--> Skip to main content

Terbang bersama pesawat Citilink dari Bandara Sepinggan, Balikpapan

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Hari Senin, 8 Desember 2014 ini jam 20.35 WIT, saya berkesempatan terbang dengan Citilink dari Balikpapan ke Jakarta. 

Sebelumnya juga hari minggu 7 Desember 2014 saya terbang juga dengan pesawat Citilink dari bandara Soekarno Hata-Jakarta ke Bandara Sepinggan ( Sultan Aji Muhammad Sulaiman )-Balikpapan jam 5.25WIB .. heheheh. Blusukan saya dan Boss saya ke Kalimantan timur ini hanya 2 Hari, yaitu Minggu dan Senin.

Terbang bersama pesawat Citilink dari Bandara Sepinggan, Balikpapan 
Terbang bersama pesawat Citilink dari Bandara Sepinggan, Balikpapan. Yang say jepret di Foto ini adalah Boss saya ... hehehe.

Nah, yang mau saya ceritakan disini tentang terbang bersama pesawat Citilik dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur dari mulai masuk bandara sampai terbang bersama pesawat Citilink .. hehehe. Kita cerita dulu tentang Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan ya...  Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan bangunan yang baru ini katanya baru beroperasinya pada 22 Maret 2014 yang lalu. 
Pertama masuk bandara keberangkatan kita akan langsung melihat jadwal keberangkatan pesawat di Bandara Internasional Sepinggan
 Pertama masuk bandara keberangkatan kita akan langsung melihat jadwal keberangkatan pesawat di Bandara Internasional Sepinggan

Menurut pengakuan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan Balikpapan adalah bandara terbesar di kawasan bagian timur Indonesia. Bandara Sepinggan Balikpapan adalah bandara modern eco-airport dengan memanfaatkan secara maksimal penerangan sinar matahari, pengaturan air conditioner untuk mengurangi konsumsi energi, serta pemanfaatan air limbah yang dapat digunakan kembali.

Bandara Internasional Sepinggan adalah bandara pertama di Indonesia yang memiliki konsep boutique mall. Jepretan 8/12/2014
Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan adalah bandara pertama di Indonesia yang memiliki konsep boutique mall. Jepretan 8/12/2014

Terminal Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman baru ini dilengkapi dengan fasilitas yang modern dan memiliki gedung parkir empat lantai. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman adalah bandara pertama di Indonesia yang memiliki konsep boutique mall, yang memadukan mall dan bandara. Pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam gedung terminal dan berkeliling – keliling hingga area check-in.

Lantai 2  : untuk kedatangan langsung turun ke lantai dasar di lantai dasar ini ada maket bangunan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan.
Lantai 3  : untuk keberangkatan 

          

Bandara Internasional Sepinggan konsep boutique mall. Jepretan dari lantai 3 pada Tgl. 8/12/2014
Bandara Internasional Sepinggan konsep boutique mall. Jepretan dari lantai 4 pada Tgl. 8/12/2014

Check in counter
Nah kalau berkeliling – keliling dan Foto – foto sudah selesai selanjutnya saya dan Boss saya menuju tempat penukaran tiket Check in counter, tapi saya hanya menunggu saja sambil juprat – jepret, karena Tiketnya di Ipad boss saya ... hehehe. Nah, Sebelumnya Silahkan lihat baik - baik, dimana tempat check in kita, harus sesuaikan dengan jadwal dan tujuan keberangkatan kita.
Check in counter Citilink Bandara Sepinggan, Balikpapan. Jepretan dari lantai 3 pada Tgl. 8/12/2014
Check in counter Citilink Bandara Sepinggan di Lantai 3, Balikpapan. Jepretan dari lantai 4  pada Tgl. 8/12/2014

Jangan lupa ngantri yaa ... Kalau main serobot bisa – bisa kita di jitak oleh penumpang lainnya.. pas giliran, serahkan tiket dan barang bawaan kita dan KTP untuk mencocokannya dengan tiket. Biasanya juga,  petugasnya bakal nanya anda mau pakai cargo gak. Nah disaat itulah kita dapat menitipkan koper besar atau barang di kardus jika kita bawa.

Check in counter Citilink Bandara Sepinggan, Balikpapan. Jepretan dari lantai 2 tepat dibelakang antrian, tapi gak ikut antri ... hehehe.  Pada Tgl. 8/12/2014
Check in counter Citilink Bandara Sepinggan, Balikpapan. Jepretan dari lantai 3 tepat dibelakang antrian, tapi gak ikut antri ... hehehe.  Pada Tgl. 8/12/2014

Boarding Lounge.
Selanjutnya menuju Boarding Lounge itu tuh tempat yang untuk menunggu jadwal terbang kita. Di bandara ini kita masuk X-ray scanning dilakukan pemeriksaan oleh petugas dengan alat yang disebut X-Ray cabbinet alat buat ngeliat apa aja sih barang yg kita bawa selama penerbangan.


Boarding Lounge Bandara Sepinggan, Balikpapan. Jepretan dari lantai 2 sekalian nurunin barang bawaan di lori, karena lori sampai disini.  Pada Tgl. 8/12/2014
Boarding Lounge Bandara Sepinggan, Balikpapan. Jepretan dari lantai 3 sekalian nurunin barang bawaan di lori, karena lori sampai disini.  Pada Tgl. 8/12/2014

Letakkan tas dan koper kita ditempatnya. Kalau anda sih gak mungkin lewat dari situ mana muat gan...  Hahhaa.  Kita akan melewati sejenis kosen pintu. Kalau tiba - tiba ternyata ada bunyi dan kita didekati oleh petugas, jangan takut dan panik, Mereka cuma melakukan prosedur keselamatan saja… selama kita masih bisa jelasin benda - benda tersebut yang menimbulkan bunyi seperti uang logam sabuk yang ada besinya atau batu cincin pemberian mbah heheheh. Asal kita jangan bawa narkoba ya.. 


Siapkan  Check in Tiket dan KTP atau identitas lain. Jepretan dari lantai 2 sekalian.  Pada Tgl. 8/12/2014
Siapkan  Check in Tiket dan KTP atau identitas lain. Jepretan dari lantai 3 sekalian.  Pada Tgl. 8/12/2014

Nah, langsung disini masuk ruang tunggu, ruang tunggu di bandara ini bebas mau di ruang tunggu mana aja, mau berkeliling – keliling dan selonjoran juga boleh hehehe. Untuk itu silahkan anda menghabiskan waktu dengan membaca, Facebookan, blog - blogan, Twitteran atau berselancar didunia maya lainnya.... Hehehe.
 
Pintu 4 / Gate 4 biar gampang sengaja duduk diruang tunggu yang deket heheh.
Pintu 4 / Gate 4 biar gampang sengaja duduk diruang tunggu yang deket heheh.

Tapi siapkan kuping anda untuk mendengarkan pemberitahuan yang disampaikan petugas mengenai keberangkatan anda dan pintu mana / Gate kita untuk masuk, karena Gate atau pintu masuk ini langsung naik ke pesawat, tanpa harus menginjak tanah lagi ... hehehe.. 

Mohon perhatian Para penumpang Pesawat Citilink silahkan  masuk Gate 4 dengan antri juga tentunya ya, Siapkan  Check in Tiket dan KTP atau identitas lain.  Pada Tgl. 8/12/2014
Mohon perhatian Para penumpang Pesawat Citilink silahkan  masuk Gate 4 dengan antri juga tentunya ya, Siapkan  Check in Tiket dan KTP atau identitas lain.  Pada Tgl. 8/12/2014

Peswat Citilink Air.
Saya memasuki pesawat Citilink. Warna hijau Citilink menimbulkan kesan sejuk. Berhubung di Bandara Sepinggan, Balikpapan ini semua Para penumpang masuk dari Gate langsung masuk lorong sampai pesawat, jadi saya gak bisa jepret pesawat Citilink Air ...  hehehe.
 

Interior mengingatkan saya pada AirAsia. Ya iyalah, sama-sama pakai Airbus A320, ternyata. Bahan kursi dengan kulit sintetis lebih nyaman untuk saya... heheh, dibanding bahan fabric yang menurut saya kasar dan kurang sejuk. Interior didominasi warna putih pada dinding, hijau untuk pembatas ruang, dan tempat duduk abu-abu tua . Memang terasa sejuk di dalam karena pemilihan warna ini. Tidak seperti maskapai yang pakai warna merah yang bikin seluruh penumpang cepat marah... hehehe. 

Tidak ada layanan makan dalam penerbangan, tapi ada penjualan makanan oleh mbak pramugari yang berkostum hijau. Majalah dalam penerbangan juga kualitasnya baik, artikelnya diedit dengan teliti, dan didesain dengan serius. Tidak seperti majalah pesawat yang lainnya  yang  pernah saya temui yang nampak masih harus banyak dibenahi.... Itu menurut saya loh hehehe.
Pramugari Citilink Air sedang mepragakan cara memakai dan menggunakan Pelampung, apabila terjai hal yang tidak diinginkan.
Pramugari Citilink Air sedang mepragakan cara memakai dan menggunakan Pelampung, apabila terjai hal yang tidak diinginkan.

Secara umum, pengalaman perdana terbang dengan Citilink meninggalkan kesan positif buat saya.... hehehe. Dari cara berbicara, baik dalam pelayanan maupun dalam membacakan peraturan penerbangan saat take off, sangat lebih baik dari kebanyakan penerbangan yang lain. Kalau yang lain, bisa saja berbicara sampai seperti sedang mengebut motor yang dikejar pak POLISI hehehe, dengan kecepatan komat - kamit yang tidak beraturan dan bahkan dengan lafal maupun intonasi Bahasa Inggris yang kurang pas, itu menurut saya loh yang gak ngerti bahasa inggris .... Hahaha.


Hari ini saya menemukan gaya baru pramugari dan pramugara, dimana dia dengan gaya fun dan luwes membawakan peraturan penerbangan dengan didahului pantun yang manis 


"Buah kentang, buah belimbing
Selamat datang di Citilink "

Walau Pantunya tersebut tidak diterjemahkan ke Bahasa Inggris .. *Gaya.. hahah. Namun dari cara lafal dan intonasi Bahasa Inggrisnya sangat bagus dan luwes juga, sangat mengesankan saya.

"Sehabis hujan muncul pelangi
Paling enak sambil minum kopi
 
Terimakasih telah memilih kami
Selamat menikmati penerbangan ini"


"Ke Tanah Abang naik kereta
Selamat datang di Jakarta "

 Di Bandara Internasional Soekarno Hata Terminal C Kedatangan.
 Di Bandara Internasional Soekarno Hata Terminal C Kedatangan.

Alhamdulillah saya sudah sampai bandara Internasional Soekaerno Hata dengan selamat.

Silahkan baca juga tulisan tentang Tata Cara Naik Pesawat Terbang Pertama Kali
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments