--> Skip to main content

Ayakan, Alat Dapur Tradisional Indonesia

Sampurasun ... Rampes

MANGYONO.com –  Ayakan, Alat Dapur Tradisional Indonesia.  Ayakan Terbuat dari anyaman bambu tapi tidak rapat ( seperti ram )

Ukuran Ayakan Bambu itu bervariasi dari yang  diameter nya 30 cm hingga 90 cm bahkan ada yang mencapai ukuran diameter 1,5 Meter , kalau yang kecil biasanya di gunakan untuk tempat menyimpan lalapan atau sayuran yang masih mentah, kalau yang besar ukuran 1,5 Meter biasanya digunakan untuk menjemur makanan yang sudah kering atau siap di masak seperti opak atau rangginang.

Ayakan, Alat Dapur Tradisional Indonesia
 Ayakan, Alat Dapur Tradisional Indonesia

Bahan bambu untuk membuat ayakan yaitu kulit bambu atau di daerah Sunda disebut dengan Hinis. Bentuk dari ayakan biasanya bulat dengan bagian pinggir dibuat penguat atau di Wengku dengan menggunakan bambu ukuran 3 – 5 Cm dan diikat menggunakan tali pelastik khusus, rotan atau bambu yang dibuat seperti tali.

Memilih ukuran Ayakan. Foto jepretan admin
Memilih ukuran Ayakan. Foto jepretan admin

Bambu yang digunakan untuk membuat ayakan biasanya menggunakan bambu tali, karena bambu tali elastis untuk dibentuk / tidak mudah patah dan mudah untuk dihua / dibelah tipis.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments