, potong akar tersebut, supaya jangan merembet ke yang lainnya. Lalu tanam kembali.

Biasanya dalam sebulan akan tumbuh tudas baru di samping tanaman lidah buaya yang ditanam. Tunas baru ini bisa dijadikan bibit lidah buaya baru.

Bagai mana coba, sangat sederhana bukan? memang demikianlah cara menanam lidah buaya. Setelah lidah buaya tumbuh besar kurangi penyiraman air, sebab lidah buaya tidak membutuhkan banyak air sama seperti tanaman kaktus lainnya.

Untuk memanfaatkan lidah buaya menjadi perawatan rambut cukup mudah, ambil saja daun lidah buaya, belah daun tersebut dan gosokkan ke rambut. Lidah buaya dikenal mampu menyuburkan rambut. Selain sebagai perawatan rambut dan kulit, aloe vera juga dapat dijadikan minuman berkhasiat menurunkan panas dalam
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments