logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Uwi atau ubi kelapa tanaman yang terlupakan

Sampurasun ... Rampess ..

Blog Mang Yono. Uwi atau ubi kelapa ( Hui bahasa sunda ) merupakan sejenis umbi - umbian yang pohonnya merambat. Panganan di perkampungan, seperti di kampung saya, meskipun sekarang sudah agak jarang juga hehehe. Saya kira di Kota sudah gak ada tanaman yang seperti ini, bahkan ada yang tak mengenalnya sama sekali.

Uwi / Hui adalah tumbuhan merambat dan memiliki banyak sekali jenisnya. Tanaman ini biasanya di tanam diladang atau ditanam di pekarangan.

Uwi atau ubi kelapa tanaman yang terlupakanUwi atau ubi kelapa meskipun cuma dikukus tapi bikin nikmat hehe 

Uwi kelapa mempunyai umbi dengan bentuk tidak beraturan dengan banyak akar kasar di bagian pangkal batang. Daging umbi berwarna putih, krem, atau ungu cerah. 

Batang muda bersegi empat dan bersayap. Daunnya berbentuk jantung, bertulang 5-7 termasuk tulang daun utama. Tangkai daun bersemu kemerahan di bagian pangkal dan dasar daun. 

Uwi kelapa merupakan tanaman melilit yang tumbuh pada musim hujan dan kemudian mengering pada musim kemarau, tapi setelah musim hujan akan kembali lagi bertunas serta tumbuh subur. 

Pohon ubi kelapa / uwi biasanya dirambatkan ke pohon atau dibuat tiang
 Pohon ubi kelapa / uwi biasanya dirambatkan ke pohon atau dibuat tiang

Tanaman uwi kelapa tumbuh dimulai pada awal musim hujan, dan selanjutnya mengering. Pada musim hujan berikutnya, tanaman muda akan tumbuh kembali dan kemudian kembali mengering pada musim kemarau.

Umbi uwi kelapa dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Cara paling sederhana adalah dikukus setelah umbi dikupas dan dipotong-potong. Umbi juga dapat digoreng atau bahkan dibuat kue

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

19 komentar

Tempat saya kayaknya masih adadeh ubi kelapa...
tapi milik tetangga... nanti coba saya tanyakan ya gan...

Jangan lupa kombal ya juragan dan follback nya

Balas

Kalau disini mah disebut na hui ramat mang hehe

Balas

kalau di Garut namanya Hui Ketan,,,kang Ruly...

Balas

hadeuhhh rada susah Mang pake quotamah loadingnateh lama hehehe

kalau di Garutmah disebut Hui ketan soalna wanginya itu seperti ketan geetoo hehe

Balas

Sekarang juga masih ada dikebun,,tapi ngegalinya susah soalna lagi musim kemarau jadi tanahnyateh keras pisan....

Balas

Kalau pembudidayaannya dengan HIDROPONIK kira kira tumbuh nda ya

Balas

silahkan gan ditanyaan ke tetangganya, siapa tau dikasih ubi kelapa hehehe

Balas

oooh Hui ramat dan hui ketan .. rasanya pulen ya kang

Balas

iya kang, harus nunggu hujan dulu.. kalau gak ngegali ubi kelapanya pakai beko aja kang hehehe

Balas

sepertinya gak bisa kang menanam ubi kelapa pakai HIDROPONIK, harus pakai tanah medianya ...

Balas

eh emang kalau di Subang dalemnya ungu ya ... keren ih.
Kalau dulu aku di Solo dalemnya putih lho :D

Balas

di rumah saya masih ada Mang tapi bukan yang ungu tapi yang putih, sedap dimakan sama garam,, nikmat..
kalau kecil dulu sering makan ubi ini..

Balas

di Subang juga Uwi ada yang putih, tapi kebetulan ini pas yang ungu hehehe ... lebih keren khan mbak hehehe

Balas

iya di sini Juga kebanyakan Uwi yang dalemnya putih, direbus nikmat digoreng pun enak ya mbak hehehe

Balas

kalo saya senang uwi nya buat campuran rujak Mang hehehe... tapi sekarang kayaknya udah jarang deh...

Balas

wah. tempat saya masih ada ga ya ubi kelapa ni.. hehe.

Balas

Sepertinya saya pernah makan "uwi" tapi lupa kapan. mungkin waktu SD.

apakah gembili dan kimpul populer di tempat mangyono?

Balas

Assalamu'alaykum
Mang jual gembili atau uwi kelapanya ndak ya.. Saya mau beli..hehe..

Balas

OALAH UWI.....BANYAK YANG SUDAH TIDAK TAHU DAN TIDAK KENAL LHO...
JANGAN2 NANTI TINGGAL NAMA .... BAHAYA OOOIIII

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger