logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kangen Acara Kelompencapir yang disiarkan TVRI

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Mungkin sahabat – sahabit ada yang pernah ngalami waktu dulu kebanyakan yang memiliki televisi langsung menyembunyikan televisi mereka begitu tahu petugas TVRI menuju rumahnya, agar tak ditagih pajak, hehe…

Waktu itu sih saya masih kecil, dan nonton tipinya aja nebeng di tetangga, Tipi Hitam putih dengan tenaga Accu ... Kadang pas seru – serunya nonton eh Accunya habis... hehe 

Kangen Acara Kelompencapir yang disiarkan TVRI. Saya khan gini - gini juga petani yang kurang Informasi ... heheh 
Kangen Acara Kelompencapir yang disiarkan TVRI. Saya khan gini - gini juga petani yang kurang Informasi ... heheh

Dulu ada sebuah program pemerintah waktu itu yang disiarkan di TVRI, yaitu Kelompok Pendengar Pembaca dan Pemirsa, disingkat Kelompencapir. Dalam program itu pemerintah mengumpulkan para petani dan nelayan dalam sebuah forum adu otak seperti cerdas-cermat. Seingat saya, Pak Soeharto biasanya hadir di acara tersebut, memberikan sepatah-dua patah kata.

Acara Kelompencapir sangat efektif dalam memberikan pendidikan pertanian dan perikanan kepada masyarakat kita. 

Bagaimanapun juga saya kangen dengan Acara Kelompencapir, Mudah – mudahan aja ada statsiun Tipi yang menghidupkan kembali acara tersebut ....  Kelompencapir dihidupkan lagi, mengingat bahaya kurang pangan yang konon akan kita hadapi di tahun-tahun mendatang... Merinding jadinya, kalau denger kekurangan pangan. Semoga saja kepala pemerintahan bisa meningkatkan taraf hidup nelayan dan petani.

Dulu Kelompencapir kalau gak salah di ikuti 3 atau 4 Kelompok ya.... Pertanyaan nya seru – seru dan jawaban – jawabannya juga gak kalah serunya .... seperti dibawah ini ...heheh.

Padi saya ini belum siap dipanen, mungkin sekitar semingguan lagi dari mulai jepret. Foto jepretan Tanggal 2/12/2014
 Padi saya ini belum siap dipanen, mungkin sekitar semingguan lagi dari mulai jepret. Foto jepretan Tanggal 2/12/2014

Pertanyaan : Jelaskan  ciri padi yang siap dipanen? 
Kelompok A Jawab : Berisi dan merunduk, berwarna kuning kecoklatan tapi gak layu

Kelompok B Jawab : Padi siap panen 95 % butir sudah menguning (33-36 hari setelah berbunga), bagian bawah malai masih terdapat sedikit gabah hijau, kadar air gabah 21-26 %, butir hijau rendah. Panen padi bisa dihitung umurnya kemudian fisik padi di lapangan, daun bendera menguning gabah sudah berisi, bulir padi matang sampe leher dengan ciri menguning dan berisi.
Kelompok C Jawab : padi siap di panen apabila secara hamparan dilihat 90 persen menguning..panen yang baik dilakukan tidak pada cuaca hujan dan pasca panen yang baik adalah panen tanaman dengan menggunakan sabit dan lakukan penympanan dengan alas terpal
Jadi kangen lagi hehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 komentar

Saya gak pernah tau tentang acara itu gan. hhehe soalnya seringnya nonton sinetron sih :D

Balas

saya nggak tahu acaranya, tapi keliahatnnya seru, sudah saya follow blognya mas, ditunggu follbacknya :)

Balas

Saya gak pernah nontoh deh kayaknya mang, dulu suka nontonya cuma acara Album Minggu Kita doangan... itu yang digambar lagi ngapain mang? kirain lagi ngurek belut ato lagi nyari hama tikus :D

Balas

Saya juga dulu waktu masih kecil mas

Balas

Acara jaman dahulu mas hehehe... Statsiun tipinya aja masih satu TVRI ... oke

Balas

Saya juga nonton kelompencapirnya kalau pas ada accunya kang, kan belum ada listrik dulu teh...

Sedang ngerobohin pohon padi kang, biar gak kesandung - sandung kaki

Balas

Belom pernah nonton akunya.. :(

Balas

Ia mang, aku ingat, soalnya bapak kan dosen pertanian, jd hobi banget nonton acara ini, sampe mengganggu jadwalku mutar video gaban....hehehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger