logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

SUGUHAN MENGGODA DARI KOTA GUDEG, JOGJAKARTA

SUGUHAN MENGGODA DARI KOTA GUDEG, JOGJAKARTA

Blog Mang Yono dapat kiriman lagi dari sodari Kadek Nila Utami, Singaraja, Bali.

Suguhan Menggoda dari Kota Gudeg, Jogjakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan tempat yang cukup terkenal dikalangan traveller / pelancong. Daerah ini berada di pulau Jawa dan mempunyai beberapa keistimewaan tersendiri dibidang kesenian, budaya dan kekayaan alam yang sangat indah dan mempesona. Jogja mempunyai beberapa pantai, hutan – hutan kecil dan bukit serta pegunungan yang sangat memukau bagi siapa pun yang mengunjunginya. Oleh karena itu, tidak heran jika setiap musim libur tiba, banyak wisatawan lokal dan mancanegara memilih kota Jogja sebagai salah satu tempat buat menghabiskan waktu liburan mereka bersama – sama dengan keluarga atau teman. Beragam obyek wisata Yogyakarta dapat dengan mudah anda jumpai di provinsi ini. Selain sebagai salah satu  tujuan wisata, Jogja merupakan kota terbaik buat para pelajar untuk menuntut ilmu karena kota ini mempunyai banyak universitas / perguruan tinggi ternama yang menyebar hampir ke seluruh wilayah provinsi. 

Suguhan Menggoda dari Kota Gudeg, Jogjakarta. 
Suguhan Menggoda dari Kota Gudeg, Jogjakarta.

Wisata pantai di kota Jogja yang terkenal saat ini adalah pantai – pantai yang tersebar di sepanjang gunung Kidul, yang relatif masih alami untuk panorama alam dan keramah – tamahan penduduk aslinya. Salah satu yang direkomendasikan adalah pantai Trisik. Pantai ini terletak di arah tenggara Kulon Progo tepatnya di Banaran, Galur ( kira - kira 20 km dari Wates dan 30 km dari kota Jogja ). Pantai ini merupakan salah satu tempat yang cukup menarik untuk dinikmati keindahan alam laut lepas terutama ketika sunrise dan sunset. Memiliki tekstur pantai yang landai berupa hamparan pasir hitam yang halus dan bersih dari polusi sampah. Kawasan  Pantai Trisik berdekatan dengan muara sungai Progo di sebelah timur, dimana sungai ini menjadi batas alam dari kabupaten Kulon Progo dengan kabupaten Bantul. Menuju ke arah barat, mata anda akan dimanjakan oleh bentangan pantai luas tanpa batas. Pantai Trisik juga terkenal sebagai surga tempat para nelayan mencari ikan dan mendaratkan perahu – perahu mereka. 

Selain pemandangan pantai yang asri, di sisi timur laut terdapat laguna - laguna yang dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai tempat budidaya perikanan ( khususnya ikan bandeng dan ikan nila). Apabila anda merasa bosan dengan pemandangan pantai dan laut, tidak jauh dari kawasan pantai, terletak Muara Sungai Progo yaitu di sebelah timurnya. Kawasan muara ini merupakan salah satu tempat untuk pengamatan burung – burung langka yang ada di Indonesia dan lokasi penangkaran habitat penyu yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Wisatawan juga dapat melanjutkan acara liburan mereka dengan berkunjung ke sebuah desa wisata pantai Imorenggo yang berada tidak terlalu jauh dari pantai Trisik dimana disini dengan mudah dapat anda jumpai agrowisata buah naga dan pertanian lahan pasir, kerajinan enceng gondhok dan kehidupan sehari – hari nelayan pantai laut selatan. Anda dapat menyalurkan hobi di tempat – tempat tersebut di atas yaitu photo of the day dan jangan lupa untuk membeli oleh – oleh khas tempat ini berupa camilan ringan bernama Jenang Madu Sirat merupakan salah satu makanan khas  kabupaten Kulon Progo. Makanan ini terbuat dari tepung ketan, gula jawa, santan dan parutan kelapa muda. Khas dengan citarasa manis dan gurih, menjadikan makanan ini tahan lama untuk anda simpan di rumah.

Kembali ke kota Jogjakarta, apabila hari masih terang dan anda cukup mempunyai sisa tenaga untuk sekedar jalan – jalan menikmati ramahnya kota Jogja, dengan menyewa Trans Jogja, bus umum yang aman, nyaman dan terjangkau,   anda dapat melanjutkan perjalanan liburan ke salah satu pasar tradisional yang ada di pusat kota untuk sekedar mencicipi beberapa jenis makanan khas kota Jogja dimana media ini dapat dijadikan sebagai salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk mencicipi kelezatannya sehingga mereka akan berkunjung lagi ke tempat ini di musim liburan mendatang. 

Wisata kuliner Jogja atau makanan khas Jogjakarta merupakan produk wisata kota Jogja atau terkenal juga dengan nama kota Gudeg, sangat dinikmati di kalangan wisatawan baik itu dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Berikut ini diberikan beberapa daftar makanan khas kota Jogja yang cukup populer dan banyak dinikmati oleh para wisatawan yang pernah berkunjung kesini antara lain :  tentu saja gudeg, sate klatak, oseng – oseng mercon, makanan laut atau seafood, dendeng age, gado – gado, tongseng, mie tek – tek, bebek suwar – suwir, bebek kremes, aneka jajan tradisional seperti bakpia, klepon dan mencicipi minuman hangat khas kota ini yaitu wedang ronde.

Menjelang malam tiba, kembali diantar oleh  Trans Jogja, bus umum yang aman, nyaman dan terjangkau, merupakan bus kota berukuran sedang, ber - AC, dengan tiket Rp 3.000 per orang untuk sekali jalan, mempunyai 6 jalur khusus yang beroperasi dari pukul 05.30 – 21.30 WIB setiap hari, anda bisa kembali ke hotel untuk beristirahat dan esok hari dapat memulai menyusun jadwal baru buat jalan – jalan mengelilingi keindahan kota Jogjakarta dan mencicipi kelezatan suguhan menggoda dari beragam makanan dan minuman khas kota ini. 

Selamat berlibur !

   Penulis      : Kadek Nila Utami 
   Email        : fasterc6@ymail.com
  
 
"Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik. Kirimkan tulisan anda ke e-mail (blogmangyono@gmail.com)." 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Wah menarik sekali ceritany.a. Jogjakarta akan selalu di hati karena dari Jogjakarta inilah Alhamdulillah saya sudah mendapatkan tambatan hati yang kini sudah memberikan saya sepasang putri putri yang cakep amanah dari Allah SWT

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger