--> Skip to main content

Pemangkasan pemeliharaan pada bonsai asem jawa

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Bonsai asem saya ini umurnya sekitar 20 tahunan, Awalnya dari semai biji pada waktu saya masih sekolah STM, sekitar tahun 1994, berarti tanaman Asem Jawa saya dah lama juga ya?.  Pertamanya saya tanam di pot, tapi setelah saya menikah, saya boyong bonsai Asemnya ke rumah saya yang baru, berhubung sayanya jarang dirumah, saya pindahkan ke tanah langsung, mungkin bukan bonsai lagi ya namanya hehehe.

Nah, setiap bulannya saya selalu melakukan pangkas pemeliharaan terhadap pohon asem jawa ini, maksud dari pemangkasan pemeliharaan lebih ditujukan untuk memeliharan kesehatan tanaman secara keseluruhan dengan melakukan pemangkasan bersamaan dengan pemberian pupuk, dan umumnya harus dilakukan pasca tanaman menyelesaikan periode berbuah / kalau sudah berbuah, kalau belum berbuah ya pas daun daun tersebut mulai rimbun dan pucuk baru tumbuh tak beraturan.

Pemangkasan pemeliharaan pada bonsai asem jawa
Pemangkasan pemeliharaan pada bonsai asem jawa

Pemangkasan dilakukan dengan memangkas habis semua ujung-ujung ranting tempat keluarnya bunga/buah/pucuk. Pemangkasan ujung-ujung ranting akan merangsang keluarnya tunas-tunas baru yang jumlahnnya akan lebih banyak dari jumlah tunas sebagai ujung ranting. Selain itu akan memudahkan pemeliharaan dengan mempertahankan tinggi tanaman yang tetap pendek, tidak tinggi menjulang atau tumbuh terlalu melebar ke arah samping sehingga menhabiskan banyak tempat untuk menunjang pertumbuhan tanaman secara keseluruhan. 
Bonsai asem jawa saya sebelum pemangkasan pemeliharaan
 Bonsai asem jawa saya sebelum pemangkasan pemeliharaan

Pangkas habis juga semua tunas air yang muncul serta membuang semua ranting kering yang mati. Ranting kering ini biasanya menjadi tempat yang menyenangkan bagi pertumbuhan beberapa jenis hama, khususnya hama penggerek batang.
Saya melakukan pemangkasan pemeliharaan Bonsai Asem Jawa
 Saya melakukan pemangkasan pemeliharaan Bonsai Asem Jawa

Silahkan baca juga artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Bonsai Asem Jawa Ala Mang 

 Dan ini hasil dari pemangkasan pemangkasan pemeliharaan Bonsai Asem Jawa saya
 Dan ini hasil dari pemangkasan pemangkasan pemeliharaan Bonsai Asem Jawa saya, tetep gak menarik ya hehehe.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments